Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang, Kini Belum Berubah

Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang merupakan pasar yang dibangun sejak dibangunnya kawasan Wisata Alam Kaliurang. Dari pertama kali dibangun hingga saat ini bentuk bangunan pasar tradisional ini tidak berubah. Renovasi yang dilakukan hanya sebatas penggantian atap kios, tiang kayu penopang kios, dan pembaruan cat.

Los Pasar Tlogo Muncar Kaliurang Sleman

Lokasi Pasar Tradisonal Tlogo Putri berada di dalam kawasan wisata Tlogo Muncar Kaliurang. Kawasan Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang memanjang dari Kolam Renang Tlogo Putri hingga pintu masuk Taman Wisata Plawangan Turgo bagian dari kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Pasar ini terdiri dari beberapa los atau kios yang diisi oleh penjual yang berasal dari Kaliutang dan kabupaten Sleman.

Salah Satu Sudut Pasar Tlogo Muncar Kaliurang Sleman

Sisi Barat los atau kios Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang dipenuhi oleh pedagang yang menjual makanan seperti nasi/lontong pecel dan buah pisang khas Kaliurang. Dua warung makan yang menjual nasi pecel yang cukup menonjol adalah Warung Pecel Bu Suparmi dan Warung Pecel Bu Yeti. Sajian pecel tersebut cukup menarik dengan cita rasa pecel khas Yogyakarta. Harga yang ditawarkan cukup ukuran harga makanan di kawasan wisata.

Kios Kerajinan Di Pasar Tlogo Muncar Kaliurang Sleman

Area bagian tengah Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang dipenuhi oleh pedagang salak pondoh yang berasal dari daerah Turi Sleman sebagai sentra perkebunan dan agrowisata salak pondoh. Harga yang ditawarkan terbilang cukup mahal dibandingkan dengan harga salak pondoh di sentra perkebunan salak pondoh. Namun keberadaannya cukup membantu bagi wisatawan yang terbatas waktunya dan tidak ada agenda menuju sentra perkebunan tersebut. Selain itu ada sebuah kios yang menjual cinderamata seperti gantungan kunci, topi, kaos, dan sebagainya dengan cirikhas gambar Kaliurang.

Baca Juga  Dieng Plateau Theater, Visualisasi proses terbentuknya kawah

Kios Penjual Makanan Di Pasar Tlogo Muncar Kaliurang Sleman

Area Pasar Tradisonal Tlogo Putri Kaliurang paling ujung yang berdekatan dengan pintu masuk Taman Wisata Plawangan Turgo dipenuhi oleh pedagang makanan khas Kaliurang yaitu jadah tempe dan beberapa warung makan yang menyediakan hidangan sate kelinci, sate ayam, nasi rames, dan nasi goreng. (text/foto: annosmile)

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    kelihatannya kebersihannya terjaga ya … enak melihatnya
    saya senang banget pecel … kalau kesana mesti nyoba bu suparmi atau bu yeti … atau dua2nya sekalian .. #maruk

Kirim pendapat