Pasar Seni Guwang, Alternatif Wisata Belanja DI Gianyar

Pasar Seni Guwang merupakan pasar alternatif pengganti Pasar Seni Sukawati Bali yang selalu ramai pengunjung dan sering kehabisan tempat parkir kendaraan. Pasar ini belum lama diperluas agar menampung lebih banyak pengunjung dan menyediakan area parkir yang lebih luas. Letak pasar seni alternatif ini cukup dekat dengan Pasar Sukowati sehingga tidak menyulitkan wisatawan khususnya para rombongan wisata. Barang yang dijual di pasar ini pun tidak jauh berbeda dan konon harganya lebih murah.

Pasar Seni Guwang (Guwang Art Market) terletak di Jalan Raya Guwang Sukawati, Gianyar, Bali.

Papan Nama Pasar Seni Guwang Bali

Lokasi Pasar Seni Guwang cukup dekat dengan lokasi Pasar Seni Sukawati. Letaknya berada di Jalan Guwang sebelah selatan Jalan Raya Celuk – Sukawati. Dari arah Denpasar sebelum memasuki Pasar Seni Sukowati ada sebuah perigaan lampu merah dan pilihlah jalan ke arah kanan. Setelah beberatus meter berjalan akhirnya tiba di kawasan pasar seni yang berada di kanan jalan. Akses jalan cukup lebar dan mampu dilewati kendaraan besar seperti bus-bus pariwisata.

Area parkir Pasar Seni Guwang cukup luas dibandingkan Pasar Seni Sukawati yang hanya menggunakan badan jalan. Lahan parkir Pasar Seni Guwang mampu menampung hingga belasan bus-bus pariwisata besar. Sepertinya pembangunan Pasar Seni Guwang pada awalnya memang menitikberatkan pada ketersediaan area parkir agar mampu menampung banyak kendaraan. Selain itu kondisi area parkir cukup teduh dan rindang karena disekitarnya banyak ditumbuhi pepohonan besar.

Pasar Seni Guwang memiliki bangunan dengan model letter U dan dibangun taman yang cukup rindang ditengah-tengah. Taman tersebut cocok untuk beristirahat bagi para pengunjung pasar.

Kios-Kios Pakaian Di Pasar Seni Guwang Bali

Pintu masuk Pasar Seni Guwang berada di sebelah area parkir ditandai gapura masuk seperti bangunan pura. Bangunan Pasar Seni Guwang telah disulap menjadi bangunan modern permanen dengan satu lantai saja. Area bangunan dalam pasar pun cukup luas dan hampir dua kali lipas dari luas Pasar Seni Sukowati.  Kesan tradisional masih terlihat walaupun bangunan lama telah berganti dengan bangunan baru.Perencanaan pembangunan pasar ini cukup matang dan diharapkan mampu menampung pengunjung atau wisatawan hingga 2-3 lipat dari Pasar Seni Sukawati.

Baca Juga  Warung Muslim Taliwang Bu Hj Marfuah Bedugul Bali

Barang kerajinan, seni, souvenir, dan oleh-oleh khas Bali yang dijual di Pasar Seni Guwang hampir sama dengan Pasar Seni Sukawati. Kualitasnya pun tidak jauh berbeda antara kios yang satu dengan kios yang lain. Sepertinya pemasok barang yang ada dari tempat yang sama atau ada sebagian pedagang yang berjualan di Pasar Seni Sukawati berpindah ke Pasar Seni Guwang.

Kios-Kios Souvenir Khas Bali Di Pasar Seni Guwang

Beragam jenis barang mulai dijual di tempat ini mulai dari pakaian hingga makanan. Kaos, kain pantai, kain Bali, dan ikat kepala menjadi salah satu barang yang diburu para wisatawan.

Berbagai kerajinan tangan seperti lukisan, anyaman, hiasan, dan sebagainya ditawarkan di Pasar Seni Guwang. Harganya hampir sama dengan Pasar Seni Sukawati, jadi tinggal keahlian anda dalam menawar suatu barang dengan harga yang murah.

Kios Lukisan Di Pasar Seni Guwang Bali

Namun jangan lupa sebelum membeli anda harus memperhatikan kualitas dan kondisi barang. Agar anda tidak kecewa bila ada cacat pada produk tersebut, ketelitian sangat diperlukan. Nah, selamat berbelanja di tempat ini.

Pengunjung Pasar Seni Guwang saat ini didominasi oleh wisatawan nusantara khususnya rombongan sekolah dan muda mudi dari berbagai daerah. Wisatawan mancanegara kadang mampir di tempat ini ketika Pasar Seni Sukawati sedang penuh dengan pengunjung. Bila tidak terbiasa menawar barang di pasar, wisatawan dapat membeli barang dengan kondisi dan kualitas serupa di pusat oleh-oleh khas Bali yang mulai bermunculan seperti Erlangga dan Khrisna. (text/foto: annosmile)

Ada 24 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. adis:

    belum pernah ke bali :(

  2. mawi wijna:

    tentunya mesti pandai-pandai tawar menawar juga ya di Bali, harga awalnya kan dipatok tinggi

  3. phiy:

    Pas awal2 liat gambarnya, dalem hati aku bilang: “keknya aku pernah ke sini d, di bali ya?”
    pas baca ke bawah, bener di bali ternyata :D

  4. arifudin:

    belum pernah ke bali juga :(

  5. kucingkeren:

    aku sih lbh suka di sukowati lebh komplit. btw sekarang ada supermarket jg di denpasar, namanya Krisna, komplit ada tu kerajinan bali n oleh2 bali..

  6. Mahendrattunggadewa:

    Bali memang salah satu yang masih mampu menjaga dan melestarikan budaya.
    dan dengan melestarikan budayanya, Bali justru bisa menjadi salah satu propinsi paling sejahtera di Indonesia.

  7. racheedus:

    Seperti lazimnya pasar tradisional, kita memang harus pandai-pandai menawar harga dan memeriksa barang. Di pasar, orang jujur dan orang lacur kumpul jadi satu. Namanya juga pasar.

  8. yustha tt:

    wah…boleh tuh..
    sukawati sumpek…
    tapi kapan ya ke Bali lagi…. :-?

  9. Genduk:

    Teliti sebelum membeli
    biar ga rugi :P

    Wah belom pernah menginjakkan kaki di Bali :( kapan ya bisa maen ke sana??

  10. Ardy Pratama:

    jiakakak.. sya lon prnah ke bali bro :)) ntar klo ke bali sya mmpir ;)

  11. mas8nur:

    Weleh…..jadi kepingin belanja…kapan ya?

  12. Huang:

    Haduhhh aku nggak nolak deh kalo diajak shopping :p

  13. katakataku:

    menarik untuk dikunjungi, tp sayang …….. jaaauuuhhhhhhhh…….

    • annosmile:

      tapi keren :D

  14. ~noe~:

    om, apa di pasar itu kita masih harus tawar2an harga yang akhirnya jatuhnya sangat jauh dari harga awal?
    kadang aku agak segan jika harus berbelanja di pasar wisata karena masalah tsb di atas.
    salam…

  15. Acha:

    oh..ya .. ada pasar seni juga… kereeen.

  16. dobleh yang malang:

    sore bang
    wah coba blue tahu sebelumnya kalau abang mau kesana
    pasti blue nitip oleh oleh dech heheh….
    salam hangat selalu

    pa cabarnya bang?

  17. kampoeng:

    pingin ke bali lagi, dan pastinya tidak akan menyia nyiakan Seni Guwang…

  18. -GoenRock-:

    Beli apa Sampeyan disitu Mas?

  19. Joko Setiawan:

    Wah Bali..Pasar…Belanja..mau…….

  20. anas:

    bisa jd alternatif buat belanja oleh2 di bali.
    waktu ke bali, bisa nya cuman ke sukawati.coz lebih top sih dimata wisatawan.

  21. AeArc:

    soping mulu nih orang kayaknya

  22. quinie:

    hm… nikmatnya jalan2 ke bali.. irrrriiiii bangets…

  23. penghuni60:

    kpn2 aku mau ke Bali deh… skalian bln madu… hehe…

Kirim pendapat