Pantai Widodaren Gunungkidul, Keindahannya Layaknya Bidadari

Pantai Widodaren Gunungkidul, Keindahannya Layaknya Bidadari
3.4 (68%) 5 vote[s]

Pantai Widodaren merupakan salah satu dari sekian banyak pantai di Gunungkidul yang belum resmi dibuka menjadi obyek wisata. Keberadaannya cukup tersembunyi dan terkesan perawan karena jarang dijamah manusia dan aksesnya tidak dapat dijangkau dengan membawa kendaraan. Karakteristik utama Pantai Widodaren adalah pantai tebing karang dan pantai landai berpasir putih.

Pantai Widodaren terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Widodaren dalam bahasa Jawa berarti bidadari dan artinya keindahan yang ditawarkan layaknya atau seperti kecantikan bidadari.

Perjalanan Menuju Pantai Widodaren Gunungkidul

Lokasi Pantai Widodaren Gunungkidul berada disebelah barat Pantai Peyuyon dan disebelah timur Pantai Ngrawah. Bila merasa asing dengan kedua pantai tersebut ada patokan yang lebih mudah yaitu beberapa pantai ke arah timur dari Pantai Ngrenehan. Saat ini belum ada akses jalan untuk kendaraan menuju ke kawasan ini. Satu-satunya cara menuju ke kawasan Pantai Widodaren dengan berjalan kaki. Ada dua pilihan rute jalan setapak untuk menuju ke Pantai Widodaren, pertama melewati jalan setapak yang ada di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Kedua melewati jalan berbatu yang dapat dilewati kendaraan beroda dua kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak.

Tebing Karang Sisi Timur Pantai Widodaren Gunungkidul

Pilihan kedua merupakan rute terdekat menuju ke Pantai Widodaren Gunungkidul. Dari pos retribusi ikuti jalan terus hingga tiba di kawasan Pantai Ngrenehan. Ambil jalan cor semen yeng berada di sekitar kawasan Pantai Ngrenehan atau bila masih bingung tanyalah kepada penduduk setempat. Ikuti jalan cor semen tersebut hingga berubah menjadi jalan tanah berbatu yang masih kasar. Pertigaan pertama belok ke arah kanan dan ikuti jalan hingga ujung jalan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di gubug-gubug parkir milik warga yang sedang berladang.

Baca Juga  Soto Pak Muh, Kuliner Legendaris Dalam Pasar Beringharjo Jogja

Pemandangan Pantai Widodaren Gunungkidul Dari Atas Bukit

Perjalanan menuju Pantai Widodaren Gunungkidul dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak diantara ladang pertanian warga. Kondisi jalan setapak yang ada masih sempit namun tidak curam. Tidak ada papan petunjuk arah menuju pantai tersebut dan jangan ragu untuk bertanya kepada warga sekitar yang kebetulan sedang berladang. Setelah melewati beberapa bukit akhirnya terdapat sebuah persimpangan jalan dimana bila belok ke arah kiri akan menuju ke Pantai Peyuyon dan bila lurus ke arah barat akan menuju ke Pantai Widodaren. Pilihlah jalan setapak lurus atau ke arah barat menuju Pantai Widodaren.

Tangga Kayu Menuju Pantai Widodaren Gunungkidul

Perjalanan dari arah timur menuju Pantai Widodaren Gunungkidul akan disambut dengan tebing karang di sisi timur pantai. Tebing karang ini menjorok ke tengah laut dan membentuk cekungan. Cekungan karang tersebut berulangkali terhantam oleh ombak yang ganas dan menghasilkan bunyi seperti seruling.

Hamparan Pasir Putih Pantai Widodaren Gunungkidul

Pengunjung yang ingin menuju pantai berpasir Pantai Widodaren Gunungkidul harus menuruni tebing setinggi 7 meter dengan menggunakan tangga kayu sederhana. Tangga kayu tersebut dibuat oleh penduduk sekitar untuk mencari ikan disekitaran pantai ini. Kondisi tangga kayu cukup aman digunakan secara bergantian meskipun penampilannya tampak kurang meyakinkan. Tidak ada akses jalan lain kecuali dengan menuruni batuan karang yang curam. Setelah menuruni tangga, pengunjung Pantai Widodaren langsung disambut dengan pemandangan pantai berpasir putih yang halus dan tampak bersih.

Pemandangan Sisi Timur Pantai Widodaren Gunungkidul

Kondisi pantai landai di kawasan Pantai Widodaren Gunungkidul tampak seperti pantai yang jarang terjamah. Jejak-jejak kaki yang ditinggalkan pada pasir pantai masih sangat jarang. Pasir pantai pun terasa halus dan empuk, tidak terasa padat karena sering terinjak. Sampah pun nyaris tidak ditemukan kecuali potongan benang jaring yang rusak dan terdampar di pantai ini. Rasanya seperti menemukan surga tersembunyi ketika pertamakali datang ke tempat ini. Diharapkan pengunjung yang datang tetap menjaga kelestarian pantai dengan membawa kembali sampah yang dibawanya.

Baca Juga  Bumi Perkemahan Di Gunungkidul

Ketika kondisi laut Pantai Widodaren Gunungkidul sedang surut, terlihat dasar karang yang muncul membentuk guratan-guratan yang indah. Disela-sela batu karang masih terlihat jelas terumbu karang yang masih hidup dikelilingi rumput laut dan ganggang laut. Sesekali terlihat ikan-ikan kecil berenang kesana-kemari karena terjebak diantara kubangan air pada karang. Keindahan yang ditawarkan kawasan Pantai Widodaren laksana seperti namanya yaitu bidadari yang cantik dan rupawan.

TeamTouring di Pantai Widodaren Gunungkidul

Untuk kedepannya Pantai Widodaren mungkin akan dikembangkan menjadi kawasan wisata baru di wilayah Saptosari Gunungkidul. Hanya saja perkembangannya masih lama dan menunggu dibuatkan akses jalan terlebih dahulu menuju ke lokasi pantai. Saat ombak pasang, seluruh area pantai Widodaren yang landai akan tenggelam oleh ombak dan hanya menyisakan pantai tebing saja. Bagian pantai yang landai ini tidak disarankan digunakan untuk lokasi berkemah kecuali akan mendirikan tenda di area tebing karang. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Widodaren
Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Erress:

    wah, pantainya indah sekali…jadi pingin ke sana…

  2. Nasirullah Sitam:

    Wah bisa ke sini naik sepeda :-D

  3. Shudai Ajlani:

    Gak asing sama pantai widodaren ini, dari dulu selalu pengen kesana tapi belum kesampean. Salam ya mas :)

  4. HLS:

    Sebentar, aku melihat ketidakadilan di sini.
    Ada satu foto yang watermarknya tidak di tengah, sementara semua foto lain watermarknya di tengah, kenapa? oooh, kenapaaa?
    ini sungguh tidak adil

Kirim pendapat