Pantai Seruni Gunungkidul, Jangan Tertipu Dengan Daya Tarik Air Terjunnya

Pantai Seruni Gunungkidul merupakan kawasan pantai yang dikembangkan setelah Pantai Pok Tunggal oleh masyarakat sekitar kecamatan Tepus. Pantai ini memiliki daya tarik lain yang jatuhan air dari atas tebing yang mirip seperti air terjun, pantai berpasir putih, dan alternatif tempat yang asyik untuk berkemah. Kondisi pantai ini cukup alami meskipun sudah ada beberapa bangunan warung dan perluasan area parkir.

Pantai Seruni terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Memiliki daya tarik utama berupa pantai berpasir putih dan di tebing sebelah timur terdapat gemericik air membentuk air terjun pada musim penghujan.

Kondisi Jalan Menuju Pantai Seruni Gunungkidul

Rute menuju ke Pantai Seruni Gunungkidul hampir sama dengan rute menuju ke Pantai Pok Tunggal. Perbedaannya saat tiba di persimpangan jalan setelah jalan cor semen habis, untuk menuju ke pantai Seruni mengambil jalan ke arah kiri sedangkan Pantai Pok Tunggal ke arah kanan. Akses menuju Pantai Seruni saat ini mulai mudah ditempuh setelah dilakukan pembukaan akses jalan meskipun masih berupa jalan tanah bercampur batu.

Area Parkir Pantai Seruni Gunungkidul

Beberapa ratus meter sebelum tiba di kawasan Pantai Seruni, terlihat pemandangan lautan dari kejauhan. Pemandangan cukup menarik meskipun kiri kanan jalan terlihat gersang karena pembangunan jalan. perjalanan kami lanjutkan hingga tiba di kawasan parkir pantai Seruni yang baru selesai dibangun.

Asal-usul nama ‘Seruni’ adalah bermakna emas, kurang diketahui apakah kaitan emas dengan keberadaan pantai ini. Namun yang jelas, pantai Seruni merupakan ’emas’ bagi masyarakat sekitar karena menjadi tempat bermatapencaharian utama yaitu berjualan dan mengelola kawasan pantai ini.

Kawasan Pantai Seruni Gunungkidul

Parkir kendaraan roda empat berada disebelah atas sedangkan kendaraan roda dua dapat parkir dibawah dekat kawasan pantai. Beberapa warung gubug sudah mulai dibangun meskipun terkesan kurang tertata dan kurang sedap dilihat. Sepeda motor kami parkir di sebuah gubuk tempat parkir agar terlindungi dari panasnya sinar matahari.

Baca Juga  Pantai Mangetan, Pantai Tapal Batas Jogja-Jateng

Kamipun berjalan menuju area pantai Seruni yang tampak dari cerah pohon pandan laut yang sedang dirapikan oleh salah seorang pengelola kawasan wisata. Kondisi pasir pantai Seruni tampak putih dan bersih karena masih sedikit pengunjung yang datang. Meskipun demikian terdapat pertambahan jumlah pengunjung setiap minggunya karena pantai ini mulai dikenal oleh para wisatawan.

Hamparan Pasir Putih Pantai Seruni Gunungkidul

Pada waktu dan musim tertentu, ombak laut Pantai Seruni terlihat besar dan mencapai sebagian area pasir pantai. Dasar karang pantai yang biasanya terlihat saat ombak sedang tenang atau surut tampak tenggelam oleh gelombang air laut. Pengunjung dilarang berenang di laut ataupun bermain air karena cukup berbahaya. Rata-rata pengunjung yang datang ke Pantai Seruni hanya datang mendekati ombak laut di tepi pantai sebentar sambil berfoto ria.

Tebing Air Terjun Pantai Seruni Gunungkidul Mengering Pada Musim Kemarau

Sedikit informasi kami dapat bahwa tebing karang sisi timur pantai Seruni terdapat jatuhan air dari celah-celah batu yang membentuk air terjun. Beberapa celah batu dipasangkan pipa-pipa pralon untuk kebutuhan air bersih. Air tawar yang keluar dari celah-celah batu tersebut cukup membantu warga yang membutuhkan air bersih. Pada musim kemarau kondisinya tampak mengering dan hanya tampak tetesan air saja. Pemandangan seperti ini tampak tidak menarik dan cenderung mengecewakan. Sepertinya jatuhan air terlihat jelas ketika pertengahan musim penghujan dan sehabis hujan deras saja. Sedikit mngecewakan memang karena berkunjung disaat yang tidak tepat.

Annosmile di Pantai Seruni

Secara umum Pantai Seruni menarik untuk dikunjungi karena suasananya masih alami dan sepi. Kondisi pantai masih lumayan bersih karena minimnya pengunjung menjadikan salah satu pilihan alternatif berwisata di pantai Gunungkidul. Keberadaan air terjun atau lebih tepat disebut gemericik air pada musim penghujan menjadi salah satu pesona lain pantai Seruni.

Baca Juga  Pantai Watu Lunyu, Daya Tarik Pelengkap Ekowisata Pantai Mbangko'an Trenggalek

Fasilitas pantai Seruni belumlah lengkap karena baru saja dibuka menjadi kawasan wisata. Akses jalan yang masih berupa jalan batu bercampur tanah yang dipadatkan masih menjadi hambatan pada sebagian orang. Namun fasilitas umum lain seperti kamar mandi umum, warung makan, dan area parkir sudah mulai tersedia meskipun jumlahnya masih sedikit. Keberadaan fasilitas penunjang tersebut dibangun berkat usaha kelompok sadar wisata yang mengelola potensi desanya yang belum tergarap agar terhindar dari campur tangan pihak asing atau luar yang tidak berpihak ke masyarakat sekitar. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Seruni
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    Karo drini adoh ora

  2. Sinta Bella:

    Saya akui pantai seruni ini memang bagus, alami, bersih. Untungnya saya kesana pas “air terjun”nya lumayan deres dan gk ada pengunjung lain jdi lebih bisa menikmati keindahan sekitar. Cocok juga buat nge “camp”
    Thanks atas posting nya yg udh berhasil bikin saya rindu jogja “lagi”. Heuhue

  3. Puput:

    Pantai yang jadi idola saya, karna tiap kesana selalu sepi jadi kayak lagi di private beach. Masih asri dan belum banyak sampah. Sesekali ada monyet yang turun juga. Selalu rindu untuk datang kesana terus.

Kirim pendapat