Pantai Slili Gunungkidul, Pantai Kecil Di Sisi Timur Pantai Krakal

Pantai Slili merupakan kawasan pantai kecil yag berada di sebelah timur kawasan pantai Krakal Gunungkidul. Pada awalnya kawasan pantai ini menjadi satu wilayah dengan Pantai Krakal. Pengembangan kawasan Pantai Krakal membuat pantai ini memisahkan diri dan dikelola sendiri oleh masyarakat. Pantai ini memiliki ciri khas sebagai pantai landai berpasir putih yang diapit dua buah bukit karang dikedua sisinya.

Pantai Slili terletak di desa Ngestirejo, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Slili Gunungkidul

Lokasi Pantai Slili mudah di temui karena tepat berada di sebelah timur pantai Krakal Gunungkidul. Namun sempitnya area pantai membuat banyak orang mengira pantai ini masih termasuk kawasan Pantai Krakal. Hal tersebut tidak salah karena dulunya memang satu kawasan dengan Pantai Krakal. Selain itu tidak ada cirikhas yang membedakan antara Pantai Slili dengan Pantai Krakal dimana keduanya memiliki bentuk pantai dan pasir pantai yang sama karena bersebelahan. Batasan antara keduanya pun tidak tampak karena warung-warung penjual makanan dan minuman berdiri berdampingan tanpa ada jeda di tepi jalan diantara kedua pantai tersebut.

Pantai Slili Gunungkidul memiliki kontur pantai landai berpasir putih dengan sedikit batu karang kecil ditepi laut yang terlihat saat ombak sedang surut. Pada bagian tepi pantai dibangun tanggul untuk menahan terjangan air laut pasang yang kadang tiba hingga tepi jalan. Bila ombak atau air laut sedang pasang, kawasan pantai ini tenggelam oleh air laut dan tidak dapat dinikmati. Area disekitar tanggul ditanami pohon cemara udang agar terasa lebih teduh dan terhindar dari sengatan sinar matahari. Ukuran pantai ini terbilang cukup sempit dan diapit dua buah bukit atau semenanjung yang menjorok ke tengah laut. Beberapa cerita masyarakat mengatakan bahwa di salah satu bukit Pantai Slili terdapat lubang goa yang dapat dimasuki ketika air laut sedang surut. Bagi masyarakat sekitar, goa tersebut keramat dan hanya orang-orang tertentu yang boleh memasukinya. Pada bulan-bulan tertentu dilakukan ritual sedekat laut dan memohon keselamatan warga yang ada disekitar Pantai Slili tersebut.

Baca Juga  Pasar Keroncong Kotagede 2015, Festival Keroncong Pertama Di Yogyakarta

Suasana Pantai Slili Gunungkidul yang terasa teduh menjadi daya tarik utama dan keunggulan dibandingkan dengan pantai Krakal. Selain itu upacara adat yang menjadi tradisi tahunan menjadi daya tarik utama pantai ini yang seharusnya menjadi perhatian pemerintah. Hal yang perlu menjadi perhatian adalah akses jalan yang masih rusak dan belum adanya papan nama pantai. Semoga menjadi catatan agar pemerintah segera merespon dan memperhatikan kawasan pantai-pantai baru yang dibuka menjadi kawasan wisata. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Slili
Desa Ngestirejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk: *tiket terusan*
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Kirim pendapat