Pasar Klitikan Kota Lama Semarang

Pasar Klitikan Kota Lama Semarang
4.5 (90%) 2 votes

Keberadaan Kota Lama Semarang tidak ubahnya seperti Kota Tua Jakarta. Sebagai kawasan yang banyak ditemukan bangunan peninggalan Belanda, Kota Lama Semarang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Semarang. Bahkan sebagian wisatawan menganggap, belum lengkap rasanya berkunjung ke Semarang tanpa berkeliling kawasan Kota Lama Semarang.

Pasar Klitikan Kota Lama Semarang diselenggarakan setiap hari minggu di kawasan Kota Lama Semarang sebelah Taman Gereja Emmanuel (Gereja Blenduk).

Suasana Pasar Klitikan Kota Lama Semarang

Kunjungan saya ke Kota Lama Semarang sudah kesekian kalinya, namun kali ini saya melihat pemandangan yang berbeda. Di area dekat Gereja Emmanuel atau yang lebih dikenal dengan nama Gereja Blenduk terdapat pasar tiban yang bernama Pasar Klitikan Kota Lama Semarang. Pemandangan seperti ini jarang ditemui karena hanya diselenggarakan setiap hari minggu saja.

Stand-Stand Barang Antik di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang

Dari tepi jalan tampak bermacam-macam barang antik mulai dari peralatan rumah tangga hingga kendaraan bermotor dijual di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang. Cukup tertarik dengan pemandangan tersebut saya pun menghentikan kendaraan dan memarkir sepeda motor di area parkir yang telah disediakan.

Aksesoris Bergaya Tempo Doeloe

Pasar Klitikan Kota Tua Semarang tidak luas, hanya menggunakan badan jalan timur taman Gereja Blenduk Semarang. Stan-stan yang ada berada di tenda yang didirikan memanjang. Penataannya cukup sederhana namun terkesan rapi dan teratur.

Stan paling ujung menjual bermacam-macam perabot rumah tangga tempo dulu mulai dari barang bekas hingga barang baru. Seperti lampu gantung, lukisan tua, radio antik, onderdil sepeda antik, onderdil motor antik, dan sebagainya. Tidak ketinggal beberapa motor klasik dipamerkan dan diperjualbelikan bagi pengunjung yang berminat membelinya.

Benda-Benda Antik Yang Diperjualbelikan

Harga yang ditawarkan di Pasar Klitikan Kota Lama Semarang bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan tergantung jenis barang dan kondisi barang. Pengunjung dipersilakan melihat-lihat ataupun mencoba barang yang ada. Proses tawar menawar dan jualbeli sama seperti pasar pada umumnya.

Pasar Klitikan Kota Lama Semarang memberikan warna baru di kawasan Kota Lama Semarang. Keberadaannya mampu menghidupkan kembali suasana Kota Lama Semarang yang tampak mati dan mulai ditinggalkan wisatawan. Meski belum sebesar dan seramai pasar klitikan di daerah lain, keberadaannya membawa angin segar bagi pedagang barang antik di sekitar Semarang untuk turut meramaikan. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat