Pantai Watu Bolong Gunungkidul, Batu Unik Di Samping Pantai Watu Lumbung

3.0
03

Pantai Watu Bolong merupakan daya tarik lain yang berada di sekitar Pantai Wediombo atau disebelah Pantai Watu Lumbung. Nama Watu Bolong mengingatkan kita kepada wisata Karang Bolong yang banyak ditemukan di beberapa daerah di Indonesia seperti Pantai Karang Bolong di Anyer dan Pantai Karang Bolong di Kebumen. Pantai ini memiliki keunikan yang mirip dimana terdapat lubang pada batu karang.

Pantai Watu Bolong berada di dalam kawasan Pantai Watu Lumbung Gunungkidul. Secara administratif berada di desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Watu Bolong dan Watu Lumbung Gunungkidul Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Watu Bolong hanya disebelah Pantai Watu Lumbung, tepatnya berada di sebelah kanan atau sebelah barat Pantai Watu Lumbung. Untuk menuju Pantai Watu Bolong dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri tepi pantai atau mengambil jalan setapak ke sebelah kanan dari area parkir Pantai Watu Lumbung. Saat ini belum tersedia papan petunjuk mengenai keberadaan Pantai Watu Bolong namun pengunjung tidak akan kesulitan untuk tiba ke lokasi.

Batu Berlubang Pantai Watu Bolong Watu Lumbung Gunungkidul

Pantai Watu Bolong merupakan pantai kecil yang berada di sebelah Pantai Watu Lumbung walaupun sebenarnya merupakan satu kawasan. Pantai ini memiliki ciri pantai berbatu karang, memiliki sedikit pasir pantai, dan menghadap langsung ke arah laut dalam. Pantai Watu Bolong sebelah timur berbatasan dengan Pantai Watu Lumbung berupa bongkahan batu karang besar di tepi pantai. Sedangakan sebelah barat Pantai Watu Bolong dibatasi oleh semenanjung Gunung Api Purba Batur.

Baca Juga  Gudeg Yu Menil Yogyakarta, Lebih Enak Dibawa Pulang

Pemandangan Dari Batu Berlubang di Pantai Watu Bolong Watu Lumbung Gunungkidul

Hal yang unik dan menarik dari Pantai Watu Bolong adalah bongkahan batu karang yang membentuk lubang layaknya sebuah jendela. Bongkahan batu berlubang tersebut sedikit menjorok ke arah laut dan memberikan pemandangan yang unik dan indah. pemandangan tersebut hanya dapat dilihat dari sisi sebelah timur karena posisinya sedikit landai dan aman untuk dikunjungi. Sedangkan sisi sebelah kanan langsung laut yang cukup dalam dan tidak ada jalan menuju ke celah tersebut.

Pemandangan yang terlihat dari lubang karang (Watu Bolong) adalah semenanjung pantai di sebelah barat Pantai Watu Bolong yang menurut beberapa orang yang kami temui dinamakan Semenanjung Manukan bagian dari Gunung Api Purba Batur atau dapat disebut sebagai Pantai Manukan. Di depan semenanjung tersebut terdapat beberapa batuan karang yang terhempas oleh ombak keras pantai selatan yang menenggelamkan sebagian diantaranya.

Batuan Pantai Watu Bolong Watu Lumbung Gunungkidul

Cipratan air dari ombak yang terhempas ke arah batu karang sering keluar dari lubang karang Watu Bolong. Hal semacam ini sering membuat kaget yang pertamakali datang untuk melihat pemandangan dari lubang karang Watu Bolong ini. Meskipun tidak berbahaya, pengunjung harus berhati-hati saat berada di tempat ini. Pengunjung dilarang duduk atau masuk ke dalam lubang karena cukup berbahaya bila tergelincir dan jatuh di laut dalam dengan ombak yang besar.

Sebagai wisata pelengkap kawasan wisata Pantai Watu Lumbung, Pantai Watu Bolong cukup layak untuk tidak dilewatkan. Keunikan yang ada di Pantai Watu Bolong melengkapi kawasan wisata yang terbentuk dari bekas letusan gunung berapi purba. Sebagian orang mungkin hanya sekedar berfoto sekali dua kali sebelum menuju ke Pantai Watu Lumbung. Namun bagi segelintir orang, tempat ini cukup menarik untuk dijadikan lokasi foto pra wedding ataupun foto bersama (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. nbsusanto:

    ini masuknya lewat mana ya mas? soalnya kemaren pas ke kosakora yang jaga parkir bilang ada patai watubolong ada pantai kedung.. trus aku kemaren blusukan nggak tau ke kedung atau watubolong, soalnya nggak ada plangnya.. tapi beda sih fotonya dengan aku kemaren.. efek nggak dong pas dijelasin yang jaga parkir dan nggak nanya lebih lanjut.. :|

    • admin:

      nama sama beda lokasi mas, yg ini dekatnya pantai wediombo

Kirim pendapat