Pantai Torohudan Gunungkidul, Tersembunyi Diantara Pandan Laut

Pantai Torohudan Gunungkidul, Tersembunyi Diantara Pandan Laut
2.5 (50%) 2 votes

Pantai Torohudan merupakan kawasan pantai tersembunyi disebelah timur Pantai Ngrenehan Gunungkidul. Pantai ini cukup sempit dengan hamparan pasir pantai berwarna putih. Pada kedua sisinya terdapat dua tebing yang cukup tinggi dan menjorok ke tengah laut. Kawasan Pantai Torohudan yang cukup tersembunyi ini cocok digunakan sebagai lokasi camping dan berkemah.

Pantai Torohudan (Toroudan) terletak disebelah timur Pantai Ngrenehan, desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai ini tidak berpenghuni dan bukan merupakan kawasan wisata, hanya saja kadang digunakan para pecinta alam untuk berkemah dan jelajah pantai.

Semak Belukar dan Ladang Saat Menuju Pantai Toroudan Gunungkidul

Lokasi Pantai Torohudan berada di sebelah timur Pantai Ngrenehan Gunungkidul. Akses untuk menuju ke kawasan pantai ini sementara hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki melewati perbukitan di sebelah timur Pantai Ngrenehan. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di kawasan Pantai Ngrenehan sebagai lokasi paling dekat. Perjalanan menuju ke Pantai Torohudan dimulai dengan berjalan kaki melewati tangga naik di belakang rumah penduduk yang berada di bukit sisi timur Pantai Ngrenehan. Tiba di puncak bukit, terlihat pemandangan indah Pantai Ngrenehan dari atas bukit. Namun perjalanan belum berakhir karena harus melalui jalan setapak yang melewati ladang pertanian penduduk.

Pemandangan Pantai Toroudan Gunungkidul

Ketiadaan papan petunjuk arah menuju ke Pantai Torohudan Gunungkidul disepanjang jalan setapak yang dilewati kadang membuat pengunjung tersesat. Jangan malu bertanya kepada penduduk yang sedang berladang di sekitar jalan setapak tersebut dan menanyakan keberadaan Pantai Torohudan. Akhirnya setelah bersusah payah berjalan naik turun tebing pengunjung memasuki gerbang Pantai Torohudan yang berupa rerimbunan pohon pandan laut. Diantara rerimbunan pohon pandan laut terdapat celah masuk ke dalam kawasan Pantai Torohudan.

Bebatuan Di Pantai Torohudan Gunungkidul

Pohon pandan laut yang tumbuh dengan lebat mengelilingi area pantai membuat kawasan Pantai Torohudan Gunungkidul menjadi tersembunyi dan jarang diketahui. Hal ini menjadi daya tarik unik meskipun keberadaan pohon pandan laut banyak ditemukan di pesisir pantai selatan Pulau Jawa. Harapannya pohon ini tetap dirawat dan tidak ditebang ketika suatu saat kawasan pantai ini dikembangkan menjadi kawasan wisata. Bila keberadaan pohon pandan laut ini menghilang, maka pantai ini tidak tampak tersebunyi lagi dan sama seperti kawasan pantai-pantai yang lain.

Deburan Ombak Pantai Toroudan Gunungkidul

Pantai Torohudan Gunungkidul merupakan pantai kecil dan landai serta memiliki pasir pantai berwarna putih. Garis Patai Torohudan cukup sempit dan hanya memiliki lebar sekitar 50 meter. Dua tebing yang mengapit pantai ini cukup tinggi dan menjorok ke tengah laut membentuk semenanjung. Warga sekitar menyebut semenanjung tersebut sebagai Tanjung atau Semenanjung Torohudan. Batuan karang di dasar laut yang terlihat saat ombak sedang surut berwarna kuning keemasan yang terlihat indah dan jarang ditemui di pantai lain. Pasir pantai pun terasa lembut meskipun butiran pasirnya sedikit lebih besar. Kondisi pasir pantai masih terlihat bersih dan tidak terrlihat sampah yang berserakan. Pengunjung yang datang ke pantai ini diharapkan tetap menjaga kebersihan dan mengumpulkan sampah untuk dibawa kembali ke area parkir yang disediakan tempat pembuangan sampah.

Tebing Sebelah Barat Pantai Torohudan Gunungkidul

Seiring dengan bertambahnya waktu, daya tarik Pantai Torohudan Gunungkidul sebagai pantai kecil yang tersembunyi dan jarang dijamah mungkin semakin memudar. Hal ini dikarenakan semakin banyak orang mengetahui keberadaan pantai ini dan pesatnya pengembangan kawasan wisata di sekitar Pantai Ngrenehan. Apalagi dengan maraknya wisata jelajah pantai di timur Pantai Ngrenehan mulai dari Pantai Torohudan hingga Pantai Peyuyon yang letaknya beberapa ratus meter di sebelah timurnya. Bukan tidak mungkin beberapa tahun mendatang ada akses jalan untuk kendaraan menuju ke tempat ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Torohudan (Toroudan)
Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 12 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    pantai yang sebenarnya tidak seindah foto foto ini kan mas, hehe

  2. Rusa:

    Gak peduli kecil maupun sempiat Ann, tapi kalo indah kek begitu mah wajib dikunjungi. Seperti di film The Beach yaaa :D

    Gunung Kidul yaaa *masukin list kunjungan berikutnya* :D

  3. HeruLS:

    Yeah, aku bocahmu pokmen kakak.
    Gimana kondisi kakimu?

  4. Richi Dellan:

    Setelah hidup berumah tangga, rasanya sulit sekali menyalurkan hobi berpetualang. Anehnya bukan karena ketiadaan waktu utk melakukan itu. Mungkin soal pengertian dan dukungan keluarga. Tanggung jawab keluarga perlu, ketentraman jiwa tak kalah perlu. (Ngelus dada)

  5. Triunt:

    wah pantai ngendi meneh ini.
    blusukan terus cah ki :D

  6. yuchib:

    @Richi Dellan keluarganya diajak sekalian aja mas, temen2ku suka bawa istri kok klo turing,
    @Admin salam kenal dari bekasi :)

  7. nurul:

    Tulisannya bagus. Bisa dimasukkan ke KR biar pantai Gunungkidul lebih dikenal masyarakat yogya, nggak cuma Parangtritis dkk saja.Sehingga meningkatkan pendapatan masyarakat pesisir.

  8. Fotodeka:

    mangkat e ra ngejak-ngejak aaahhh… 

  9. bocah petualang:

    Pantai ini kelihatannya cocok digunakan untuk membawa kabur anak gadis orang :D

  10. kombor:

    Wah… kalau harus jalan seperti itu susah ngajak istri. Ngajak pacar malah bisa :)

Kirim pendapat