Pantai Sundak Gunungkidul, Mitos Asu Landak Dan Pantai Berpasir Putih

Pantai Sundak Gunungkidul, Mitos Asu Landak Dan Pantai Berpasir Putih
3.8 (75.56%) 9 votes

Pantai Sundak merupakan salah satu kawasan pantai yang telah lama dibuka menjadi obyek wisata di wilayah Gunungkidul. Pantai ini telah mengalami pertumbuhan yang cukup pesat dan beberapa area pantainya terpecah menjadi kawasan wisata pantai baru yang berdiri sendiri. Saat ini Pantai Sundak Gunungkidul masih ramai dikunjungi wisatawan karena pesona alamnya yang cukup menarik dan kondisinya masih cukup alami.

Pantai Sundak terletak di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Berada di jajaran pantai selatan berderet dengan Pantai Kukup, Krakal, Drini, Sepanjang, dan Pantai Baron.

Rerimbunan Pohon Cemara Udang Di Pantai Sundak Gunungkidul

Lokasi Pantai Sundak Gunungkidul berada di jalur wisata Pantai Baron, Kukup, Krakal, dan Pulang Syawal (Indrayanti). Letak pantai ini berada sejauh 3 (tiga) kilometer ke arah timur dari Pantai Kukup atau beberapa ratus meter ke arah barat dari Pantai Pulang Syawal. Cukup mudah menemukan kawasan Pantai Sundak karena keberadaannya sudah lama dibuka sebagai obyek wisata bahkan sebelum pantai-pantai yang ada disekitarnya dibuka menjadi kawasan wisata. Area parkir Pantai Sundak cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan besar seperti bus pariwisata. Petugas parkir pantai ini cukup sigap dalam mengatur parkir kendaraan agar tertata rapi dan tidak menganggu lalu lintas.

Kondisi Warung Makan Di Tepi Pantai Sundak Gunungkidul

Saat ini kawasan Pantai Sundak Gunungkidul hanya tersisa dua bagian yaitu Pantai Sundak Timur dan Pantai Sundak Barat. Kedua sisi kawasan pantai tersebut tidak dipisahkan oleh bukit melainkan oleh sungai kecil yang telah mengering. Wisatawan hanya mengenal keduanya dengan nama Pantai Sundak saja tanpa menbedakan sisi barat dan timur. Beberapa bagian kawasan pantainya telah memisahkan diri dan menggunakan nama pantai baru. Sebut saja pantai-pantai yang dahulu berada dalam kawasan Pantai Sundak antara lain Pantai Ngandong, Pantai Somandeng, Pantai Pulang Syawal (Indrayanti), dan Pantai Trenggole.

Asal-Usul nama Sundak merupakan perpaduan nama antara ASU dan LANDAK. Bermula dari pertarungan antara ASU (anjing) dan Landak. Pergelutan yang meninggalkan jejak bagi penduduk sekitar akan adanya sebuah gua dengan sumber air tawar di dalamnya.

Gasebo Warung Makan Di Pantai Sundak Gunungkidul

Berjalan dari area parkir Pantai Sundak Gunungkidul, pengunjung disambut rerimbunan pohon cemara udang yang tumbuh cukup tinggi dan beberapa diantaranya tumbuh dengan lebat. Suasana menjadi terasa sejuk karena terlindung dari sengatan sinar matahari. Kondisinya disekitarnya terlihat bersih karena disediakan bak sampah dan kadang dibersihkan secara sukarela oleh para pemilik warung yang berada di sekitar area tersebut.  Sepertinya para pedagang atau pelaku wisata di sekitar kawasan Pantai Sundak telah dididik untuk sadar wisata agar wisatawan betah berkunjung ke pantai ini.

Warung-warung yang berdiri di sekitar kawasan Pantai Sundak Gunungkidul cukup tertata dengan baik dan tidak terlalu menjorok ke arah pantai. Bangunan warung tersebut merupakan bangunan semi permanen yang menggunakan bahan utama kayu dan atap dari jemari daun pandan laut yang telah dikeringkan. Pembangunan warung tersebut ramah lingkungan dan sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Selain itu beberapa gasebo yang dibangun di tepi pantai juga menggunakan bahan yang hampir sama dengan desain yang lebih menarik.

Tebing Sisi Timur Pantai Sundak Gunungkidul

Kondisi garis Pantai Sundak Gunungkidul hampir sama dengan pantai-pantai yang ada didekatnya. Pantai Sundak merupakan pantai landai berpasir putih dengan tumbuhan liar khas pantai selatan pulau Jawa. Keberadaan tumbuhan liar masih tersisa sedikit pada tebing-tebing bukit yang mengapit kawasan Pantai Sundak. Saat kondisi pantai sedang surut, tampak dasar laut berupa karang yang memanjang sejauh 100 meter ke arah tengah laut. Tampak rongga-rongga karang yang dipenuhi ganggang dan lumut laut yang cukup lebat. Sesekali terlihat ikan-ikan kecil yang tersangkut dalam rongga-rongga karang  di dalam genangan air laut. Dasar laut yang berupa batuan karang ini memanjang sejauh 30 meter dan menjadi tempat tinggal biota laut. Cukup banyak wisatawan yang tertarik melihatnya disamping harus berhati-hati menginjakkan kaki karena beberapa karang cukup tajam dan dapat melukai kaki.

Laut Dan Dasar Karang Pantai Sundak Gunungkidul

Sambil berkeliling Pantai Sundak, nampaknya kami tidak menemukan sumber mata air tawar yang terdapat di salah satu tebing karang. Keberadaannya yang tidak terdapat papan petunjuk, ramainya pengunjung serta hanya terlihat diwaktu surut menjadi alasan alasan mengapa kami tidak menemukannya. Mungkin dilain waktu kami akan mencoba menelusurinya saat pantai surut dan bukan musim liburan.

Pemandangan Sisi Barat Pantai Sundak Gunungkidul

Pemandangan Pantai Sundak yang mirip dengan pantai Kukup membuat sebagian orang lebih memilih ke pantai ini karena lebih luas dan fasilitas cukup memadai. Pasir pantai yang berwana putih dan tepian laut berupa batuan karang yang dipenuhi lumut dan ganggang menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini. Sebenarnya daya tarik wisata Pantai Sundak tidak kalah dibandingkan dengan Pantai Pulang Syawal yang sekarang terkenal dengan nama Pantai Indrayanti, hanya saja pantai ini kalah dalam hal promosi dan pemasaran. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Sundak
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 10.000,-/orang (tiket terusan)
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

PETA

Ada 13 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Indra Mahardika:

    Saya pernah main ke pantai Sundak sama teman-teman sekelas saya SMA setelah Ujian Nasional. Menyenangkan sekali ! Apalagi waktu itu hari kerja, jadi tidak ada siapa-siapa di pantai. Benar-benar masa yang menyenangkan.

    Semoga Sundak tetap indah dan makin terkenal.

  2. ngodod:

    aku ra seneng pante iki. pas rono pas ra duwe pacar, dadi ra asik. *ngisruh*

  3. Hasan:

    Wah, saya blm pernah ke sana. Pengen jejal. ketoke pantene asik.

  4. arifudin:

    kapan aku dijak mrunu :D

  5. Nuno:

    yang asli Bantul aja malah belum pernah sampai situ, malah jadi tertarik pingin ke situ

    • Nuno:

      liwate ngendi mas nek arep neng sundak?
      aku wong mBantul je

  6. Doni Punya Blog:

    Kpan2 nyoba deh kesini..

  7. jarwadi:

    kamu masuk pantai sundak dari pintu masuk mana mas?

  8. Zippy:

    Yah, belum pernah kesana.
    Perhaps next time deh :D
    Keren ya pantainya.
    Lihat foto pertama ngiler :D

  9. aming:

    masih asli sepertinya…
    tapi sayang jauh amat yak…

    • admin:

      Hi Aming,
      Kalau dari Jogja juga lumayan sekitar 2 jaman

  10. era yasin:

    Kenangan hunting foto di sundak, pantai jogan waktu itu msh sepi, smp naik bukit…… msh nyimpen foto2nya ga anno?

    • admin:

      Hi Era Yasin,
      Masih tersimpan rapi foto-fotonya :-)

Kirim pendapat