Jalan-Jalan ke Pantai Sanur

Jalan-Jalan ke Pantai Sanur
Rate this post

Pantai Sanur memang menjadi salah satu primadona pariwisata ketika berkunjung ke pulau Bali selain pantai Kuta. Tempat ini hampir tidak terlewatkan dalam paket wisata ke pulau Bali. Lokasi yang cukup strategis yang tidak jauh dari kota Denpasar membuat kawasan ini selalu dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Pantai Sanur atau kadang disebut sunrise beach terletak di sebelah timur kota Denpasar, Bali. Salah satu kawasan favorit untuk menikmati matahari terbit di pulau Bali.

Perjalanan menuju lokasi pantai Sanur cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Setelah melewati pos retribusi parkir, kendaraan kami parkir di dekat tepian Pantai Sanur. Kawasan parkir tepi pantai Sanur ini selalu ramai dipenuhi kendaraan khususnya sepeda motor karena banyak wisatawan datang dengan kendaraan sewaan.

Ketika berkeliling ke arah utara, di sepanjang jalan banyak terdapat cafe, restoran, dan beberapa merupakan hotel yang disewakan untuk wisatawan khususnya wisatawan asing. Pemandangan ke timur merupakan lautan yang diseberang merupakan daratan pulau Bali yang lain. Di sepanjang garis pantai ini dibangun area untuk pejalan kaki yang dapat digunakan untuk jalan-jalan santai di waktu pagi dari pantai di utara Sanur hingga pantai di selatan Sanur.

Tepian pantai Sanur saat ini sudah berupa karang-karang yang disusun untuk menahan abrasi pantai. Meskipun ombak pantai Sanur cukup tenang dan posisinya tidak menghadap ke lautan samudera yang ganas, namun tingkat abrasi pantai cukup tinggi. Dikhawatirkan bila tidak ada pembangunan karang di tepian pantai, semakin lama ombak pantai akan mengenai lokasi cafe dan hotel di pinggir pantai.

Di sebelah selatan dari tempat kami parkir sepeda motor, bahkan ada susunan karang mengarah ke tengah dan cukup luas yang sering disebut pantai karang. Fungsi pembangunan susunan karang yang lain adalah pantai Sanur dikembangkan menjadi pelabuhan kecil untuk kapal cepat menuju ke pulau seberang seperti pulau Lombok, pulau Nusa Penida, dan pulau Nusa Lembongan.

Sempat saya beristirahat di sebuah bangunan di pantai karang yang mirip sebuah bale sambil melihat pemandangan kawasan pantai Sanur dari ujung utara ke ujung selatan. Bila melihat hamparan laut, kita bisa memandang bagian lain pulau Bali dengan pemandangan puncak gunung Agung dari kejauhan bila tidak tertutup kabut dan awan.

Ketika berjalan di sisi selatan, saya menjumpai pos pembelian tiket kapal cepat yang beroperasi setiap hari, kawasan cafe dan restoran, museum Le Mayeur, pedagang sovenir, dan diujung terdapat hotel tertinggi dan tertua bernama Hotel Ina Grand Bali Beach yang terletak persis di tepi pantai. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Andre:

    Waaa… Aku pernah ke sini, lanjut kulineran Nasi Ayam Campur Bu Weti di pantai Segara, ga jauh dari Sanur.. :D

Kirim pendapat