Pasar Beringharjo Yogyakarta

Pasar Beringharjo merupakan pasar tertua, terbesar, dan memiliki nilai sejarah dengan keberadaan Kraton Yogyakarta. Pasar ini juga cukup terkenal bagi kalangan wisatawan karena letaknya sangat strategis di tepi Jalan Malioboro dan sbebagai pusat jualbeli oleh-oleh batik khas Yogyakarta.

Pasar Beringharjo bralamat di Jalan Margo Mulyo No. 16, kelurahan Ngupasan, kecamatan Gondomanan, kota Yogyakarta 55122.

Lokasi Pasar Beringharjo berada di tepi Jalan Margo Mulyo kawasan Malioboro Yogyakarta. Posisinya berada paling selatan dari kawasan pertokoan dan sebelah utara dari Benteng Vredeburg.pada seberang jalan pasar terdapat toko yang cukup terkenal yaitu Hamzah Batik atau dulu dikenal dengan nama Mirota Batik.

Pasar Beringharjo saat ini terbagi dalam beberapa blok pasar yang terbagi dalam jenis barang yang dijual. Blok paling barat menjual beraneka batik, kemudian Blok tengah menjual perabot rumah tangga, dan Blok paling timur menjual sayuran, daging, dan buah-buahan segar. (text/foto: annosmile)

PEMBAGIAN BLOK PASAR

BLOK 1

Blok 1 sisi paling barat Pasar Beringharjo yang menghadap ke Jalan Malioboro terdiri dari pedagang kain batik (batik tulis, batik cap, batik printing), kain lurik, pakaian batik (kemeja, rok), pakaian adat jawa (surjan, kebaya), sarung tenun, pakaian modern (kemeja, celana), kaos oleh-oleh khas Jogja tas, sepatu, sandal, dan sebagainya.

BLOK 2

Blok 2 belakang atau sisi timur Blok 1 Pasar Beringharjo terdiri dari pedagang makanan, pedagang kerajinan, pedagang aksesoris (pernak-pernik) dan souvenir, penjual rempah-rempah (bahan jamu, bumbu dapur), dan sebagainya

Baca Juga  5 Lokasi Pasar Tiban Ramadhan Di Yogyakarta

BLOK 3

Blok 3 atau blok paling timur Pasar Beringharjo terdiri dari pedagang sayuran segar, pedagang buah, pedagang daging segar (ayam, sapi, kambing, ikan), pedagang makanan, dan sebagainya.

BLOK 4

Blok 4 terdapat pada sisi utara Blok 2 dan Blok 3 Pasar Beringharjo terdiri dari pedagang onderdil kendaraan bekas dan baru (loakan), pedagang aneka barang antik, pedagang arang hitam, pedagang makanan, penjual buku dan majalah bekas, penjual kaset bekas, jasa penjahit pakaian, jasa perbaikan payung, jasa perbaikan sepatu dan sandal, dan sebagainya

Kirim pendapat