Pantai Semawang, Pilihan Kawasan Pantai Lain Di Sekitar Sanur Bali

Pantai Semawang, Pilihan Kawasan Pantai Lain Di Sekitar Sanur Bali
2 (40%) 1 vote

Pantai Semawang merupakan salah satu  pantai di dalam kawasan wisata Pantai Sanur Bali. Keberadaan pantai ini jarang didengar oleh wisatawan nusantara karena tidak dimasukkan dalam paket wisata. Sama seperti kawasan Pantai Sanur, tempat ini cukup menarik digunakan sebagai tempat menikmati matahari terbit.

Pantai Semawang terletak di Jalan Setapak, kelurahan Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, kotamadya Denpasar, Bali.

Lokasi Pantai Semawang berada di sebelah selatan kawasan Pantai Sanur dan diapit dua kawasan pantai yaitu Pantai Batu Jimbar dan Pantai Mertasari. Rute dari kawasan Pantai Sanur melewati Jalan Danau Tamblingan ke arah selatan kemudian dilanjut ke Jalan Cemara dan Jalan Mertasari. Dari Jalan Mertasari arahkan kendaraan menuju ke Jalan Kusuma Sari dan Jalan Setapak untuk menuju tepi Pantai Semawang. Akses menuju area pantai dapat ditempuh dengan berjalan kaki, bersepeda, menggunakan sepeda motor, hingga kendaraan roda empat.

Pemandangan Pantai Semawang hampir sama dengan kawasan pantai di wilayah Sanur lainnya dimana merupakan pantai landai berpasir putih dengan ombak yang tenang. Pada bagian tepi terdapat susunan batu penahan ombak dan semenanjung buatan yang menjorok ke tengah laut. Pada beberapa sudut dibangun saung untuk bersantai dan beristirahat pengunjung pantai. Hal yang menarik lainnya adalah di kawasan ini beraneka kapal dan perahu berukuran kecil yang terparkir di tepi pantai.

Pengunjung Pantai Semawang Sanur didominasi wisatawan mancanegara. Hanya sedikit sekali wisatawan nusantara karena mereka lebih memilih berkunjung ke kawasan utama Pantai Sanur yaitu Pantai Matahari Terbit. Fasilitas pendukung wisata di kawasan pantai ini tergolong standar dan hampir sama seperti fasilitas pendukung wisata di kawasan Pantai Sanur Bali. Fasilitas yang ada antara lain area parkir kendaraan, tempat jogging, warung, tempat duduk yang menghadap pantai, restoran, penginapan, villa, dan hotel.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Pantai Semawang adalah pada waktu pagi hari karena posisi pantai ini menghadap ke arah timur sehingga cocok digunakan sebagai salah satu tempat menikmati matahari terbit atau sunrise. Secara keseluruhan Pantai Semawang dapat menjadi alternatif berwisata pantai di sekitar kawasan Pantai Sanur Bali. Kondisi pantai yang sepi dan tenang cocok bagi pengunjung yang ingin bersantai dan berlama-lama berada di pantai. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Semawang
Jalan Setapak, kelurahan Sanur, kecamatan Denpasar Selatan, kotamadya Denpasar, Bali

Retribusi
Motor : Rp 2.000,-/motor
Mobil : Rp 5.000,-/mobil
Parkir : -

Kirim pendapat