Pantai Taman Pacitan Dan Flying Fox Terpanjang Di Indonesia

Pantai Taman Pacitan Dan Flying Fox Terpanjang Di Indonesia
2.5 (50%) 2 votes

Pantai Taman Pacitan merupakan salah satu patai yang berada di sebelah timur dari pusat kota Pacitan. Pada awalnya pantai ini direncanakan sebagai daya tarik unggulan di wilayah Pacitan sebelah timur agar dapat bersaing dengan kawasan pantai di sebelah barat Pacitan. Namun dalam perkembangannya pantai ini kurang menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke pantai ini.

Pantai Taman Pacitan terletak di desa Hadiwarno, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Daya tarik utama pantai ini adalah flying fox terpanjang di Indonesia, resto apung, dan konservasi penyu.

Gerbang Masuk Pantai Taman Pacitan

Lokasi Pantai Taman Pacitan berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) yang menghubungkan antara kabupaten Pacitan dengan kabupaten Trenggalek. Letaknya berada di sebelah barat Pantai Bawur yang telah dijadikan sebagai PLTU dan beberapa menit ke arah timur dari kawasan Pantai Soge. Akses menuju Pantai Taman Pacitan dari pusat kota Pacitan ke arah timur melalui Jalur Lintas Selatan (JLS) hingga kecamatan Ngadirojo. Selanjutnya cari papan petunjuk arah menuju Pantai Taman Pacitan di tepi jalan hingga tiba di lokasi.

Pemandangan Pantai Taman Pacitan Sisi Timur

Akses jalan menuju ke Pantai Taman Pacitan melewati gang jalan perkampungan penduduk dan kondisinya belum diaspal. Namun pengunjung tidak kesulitan melalui jalan tersebut karena akses jalan cukup lebar dan kondisi jalan berbatu telah dipadatkan. Sebelum memasuki Pantai Taman Pacitan, pengunjung dikenakan retribusi masuk di gerbang masuk yang dijaga oleh petugas. Fasilitas pendukung wisata sebenarnya cukup lengkap mulai dari musholla, kamar mandi umum, area parkir, taman, dan sebagainya. Namun sebagian kondisinya kurang terawat dan tidak dikelola dengan baik.

Pemandangan Pantai Taman Pacitan Sisi Barat

Kesan pertama mengenai Pantai Taman Pacitan adalah pantai yang luas memanjang dari ujung sisi sebelah timur hingga sisi sebelah barat. Pasir pantai berwarna putih khas kawasan pantai di pesisir selatan Pulau Jawa. Pemandangan Pantai Taman Pacitan terkesan datar karena tidak ada pemandangan lain selain hamparan pasir pantai yang luas. Tanaman khas tepi pantai yang ditanaman sepertinya kurang mampu menambah keindahan pantai.

Pada musim-musim tertentu di kawasan Pantai Taman Pacitan dilakukan pelepasan anak penyu ke tepi pantai. Namun tidak diketahui kapan kegiatan tersebut dilaksanakan. Saat saya menanyakan informasi pelepasan anak penyu kepada petugas jaga, mereka kurang begitu paham kapan kegiatan tersebut dilaksanakan.

Wahana flying fox terpanjang di Indonesia diresmikan oleh Bupati Pacitan pada tanggal 9 september 2013. Wahana ini meluncur di atas Tempat Konservasi Penyu kawasan Pantai Taman Pacitan. Flying Fox ini memiliki panjang sekitar 415 meter, ketinggian 74 meter, kekuatan teknik 2.5 ton, kecepatan luncur 50km, dan waktu yang tempuh 30 detik. Wahana flying fox dilengkapi dua jalur kabel masing-masing berkekuatan 2500 kg.

Fasilitas Pendukung Wisata Di Pantai Taman Pacitan

Wahana flying fox terpanjang di Indonesia yang baru saja diresmikan di kawasan Pantai Taman Pacitan sepertinya belum mampu mengangkat pariwisata di pantai tersebut. Wisatawan yang penasaran dengan wahana flying fox tersebut hanya sekedar melihat tanpa menaikinya kemudian meninggalkan lokasi. Selain itu ketiadaan petugas di area flying fox pada hari-hari biasa membuat wisatawan mengurungkan minat untuk mencobanya.

Daya tarik pantai yang luas, konservasi dan pelepasan penyu, serta flying fox terpanjang di Indonesia seakan belum mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Taman Pacitan ini. Saat ini wisatawan yang berwisata di sekitar Pacitan lebih memilih obyek wisata pantai dengan keindahan alam yang unik seperti Pantai Klayar dan Pantai Srau. Sebagian besar wisatawan beranggapan bahwa pantai landai dan luas kurang begitu menarik karena banyak daerah memiliki daya tarik wisata pantai serupa. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Taman Pacitan
Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : Rp 5.000,-/orang

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Warna langitmu kok rodo aneh No (malah komentar langit, bukan pantainya karena aku nggak ngelihat foto flying fox atau penyunya) :D

    • admin:

      efek colorcast filter kamera mas bro..xixixi

  2. Halim:

    Foto flying fox e nggak ada, No? Jebulnya ya Pacitan punya pantai-pantai lain selain Srawu, Klayar hahaha. Siplah kudu dijelajahi satu-persatu :-D

    • admin:

      Hi Halim,
      Pas itu ga ada yg nyewa, jadi ga kliatan klo ada flying fox hihi..jadinya foto ga diupload :p

Kirim pendapat