Pantai Tanjung Putat Bangka, Asiknya Menikmati Senja Sambil Bermain Air

Pantai Tanjung Putat Bangka, Asiknya Menikmati Senja Sambil Bermain Air
4 (80%) 3 vote[s]

Pantai Tanjung Putat merupakan pantai favorit masyarakat yang tinggal disekitar kecamatan Belinyu. Mereka datang ke pantai ini untuk sekedar menikmati senja hingga bermain air yang ombaknya cukup tenang. Pantai ini memiliki daya tarik yang hampir sama dengan kawasan pantai di daerah Belinyu berupa pantai pasir putih dengan batuan unik khas Kepulauan Bangka Belitung.

Pantai Tanjung Putat (ada yang menyebutnya Pantai Kutat) berada di kecamatan Belinyu, kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Pantai ini terdiri dari tanjung, teluk, dan muara sungai Belinyu.

Batuan Unik Di Sekitar Pantai Tanjung Putat Belinyu Bangka

Lokasi Pantai Tanjung Putat berada di sebelah timur Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu atau sekitar 4 kilometer dari ibukota kecamatan Belinyu. Akses jalan menuju Pantai Tanjung Putat sudah beraspal meskipun sedikit mengalami kerusakan pada beberapa titik. Transportasi menuju pantai ini hanya dapat menggunakan kendaraan pribadi dan tidak ada transportasi umum.

Sejarah Tanjung Putat ini konon berasal dari kata “pukat” karena dahulunya memang daerah ini banyak orang menjaring ikan pakai pukat. Ada juga cerita bahwa “kutat” itu diambil dari nama seorang Cina yang bernama Khu Tat, yang sering memukat ikan di pantai tersebut. Cerita ini memiliki dasar karena disekitar pantai tersebut banyak nelayan mencari ikan di laut.

TeamTouring Di Pantai Tanjung Putat Belinyu Bangka

Berenang di laut dan bermain air di pantai merupakan daya tarik utama kawasan Pantai Tanjung Putat Belinyu. Letaknya yang berada di Laut China Selatan yang berbatasan dengan Laut Natuna membuat gelombang air laut tidak tinggi dan arusnya lebih tenang. Bentuk pantai yang landai dan tidak berpalung juga menjadi alasan mengapa ombak pantai di tempat ini terlihat lebih tenang. Namun pengunjung pantai ini tetap diharapkan menjaga keamanan masing-masing dan tidak berbuat hal yang membahayakan.

Selain aktivitas berenang dan bermain ini, tidak sedikit orang yang berkunjung ke Pantai Putat Belinyu hanya sekedar duduk duduk santai dan ngobrol sambil menikmati suasana sore. Sungguh nikmat meskipun hanya duduk-duduk diatas pasir pantai atau di atas batu.

Berenang Di Pantai Tanjung Putat Belinyu Bangka

Saat kondisi air pasang kawasan Pantai Tanjung Putat Belinyu dapat digunakan untuk berenang dan bermain air karena gelombang air mendekati tepian pantai. Namun ketika surut, Pantai Tanjung Putat tidak dapat digunakan untuk bermain dan berenang karena air laut surut dan jauh dari tepi pantai. Masyarakat setempat sudah hafal siklus pasang surut pantai ini dan dapat dipastikan bila sedang pasang maka kawasan Pantai Tanjung Putat akan ramai pengunjung.

Suasana Senja Di Pantai Tanjung Putat Belinyu Bangka

Pesona matahari terbenam juga dapat dinikmati di kawasan Pantai Tanjung Putat Belinyu. Hanya saja seringkali mendapati cuaca berawan pada bagian cakrawala pada ujung lautan. Kondisi semacam ini membuat kita tidak dapat menikmati keindahan matahari terbenam. Sedikit informasi yang didapat bahwa menjelang sore hari cuaca di sekitar Belinyu umum berawan dan jarang sekali cerah. Orang yang beruntung ketika mendapati cuaca cerah di kawasan Pantai Tanjung Putat pada sore hari dan menyaksikan matahari terbenam dari tempat ini. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pantai Karang Bolong Pacitan

Kirim pendapat