Keindahan Pantai Siung

Keindahan Pantai Siung
Rate this post

Pesona pantai-pantai yang terletak di sebelah selatan kabupaten Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Kami mencoba menyambangi beberapa pantai yang terdapat di pesisir selatan Gunungkidul salah satunya pantai Siung.

Pantai Siung terletak di Dusun Duwet, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Pantai ini dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi yang cocok digunakan untuk kegiatan panjat tebing.

Perjalanan selama satu setengah jam terasa cepat tak kala kendaraan yang kami tumpangi melewati pos retribusi masuk kawasan pantai di Gunungkidul. Memasuki area Pantai Siung, kami mendapati suasana pantai yang berbeda dan terasa lain ketika kami menyambangi pantai lain di Gunungkidul. Itulah keunikan pantai di pesisir selatan Gunungkidul yang memiliki ciri khas dan daya tarik sendiri-sendiri.

Suasana terlihat tenang dan damai, maklum pantai ini bukan merupakan daya tarik utama kabupaten Gunungkidul seperti pantai Baron dan pantai Kukup. Dengan intensitas kunjungan wisatawan yang masih sedikit, pantai ini memang cocok digunakan untuk bersantai sambil menikmati deburan ombak khas pantai selatan pulau Jawa.

Pantai Siung termasuk jajaran pantai yang bertekstur pasir putih yang dibatasi oleh dinding karang yang tinggi.

Beberapa saat kami duduk di rerimbunan pohon yang cukup banyak tersebar di tepian pantai sambil menikmati kesegaran angin laut. Puas menikmati keindahan pantai, akhirnya kami mencoba menjelajahi tepian pantai Siung untuk menaiki sebuah bukit yang terletak dibagian timur.

Perjalanan menaiki bukit cukup singkat karena jalur mendaki sudah diatur sedemikian rupa sehingga memudahkan wisatawan naik sampai puncak. Walaupun tetap saja adrenalin kami memuncak saat mendaki di tebing yang disebelahnya berupa jurang yang curam dan terjal.

Ketika tiba di puncak bukit, terlihat sangat indah pemandangan pantai Siung dari atas. kami pun dapat menikmati luasnya lautan tanpa ada dinding yang menghalangi. Dari puncak bukit ini memang cukup indah untuk menikmati pesona matahari terbit ataupun matahari terbenam, namun kami masih harus melanjutkan perjalanan ke pantai lain. Mungkin lain waktu kami mencoba berburu sunset dan sunrise di pantai Siung ini.

Rute Pantai Siung

Dari Yogyakarta – Jalan Wonosari – Bukit Patuk – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – Arah Pantai Siung – Setelah Gapura Masuk Pantai Siung – Lurus Sampai Ujung – Tiba di Pantai Siung


Peta Pantai Siung

Ada 6 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Wandi Sukoharjo:

    Waw, uwapik banget…. Sulit nggak nyampek puncaknya mas?

  2. jarwadi:

    “Pesona pantai-pantai yang terletak di sebelah selatan kabupaten Gunungkidul memang tidak ada habisnya”

    Pasti!

  3. Frenavit:

    Waw.. keren pantainya, BTW kayaknya ombaknya ndak terlalu besar ya? kan kalo di deretan pantai selatan ombaknya besar.. bener ndak sih ini di deretan pantai selatan??

  4. jensen99:

    Hmm…. saya lebih suka pemandangan ke arah pantai daripada pantainya sendiri… :D
    *merhatin foto2*

  5. mursid:

    dolan teruuus..ehhehew

  6. Anie:

    kayaknya pantainya cukup bagus. ¬†tolong dong dikasih map (google map) panduan menuju pantai ini. secara jalan menuju pantai dikawasan gunung kidul tdk ada petunjuk jalan yg jelas, sehingga musti tanya penduduk setempat beberapa kali. alangkah baiknya jika tema touring juga menyarakan kepada pemerintah jateng/ DIY untuk memfasilitasi jalan menuju pantai2 dikawasan gunung kidul. sehingga akan byk wisatawan yg datang. sekarang ini jalan menuju kawasan gunung kidul spt off road…cape dech..! bagaimana mau berkembang wisatanya kalo jalannya saja tidak memadai, minus petunjuk jalan, dll….harus banyak belajar dari bali.¬†

Kirim pendapat