Patung Arjuna Wijaya, Ikon Baru di Simpang Lima Kota Boyolali

Patung Arjuna Wijaya merupakan ikon baru atau ikon pelengkap kota Boyolali selain Patung Sapi Raksasa. Patung ini dibangun pada tahun 2015 bersamaan dengan pembangunan Komplek Terpadu Pemkab Boyolali. Keberadaan patung ini melengkapi bangunan berarsitektur Belanda yang ada di kawasan Simpang Lima Boyolali yaitu Perpustakaan Daerah Kabupaten Boyolali.

Patung Arjuna Wijaya beralamat di Jalan Raya Boyolali-Semarang No. 171, dusun Bayanan, desa Banaran, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali 57313.

Lokasi Patung Arjuna Wijaya berada di pusat ibukota kabupaten Boyolali tepatnya di daerah Simpang Lima. Kawasan Simpang Lima menghubungkan beberapa jalan besar dan jalan kecil diantaranya Jalan Pandanaran, Jalan Merapi, Jalan Merbabu, dan Jalan Pemuda. Rute menuju kawasan ini dari arah Solo melewati gerbang masuk kota Boyolali. Saat melewati Tugu Jam dan Pasar Kota Boyolali ikuti jalan terus hingga menemui bundaran yang merupakan simpang lima. Posisi Patung Arjuna Wijaya berada ditengah-tengah bundaran tersebut dan dikelilingi oleh taman.

Pembangunan Patung Arjuna Wijaya menjadi ikon baru kota Boyolali diilhami dari kisah Perang Baratayuda. Pada kisah Perang Baratayuda ini Arjuna melawan Adipati Karna yang merupakan saudara kandungnya dan pada akhirnya dimenangkan oleh Arjuna. Patung Arjuna Wijaya ini merupakan simbol dari kemenangan, keberanian, pembela kebenarandan sifat kesatria dari Arjuna pada Perang Baratayudha. Patung ini dibuat dari perunggu dengan penyangga sangat kuat sehingga dapat menahan beban hingga 2 ton. Keramaian kawasan Patung Arjuna Wijaya dan Simpang Lima tampak menjelang sore hari hingga malam hari. Cukup banyak anak muda yang nongkrong di kawasan ini sambil berfoto dan mengabadikan keindahan patung tersebut. Kekurangan kawasan ini adalah belum tersedia area parkir baik untuk kendaraan roda dua maupun kendaraan roda empat sehingga pengunjung asal memarkir kendaraan di pinggir jalan. Kondisi semacam ini cukup mengganggu arus lalulintas jalan utama yang dilewati kendaraan lintas kota. Semoga Pemerintah Daerah Boyolali segera mengatasi masalah ini agar pengunjung dan wisatawan nyaman berada di tempat ini. Secara keseluruhan Patung Arjuna Wijaya dapat menjadi salah satu obyek wisata dan spot foto di pusat kota Boyolali. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Patung Arjuna Wijaya
Jl. Raya Boyolali-Semarang No. 171, dusun Bayanan, desa Banaran, kecamatan Boyolali, kabupaten Boyolali 57313.

Kirim pendapat