Pantai Sindhu, Pantai Sepi dan Nyaman Di Dekat Sanur

Pantai Sindhu, Pantai Sepi dan Nyaman Di Dekat Sanur
3 (60%) 1 vote

Pantai Sindhu merupakan salah satu jajaran pantai yang berada diantara Pantai Sanur dan Pantai Padanggalak. Keberadaannya jarang dikunjungi oleh wisatawan nusantara dan lebih banyak disinggahi oleh wisatawan mancanegara. Tidak heran bila banyak wisatawan nusantara yang tidak mengetahui pantai ini dan hanya mengenal Pantai Sanur yang ada di dekatnya.

Pantai Sindhu merupakan pantai yang berada di sisi timur Denpasar, tepatnya berada di Jalan Pantai Sindhu, Dusun Sindhu, Kelurahan Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, Kotamadya Denpasar.

Pintu Masuk Pantai Sindhu

Akses menuju ke Pantai Sindhu cukup mudah karena berada di sebelah selatan dari Pantai Sanur. Perjalanan hanya ditempuh kurang dari lima menit dengan menggunakan sepeda atau kendaraan bermotor dari Pantai Sanur. Memasuki Jalan Pantai Sindhu, terdapat pos retribusi yang dikelola oleh pemerintah desa setempat. Retribusi pun cukup murah hanya sebagai bea parkir kendaraan saja.

Kendaraan yang saya bawa hingga ujung jalan dan parkir di area yang telah disediakan. Area parkir yang sempit terlihat hampir penuh oleh kendaraan yang didominasi sepeda motor. Meskipun tidak ada petugas parkir, kondisi area parkir tersebut terlihat rapi dan tertata dengan baik. Di sekeliling area parkir terdapat beberapa kios yang menjual souvenir khas Bali.

Asal usul nama Pantai Sindhu berasal dari lokasi pantai tersebut yang berada di Desa Sindhu. Pemberian nama Pantai Sindhu dimaksudkan untuk memudahkan pengunjung untuk mengingat pantai tersebut. Tidak heran bila jalan menuju ke pantai Sindhu juga diberinama Jalan Pantai Sindhu.

Suasana Pantai Sindhu

Berjalan ke arah tepi Pantai Sindhu, di sebelah kiri dan kanan pantai terdapat hotel dan resort yang menghadap ke arah pantai. Hotel dan resort yang tampak mewah tersebut lebih ditujukan untuk wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan nusantara. Sepertinya daya tarik Pantai Sindhu telah dilirik cukup lama oleh investor tidak terkecuali di jajaran pantai berpasir dan landai yang memanjang dari Sanur hingga Padanggalak.

Kondisi pasir Pantai Sindhu berwarna putih sama seperti kondisi Pantai Sanur. Tidak ada perbedaan yang cukup mencolok atara kedua pantai yang lokasinya berdekatan tersebut. Hal yang sedikit membedakan adalah di Pantai Sindhu tidak terdapat pelabuhan kapal cepat seperti di Pantai Sanur. Selain itu karang yang menjorok ke laut di Pantai Sindhu hanya terdapat satu buah tanpa adanya gasebo di bagian ujungnya.

Aktivitas yang banyak dilakukan wisatawan di Pantai Sindhu adalah berenang, memancing, bersantai, dan berjemur.

Karang Pantai Sindhu

Terlepas dari semua hal yang ada, suasana Pantai Sindhu terkesan jauh lebih sepi dibandingkan Pantai Sanur. Suasana pantai yang sepi sepertinya menjadi daya tarik wisatawan mancanegara yang ingin bersantai sambil menikmati keindahan pantai. Tidak seperti suasana Pantai Sanur yang ramai pengunjung dan sedikit mengurangi kenyamanan bagi sebagian orang.

Beberapa warung yang berdiri di tepi Pantai Sindhu menawarkan minuman kelapa muda dan beberapa jenis minuman ringan. Harga yang ditawarkan cukup murah dibandingkan menikmati minuman di cafe atau restoran. Disediakan pula tempat duduk di bawah pohon yang rindang dan terlindung dari sinar matahari. Suasana sejuk di bawah pohon rindang membuat wisatawan betah berlama-lama sambil menikmati minuman yang mereka pesan.

Annosmile In Pantai Sindhu

Kebersihan Pantai Sindhu selalu terjaga karena secara rutin masyarakat membersihkan kawasan pantai dibantu pengelola hotel dan resort. Hal ini dimaksudkan agar wisatawan nyaman dan berkesan saat berada di kawasan pantai ini. Di beberapa sudut pantai juga telah disediakan tong-tong pembuangan sampah. Masyarakat sekitar juga berharap pengunjung Pantai Sindhu ikut menjaga kebersihan lingkungan.

Secara keseluruhan daya tarik Pantai Sindhu yang miliki kemiripan dengan Pantai Sanur menjadi magnet tersendiri bagi sebagian wisatawan khususnya wisatawan mancanegara. Kondisi pantai yang sepi dan tenang cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dan berlama-lama berada di pantai. Bila jenuh dengan suasana pantai yang ramai oleh wisatawan cobalah berkunjung ke Pantai Sindhu. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Dari parkiran pantai Sanur kalau nyusuri trotoarnya nanti kan bakal ketemu sama kompleks hotel-hotel. Ini pantainya deket situ kah? Nek aku ke pantai mesti lewat hotel agak sungkan je…

    • admin:

      cuek saja hehe..menyusuri jalan kecil depan hotel bisa..atau memutar lewat jalan yang bisa dilalui mobil

  2. Idah Ceris:

    Ya kalau ada waktu ke Bali, saya mau mampir ke Sindhu. bersih memang. . .

  3. Sang Nanang:

    beberapa tahun silam pernah nginap di Wredapura, tepian Sanur yang tidak jauh dari pantai Sindu tersebut

Kirim pendapat