Pantai Sepanjang, Kawasan Pantai Dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunungkidul

Pantai Sepanjang, Kawasan Pantai Dengan Garis Pantai Terpanjang di Gunungkidul
4 (80%) 2 votes

Pantai Sepanjang merupakan salah satu kawasan pantai di Gunungkidul yang disamakan pesona alamnya mirip dengan Pantai Kuta di Pulau Bali. Selain itu pantai ini memiliki garis pantai terpanjang dan terluas di wilayah Gunungkidul. Tidak lama lagi pantai ini akan menjadi kawasan wisata unggulan seperti Pantai Pulang Syawal yang saat ini terkenal bagi wisatawan domestik yang berwisata di sekitar Yogyakarta.

Pantai Sepanjang terletak desa Kemadang, kecamatan Tanjungsari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Merupakan pantai yang memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai lain di Gunungkidul.

Pantai Sepanjang Gunungkidul Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Sepanjang Gunungkidul berada diantara jalur wisata Pantai Baron-Pantai Pulang Syawal (Indrayanti). Kawasan pantai ini diapit oleh kawasan Pantai Sanglen dan Pantai Lolang. Untuk menuju pantai Lolang dari pos retribusi masuk, ikuti jalan ke arah kiri melewati Pantai Kukup ke arah Pantai Pulang Syawal. Tidak lama kemudian pada sisi kanan kiri jalan terdapat papan petunjuk arah menuju ke Pantai Sepanjang. Ambil jalan kecil ke arah kanan hingga tiba di tepi Pantai Sepanjang.

Kendaraan pengunjung Pantai Sepanjang Gunungkidul dipersilakan parkir di tempat yang sudah disediakan. Di sekitar area parkir tersebut terdapat gubug-gubug peristirahatan serta ada yang menjual makanan dan minuman. Gubug-gubug yang dibangun di kawasan Pantai Sepanjang dibangun sedemikian rupa agar enak dipandang dan selaras dengan alam. Gubug tersebut dibangun dengan bentuk serupa berbahan bambu dan ijuk sebagai atap gubug. Tata letak fasilitas pendukung wisata di pantai Sepanjang cukup rapi dan menarik dijadikan percontohan bagi obyek wisata pantai yang lain.

Gubug Santai Di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Pantai Sepanjang Gunungkidul merupakan kawasan pantai yang landai dengan pasir berwarna putih. Pantai ini konon disamakan keindahan dan daya tariknya dengan Pantai Kuta Bali setelah Pantai Pulang Syawal (Indrayanti) oleh beberapa pihak yang mempromosikan. Tidak heran bila wisatawan yang mengunjungi tempat ini menyebutnya dengan nama Pantai Kuta-nya Jogja atau Gunungkidul. Bahkan ada yang menyebut pantai ini lebih menarik karena kondisinya lebih alami dan lebih bersih karena terjaga kebersihannya.

Deburan ombak di Pantai Sepanjang cukup besar ketika air laut sedang pasang dan wisatawan dilarang berenang di laut. Namun saat surut, kita bisa melihat hamparan dasar laut berupa batuan karang yang banyak ditumbuhan tanaman laut. Bila beruntung, kita bisa menemukan bulu babi yang tersebunyi di balik lubang-lubang karang. Pasir pantai berwarna putih dan terlihat bersih dari sampah-sampah plastik. Sesekali kita dapat menemukan kulit-kulit kerang yang tersebar di pasir tepian pantai.

Rerimbunan Pohon Cemara Udang Di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Bangunan semi permanen (gubuk) yang berjajar rapi di tepi Pantai Sepanjang semuanya terbuat dari kayu dan atap rumbia ini membuat sedap dilihat oleh mata. Sebagian gubuk tersebut digunakan oleh masyarakat sekitar untuk berjualan makanan ringan, minuman, dan sebagian untuk souvenir cinderamata khas Pantai Sepanjang. Pemerintah memang melarang warga masyarakat yang membangun usaha di kawasan ini menggunakan batu bata dan genting untuk membangun warung-warung mereka. Penggunaan batu bata dan genting membuat bangunan rawan runtuh karena beban berat dan hembusan angin yang keras sehingga membahayakan orang yang berlindung dibawahnya.

Hamparan Pasir Putih Pantai Sepanjang Gunungkidul

Jalan aspal memanjang menyisir tepian pantai diantara gubuk-gubuk terlihat teduh karena banyak pohon cemara udang yang sudah tinggi dan besar. Tempat sampah cukup banyak tersedia di berbagai tempat dan menjadikan kawasan pantai ini cukup bersih dari sampah yang berserakan. Kondisi ini membuat saya betah mengelilingi area pantai sambil sesekali beristirahat di gubuk-gubuk yang telah dibangun. Dengan fasilitas pantai lengkap namun selaras dengan alam, kedepannya Pantai Sepanjang akan lebih terkenal dibandingkan dengan Pantai Pulang Syawal (ada yang menyebutnya Pantai Indrayanti) yang bermasalah dengan bangunan permanen dan pelanggaran membangun bangunan yang terlalu berhimpit dengan garis pantai. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Sepanjang
Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Tiket Masuk (terusan) : Rp 10.000,-
Parkir Motor : Rp 3.000,-
Parkir Mobil : Rp 10.000,-

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fotodeka:

    kak, bagaimana untuk tiba disini kak?

    • admin:

      naik motor kak
      ga ada transportasi umum :)

  2. mbloogers.com:

    Cuman lewat saja dulu… Belum kesitu.. Fokus eksplore pantai pantao yg masih asri heheheh

Kirim pendapat