Pantai Watu Topi Gunungkidul, Batu Karang Raksasa Yang Berserakan

Pantai Watu Topi Gunungkidul sebenarnya merupakan bagian dari semenanjung Pantai Jungwok sebelah timur atau sisi barat kawasan Pantai Ngusalan. Pantai ini diberi nama sendiri oleh masyarakat sekitar terpisah dengan Pantai Jungwok karena memiliki area tersendiri yang terpisah. Nama ‘Watu Topi’ berasal dari kata watu (batu) dan topi (aksesoris pelindung kepala), mungkin yang dimaksud adalah bentuk batu yang menyerupai topi atau berfungsi seperti topi.

Pantai Watu Topi terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Watu Topi Gunungkidul Dari Pantai Ngusalan

Cara menuju Pantai Watu Topi Gunungkidul dengan berjalan kaki menyisir tepian tebing sebelah timur Pantai Jungwok sama seperti cara menuju ke Pantai Ngusalan. Namun hal ini hanya dapat dilakukan saat kondisi air laut sedang surut atau sedang tidak pasang. Pada saat kondisi pasang, jalur atau jalan menuju ke pantai tersebut tertutup oleh gelombang ombak pantai selatan yang besar dan cukup berbahaya.

Bebatuan Di Pantai Watu Topi Gunungkidul

Kawasan Pantai Watu Topi seluruhnya merupakan pantai berdasar karang dan tidak memiliki pasir pantai. Bebatuan karang berukuran besar jumlahnya ada belasan buah dan menghalangi hempasan ombak ke area bawah tebing. Pemandangan dari kawasan pantai ini tidak menarik karena terhalang oleh bebatuan berukuran besar. Masyarakat setempat memanfaatkan tempat ini sebagai lokasi mencari lobster diantara bebatuan sama seperti kawasan pantai Ngusalan. Saat ini tidak banyak yang tahu mengenai keberadaan dan nama pantai ini karena banyak orang menganggap masih satu kesatuan dengan Pantai Jungwok. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Mie Ayam Dan Bakso Sopo Nyono, Tersembunyi Di Timur Yonif 403 Sleman

Kirim pendapat