Catatan Perjalanan Ke Pantai Seseh

Rate this post

Nama Pantai Seseh mungkin terdengar asing bagi wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Bali atau orang yang jarang berkeliling kawasan pantai di Bali. Keberadaannya memang bukan sebagai destinasi utama wisata di Pulau Bali dan masih tergolong pantai yang alami. Namun beberapa informasi menyebutkan bahwa di Pantai Seseh ini cukup menarik digunakan sebagai wisata pantai yang sepi dan dapat digunakan untuk menikmati peosona matahari terbenam.

Pantai Seseh terletak di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung. Pantai Seseh merupakan pantai alami berpasir kehitaman yang landai dengan sedikit karang dan cocok digunakan untuk olahraga surfing.

Persawahan Munggu

Waktu tempuh menuju ke Pantai Seseh sekitar satu hingga satu setengah jam dari kota Denpasar dengan menggunakan kendaraan pribadi. Rute perjalanan menuju Pantai Seseh hampir sama dengan rute menuju Pantai dan Pura Tanah Lot. Perbedaannya perjalanan menuju ke Pantai Seseh hanya sekitar setengah perjalanan dari kota Denpasar. Meskipun jaraknya cukup dekat masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan Pantai Seseh ini.

Sepanjang perjalanan menuju ke Pantai Seseh, saya melihat beberapa pemandangan menarik. Salah satu pemandangan yang cukup menonjol adalah persawahan dengan terasering yang cukup indah dan menarik. Bila diperhatikan dengan seksama pemandangan persawahan di daerah Munggu ini tidak kalah dengan persawahan di daerah Ubud. Beberapa burung bangau tampak beterbangan mengelilingi area persawahan.

Pengunjung Pantai Seseh

Sedikit disayangkan, disekitar area persawahan ini telah berdiri beberapa bangunan seperti pertokoan dan perumahan. Beberapa informasi menyebutkan bahwa alih fungsi lahan memang menjadi masalah utama di kawasan Pulau Bali khususnya wilayah selatan. Untung saja pemerintah setempat bertindak cepat dengan melarang alih fungsi kawasan persawahan di daerah Munggu. Bila terlambat, persawahan yang saya lihat ini telah berubah menjadi kawasan pemukiman atau mungkin menjadi sebuah resort.

Tidak lama kemudian akhirnya saya tiba di kawasan Pantai Seseh. Seorang petugas jaga berpakaian adat Bali menarik retribusi masuk Pantai Seseh. Retribusi masuk tersebut dihitung per orang tanpa adanya retribusi lain semacam retribusi motor, parkir motor, asuransi dan lain-lain. Retribusi tersebut merupakan retribusi resmi yang nantinya digunakan untuk pengelolaan desa setempat dan tidak digunakan untuk kepentingan pribadi.

Sisi Barat Pantai Seseh

Saya memilih memarkir sepeda motor di salah satu sudut Pantai Seseh kemudian berjalan keliling pantai. Suasana Pantai Seseh ini tampak sepi dan tidak seramai pantai-pantai yang memanjang dari Jimbaran hingga Seminyak. Tampak pengunjung Pantai Seseh didominasi oleh warga masyarakat daripada wisatawan. Sepertinya mereka lebih memilih pantai dengan suasana sepi dan jauh dari keramaian. Alasan lain yang mungkin adalah lokasi Pantai Seseh lebih cepat ditempuh dari rumah mereka dibandingkan harus melewati kemacetan saat menuju ke Pantai Kuta dan sekitarnya.

Beberapa wisatawan mancanegara yang jumlahnya beberapa orang tampaknya juga memilih Pantai Seseh sebagai tempat berlatih surfing karena lebih sepi dan kondisi pantai mirip seperti Pantai Kuta, Legian, Seminyak, Jimbaran, dan jajaran pantai lain di Bali yang cocok buat olahraga surfing.

Batuan Karang Di Pantai Seseh

Pemandangan ke arah timur adalah hamparan pasir Pantai Seseh yang luas dan memanjang. Kawasan tersebut menjadi favorit pengunjung untuk bersantai atau lari-lari sore di tepi pantai. Sisi sebelah barat nampaknya lebih sepi karena ada penghalang berupa muara sungai yang sulit dilewati. Diseberang muara sungai tampak beberapa buah perahu nelayan yang bersandar diatas pasir. Sepertinya kawasan sisi barat Pantai Seseh merupakan pemukiman nelayan.

Saat ini kawasan Pantai Seseh telah dibangun beberapa fasilitas pendukung wisata seperti restoran, cafe, villa, dan resort meskipun jumlahnya masih sedikit. Pembangunannya tertata rapi dan tidak merusak lingkungan pantai. Bila ingin menikmati pemandangan matahari terbenam (sunset) di Pulau Bali namun jenuh dengan keramaian pantai, mungkin Pantai Seseh dapat menjadi salah satu bahan pertimbangan. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Andy mardi hidayat:

    Jajalin tanjung pinang kepri gan ….

  2. EventJogja:

    iya nih baru denger pantai seseh, dan saya termasuk lebih suka pantai yg masih sepi walau fasilitas apa adanya karna bisa wisata dan istirahat lebih tenang hehehe, kecuali klo wisata rame2 rombongan :D

  3. Indra Kusuma Sejati:

    Ternyata pantai seseh itu indah ya gan, sepertinya kapan-kapan saya juga mau coba berkujungi ke pantai ini. Terimakasih atas sharingnya.

Kirim pendapat