Berburu Hidangan Berbuka Puasa Di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta

Berburu Hidangan Berbuka Puasa Di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta
3 (60%) 3 votes

Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta atau bernama lain Pasar Takjil Kauman merupakan pasar tiban yang cukup legendaris di kota Yogyakarta. Keberadaannya sudah ada sejak tahun 1970-an dan dirintis oleh beberapa warga setempat. pada waktu itu jajanan yang diperjualbelikan macamnya terbatas dan hanya khas kampung tersebut seperti jajanan Kicak. Kicak adalah sejenis jadah ketan yang dicampur dengan parutan kelapa dan potongan nangka.

Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman terletak di kampung Kauman, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta.

Lokasi Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman berada di gang sempit atau lorong sempit yang menghubungkan anatar RW 10 hingga RW 13 Kauman. Posisi pasar tiban ini lebih mudah diakses melalui Jalan KH Ahmad Dahlan dimana gerbang masuknya berada di sebelah barat dari pertigaan jalan RSU PKU Muhammadiyah Yogyakarta. Pengunjung yang membawa kendaraan beroda dua dan beroda empat dapat parkir di tepi jalan di sepanjang Jalan KH Ahmad Dahlan. Petugas parkir yang ada di sekitar lokasi cukup sigap mengatur parkir pengunjung agar rapi dan tidak mengganggu lalu lintas di sekitar.

Gang sempit atau lorong sempit Kampung Kauman ditandai dengan gapura bercat hijau dimana pada bagian atasnya terdapat logo setengah lingkaran mirip matahari dan bertuliskan angka tahun 1920 Masehi. Di sekitar gerbang biasanya dihias dengan ornamen menarik untuk menunjukkan bahwa di tempat tersebut sedang terdapat event atau acara berupa pasar tiban ramadhan. Pengunjung yang keluar masuk kawasan Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman tidak dikenakan biaya masuk alias gratis.

Pada sepanjang lorong gang sempit Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman terdapat puluhan lapak yang menjajan makanan dan minuman. Beraneka macam makanan diperjualbelikan di pasar tiban ini mulai dari makanan tradisional, jajanan pasar, hingga makanan kekinian atau modern.  Selain kicak, ada beberapa makanan tradisional lain yang diperjualbelikan antara lain clorot, sarang gesing, kacang kumbon, lumpur, bubur saren, semar mendem, serabi kocor, dan kipo. Saat saya berkeliling, saya menemukan hidangan khas Kampung Kauman yang lian yaitu Oblok-Oblok. Oblok-Oblok adalah sejenis makanan khas yang disajikan pada waktu sehabis subuh pada tanggal 1 Syawwal atau pas hari pertama Idul Fitri.

Makanan berat pun banyak diperjualbelikan di Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman seperti sayur pecel, nasi kuning, nasi ayam, dan sebagainya. Harga makanan dan minuman yang ditawarkan para pedagang bervariasi dari harga murah hingga harga mahal. Barang atau makanan yang sama kadang terdapat selisih harga antara Rp 500,- hingga Rp 1000,-. Pengunjung atau pembeli disarankan bertanya terlebih dahulu atau survei harga makanan yang paling murah di sepanjang lorong pasar tiban tersebut. Secara keseluruhan Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman Yogyakarta dapat menjadi salah satu tempat berburu hidangan berbuka puasa khas Yogyakarta di sekitar kota Yogyakarta. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pasar Sore Ramadhan Kampung Kauman
Kampung Kauman, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta.

Jam Buka
Setiap hari pada bulan ramadhan pukul 15.00 s/d 19.00 WIB

Kirim pendapat