Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Pesona Pantai Alami Yang Berselimut Misteri

Pantai Watu Kodok Gunungkidul, Pesona Pantai Alami Yang Berselimut Misteri
4.3 (85%) 4 votes

Pantai Watu Kodok merupakan kawasan pantai belum lama dikembangkan menjadi kawasan wisata di jalur wisata Pantai Baron, Kukup, Krakal, dan Pulang Syawal (Indrayanti). Pantai ini letaknya cukup tersembunyi dan perkembangannya sedikit tertinggal dengan pantai-pantai lain yang ada di sekitarnya. Padahal keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lain dan memiliki cerita misteri yang dapat membuat seseorang penasaran untuk mengunjunginya.

Pantai Watu Kodok terdapat di dusun Kelor Kidul, desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai ini dibuka dan dikembangkan oleh masyarakat sekitar sebagai kawasan wisata pantai pada tahun 2009 dan dibiayai dengan dana swadaya masyarakat.

Jalan Menuju Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Keberadaan Pantai Watu Kodok telah diinformasikan melalui papan arah menuju pantai yang terletak di tepi jalan raya yang membentang dari pantai Baron hingga Pantai Pulang Syawal. Lokasi Pantai Watu Kodok berada di sebelah timur dari Pantai Sepanjang dan hanya bisa ditempuh melalui satu-satunya jalan dari jalan raya. Kondisi jalan menuju Pantai Watu Kodok masih berupa jalan tanah bercampur semen keras dan belum dibuatkan jalan aspal permanen.

Pohon Pandan Laut Di Tepi Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Dari kejauhan tampak Pantai Watu Kondok yang memiliki kontur mirip dengan Pantai Sepanjang. Jalan cor semen yang kami lewati membelah kawasan perbukitan yang banyak ditumbuhi tanaman liar dan pohon khas pesisir pantai. Tidak heran bila kami mendengar bunyi burung-burung liar saat melewati jalan cor semen ini. Setelah melewati jalan cor semen yang menurun, akhirnya kami tiba di kawasan Pantai Watu Kodok.

Gubug Santai Di Tepi Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Kami sedikit kecewa dengan pembangunan sarana dan prasarana di kawasan Pantai Watu Kodok. Penataan bangunan berupa gubug dan warung di Pantai Watu Kodok terlihat tidak beraturan dan terkesan kumuh. Area parkir kendaraan pun tidak jelas dan terkesan hanya asal parkir di sembarang tempat. Padahal sebagai kawasan wisata yang sedang dipromosikan, Pantai Watu Kodok harusnya berbenah diri agar mampu bersaing dengan pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Tebing Karang Di Sekitar Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Pemandangan Pantai Watu Kodok terkesan datar dan tidak jauh berbeda dibandingkan pantai-pantai landai yang lain. Bila ombak sedang surut akan tampak karang-karang yang berada di dasar laut. Pasir pantai tampak berwarna putih sedikit kecoklatan dengan kondisi masih bersih dari sampah. Tidak banyak jejak langkah kaki di pantai ini menunjukkan bahwa Pantai Watu Kodok masih jarang dikunjungi wisatawan.

Pemandangan Sisi Timur Pantai Watu Kodok Gunungkidul

Ketika saya bersantai di warung, saya menyempatkan ngobrol sejenak dengan penjaga warung. Akhirnya diceritakan asal-usul nama dan cerita yang berkembang di Pantai Watu Kodok. Ternyata di kawasan Pantai Watu Kodok memang terdapat patung yang berbentuk mirip kodok. Patung batu mirip kodok tersebut terdapat di dalam goa yang terletak disebelah barat Pantai Watu Kodok. Lokasi goa tersebut sulit untuk dijangkau dan hanya dapat dimasuki ketika air laut sedang surut. Patung mirip kodok tersebut dikeramatkan dan setiap setahun sekali pada bulan suro dilakukan ritual mencari berkah di goa ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Watu Kodok
Dusun Kelor Kidul, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor: -
Parkir Mobil: -

Kirim pendapat