Pantai Soge Pacitan, Pemandangan Pantai dari Tepi Jalur Lintas Selatan

Pantai Soge merupakan kawasan pantai yang berada di tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa wilayah kabupaten Pacitan. Pengguna jalan yang pernah melintasi jalur tersebut pasti sudah mengenal dan hafal kawasan pantai ini. Pantai yang landai dan berpasir putih ini cukup memberikan daya tarik bagi siapa saja yang melihat pemandangannya. Tidak sedikit wisatawan atau penggunakan jalan menghentikan kendaraannya untuk mengabadikan pemandangan Pantai Soge.

Pantai Soge terletak di desa Sidomulyo, kecamatan Ngadirojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Soge Pacitan Dari Tepi JLS Pulau Jawa

Lokasi Pantai Soge barada di sebelah timur dari pusat kota Pacitan. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Pacitan ke arah timur melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Ikuti jalan tersebut hingga melewati kecamatan Tulakan dan menuju kecamatan Ngadirojo. Letak pantai ini sejalur dengan Pantai Taman dan Pantai Tawang Pacitan. Hal yang menarik Sebelum memasuki kawasan Pantai Soge adalah pengunjung akan melewati jalan raya yang membelah kawasan perbukitan kapur. Perbukitan kapur tersebut dibelah dan dipangkas agar dapat dilalui kendaraan. Setelah melewati kawasan perbukitan kapur, pemandangan pantai tersebut mulai terlihat jelas dari tengah jalan dan tidak terhalang apapun. Pengunjung dapat menuju ke pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan tujuan Pacitan-Trenggalek.

Tanaman Liar Di Sekitar Pantai Soge Pacitan

Pantai Soge Pacitan memiliki cirikhas utama sebagai pantai landai yang berpasir putih. Hamparan pasir pantai memanjang dari sisi barat pantai hingga muara Sungai Soge dan Jembatan Soge di sisi timur. Garis pantainya cukup panjang dan memiliki kemiripan dengan Pantai Taman yang ada disebelah timurnya. Beberapa jenis tanaman liar tumbuh subur di tepi pantai.

Pemandangan Pantai Soge Pacitan

Danau kecil yang terbentuk di sisi timur Pantai Soge Pacitan menambah daya tarik pantai tersebut. Pemandangan danau ini dari tepi jalan sedikit terhalang oleh rerimbunan pohon kelapa yang tumbuh lepat di tepi pantai. Secara geografis, danau ini terbentuk akibat gundukan pasir yang menghalangi aliran air laut saat gelombang sedang surut dan sebagai ujung muara Sungai Soge. Tidak heran bila danau berair payau hasil campuran air tawar dan air laut ini menarik digunakan sebagai lokasi bermain air yang aman bagi para wisatawan. Danau yang bentuknya memanjang ini mulai dikembangkan menjadi wisata atraksi air seperti perahu wisata keliling dan permainan speed boat.

Lalu Lintas di Jembatan Soge

Pemandangan Pantai Soge Pacitan memang menarik dan tidak kalah denga wisata pantai berpasir putih yang landai seperti Pantai Teleng Ria dan Pantai Pancer Pacitan. Hanya saja sebagian besar pengunjung lebih memilih menikmati pemandangan pantai ini dari tepi Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa dan tidak memasuki kawasan wisata pantai tersebut. Rata-rata mereka hanya berhenti sebentar untuk berfoto dan menikmati pemandangan sejenak kemudian meneruskan perjalanan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Pantai Nglegundi Wediombo, Pantai Berbatu Yang Terlihat Saat Ombak Surut
INFORMASI
Pantai Soge
Desa Sidomulyo, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. bersapedahan:

    lokasinya tepat disisi jalan …
    ada rencana untuk jalan2 ke pacitan …
    pantai2nya keren2

    • admin:

      Hi Bersapedahan,
      Silakan dan hati-hati di jalan ya :-)

  2. binta:

    pantainya biasa, tapi ada spot menarik di sekitaran jembatan biru. Tepatnya di kebun kelapa, suasana teduh menghadap muara.

    • admin:

      Hi Binta,
      Terima kasih atas pendapatnya mengenai Pantai Soge, Selamat berwisata :-)

  3. nbsusanto:

    pantai soge dinikmati sambil melintas pelan apik kok.. mau dari timur atau barat sama apiknya.. istirahat sebentar foto-foto sudah cukup menyenangkan.. :D

Kirim pendapat