Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul
3.5 (70%) 2 votes

Pantai Sinden merupakan kawasan pantai tebing yang berada di sebelah timur Pantai Greweng Gunungkidul. Pantai ini memiliki cirikhas dimana terdapat pulau kecil yang tidak berpenghuni dan diberinama Pulau Kalong (Pulau Gelatik). Pengunjung pantai ini sebagian besar orang yang akan memancing di tebing karang dan para pencari lobster.

Pantai Sinden dan Pulau Kalong (Pulau Gelatik) terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Pantai Sinden Dan Pulau Kalong Gunungkidul

Lokasi Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul berada diantara dua pantai berpasir putih yaitu Pantai Greweng dan Pantai Sedahan. Akses menuju pantai ini ada dua cara, pertama melalui tebing sebelah timur Pantai Greweng dan cara kedua melalui tebing sebelah barat Pantai Sedahan.

Pantai Sinden Gunungkidul memiliki karakteristik sebagai pantai tebing karang dan tidak terdapat area pantai yang landai. Gulungan ombak terlihat ganas menghujam dasar tebing karang. Hal tersebut menimbulkan bunyi dentuman-dentuman.

Deburan Ombak Di Pantai Sinden Gunungkidul

Pulau Kalong atau ada yang menyebutnya Pulau Gelatik merupakan nama pulau kecil yang terdapat di kawasan Pantai Sinden Gunungkidul. Ukuran pantai ini terlihat lebih luas dibandingkan Pulau Panjang di Pantai Timang. Sesuai namanya pulau ini menjadi tempat tinggal ribuan kelelawar liar (kalong) dan kadang menjadi tempat tinggal bagi burung Gelatik. Pulau ini dipisahkan oleh laut dalam dan jarak antara pulau ini dengan kawasan pantai sekitar 30 meter.

Masyarakat setempat membangun kereta gantung untuk menghubungkan kawasan Pantai Sinden dengan Pulau Kalong. Kereta gantung yang dibangun cukup sederhana dan sama seperti kereta gantung penghubung Pantai Timang dengan Pulau Panjang. Kondisi kereta gantung terlihat seadanya dan wisatawan dilarang untuk menaikinya karena cukup berbahaya. Pengunjung sementara ini hanya dapat melihat pemandangan dan kondisi Pulau Kalong dari tepi tebing Pantai Sinden saja.

Kereta Gantung Di Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul

Pantai Sinden dan Pulau Kalong Gunungkidul sepertinya kurang menarik digunakan sebagai tempat wisata karena kawasannya cukup sempit dan tidak terdapat area pantai yang landai. Rata-rata pengunjung yang datang ke tempat ini sebagai jalan pintas menuju Pantai Sedahan yang berada di sebelah timurnya. Wisatawan lebih diarahkan menuju Pantai Greweng yang ada disebelah baratnya atau Pantai Sedahan yang ada di sebelah timurnya. Bagi wisatawan yang penasaran dengan pantai ini diharapkan berhati-hati dalam menyusuri jalan setapak karena kondisinya cukup sempit dan medannya sedikit terjal. (text/foto: annosmile)

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Inggit (lajurpejalan.com):

    Wah wajib visit nih, pantai di jogja emang keren2 ya.

    • admin:

      Hi Inggit, silakan kunjungi pantai-pantai di sekitar Jogja :-)

  2. angkisland:

    sekarang ada jembatan ya mas mantap…

    • admin:

      Hi angkisland,
      Sudah pernah nyoba jembatannya mas??

Kirim pendapat