Pantai Sadranan Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Nan Eksotis

Pantai Sadranan Gunungkidul, Pantai Berpasir Putih Nan Eksotis
3.8 (75%) 4 votes

Pantai Sadranan merupakan kawasan pantai yang belum lama dikembangkan sebagai obyek wisata di wilayah Gunungkidul. Pantai ini memiliki daya tarik utama berupa pantai berpasir putih yang cukup luas dan mirip seperti Pantai Sepanjang yang letaknya berdekatan. Akses jalan menuju ke pantai ini belum begitu bagus dan masih berupa jaman cor semen hingga lokasi.

Pantai Sadranan secara administratif berada di Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul atau berada di sebelah barat pantai Ngandong dan di sebelah timur pantai Slili.

Rerimbunan Pohon Di Pantai Sadranan Gunungkidul

Lokasi Pantai Sadranan sebetulnya hanya disebalik bukit sisi barat pantai Ngandong. Kita dapat menempuh dari pantai Sadranan melalui Pantai Ngandong dengan berjalan menyisir pasir pantai yang sedikit menjorok ke laut. Cara lain adalah dengan melewati jalan berbatu selebar 4 meter dan sedikit menanjak di sebelah timur pantai Kukup.

Gubug Warung Di Tepi Pantai Sadranan Gunungkidul

Opsi kedua kami gunakan untuk menuju ke pantai Sadranan dan kami sempat salah membelokkan motor menuju ke salah satu resort yang dibangun di sekitar kawasan tersebut. Pada musim hujan, jalan menuju ke pantai Sadranan sedikit becek karena belum disemen apalagi dispal. Kurang dari satu menit melewati bukit kapur akhirnya kami tiba di area pantai Sadranan.

Asal usul nama ‘sadranan’ sendiri berasal dari kata nyadran yaitu sebuah ritual sedekah bumi sering diadakan dipantai ini. Biasanya dilakukan pada saat pasaran pahing tiap tahunnya atau pada saat selesai panen.

Hamparan Pasir Pantai Sadranan Gunungkidul

Sepeda motor kami parkir disalah satu gubuk agar terlindung dari teriknya sinar matahari. Beberapa gubug yang dibangun belum berpenghuni atau belum dibuka sebagai warung seperti warung gubug yang ada disebelah. Di sebuah sudut terdapat beberapa orang sedang memotong kayu untuk membangun gubug. Sepertinya kawasan ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan sarana untuk menelengkapi fasilitas sebagai kawasan wisata.

Persewaan Gasebo Di Pantai Sadranan Gunungkidul

Kami pun berjalan menuju ke arah tepi pantai melewati gubug-gubug semi permanen dan pasir pantai. Area pasir pantai di pantai Sadranan ini cukup luas hingga tebing karang yang mengelilingi tempat ini. Pemandangan tampak bersih karena belum banyaknya pengunjung pantai. Selain itu rerimbunan tanaman khas pantai terlihat jelas di sudut pantai yang berhimpit dengan tebing karang.

Annosmile in Sadranan Beach

Sesuai dengan perkiraan, dari tepi pantai tampak jelas sebuah pulau kecil yang berada di sisi timur pantai Sadranan atau diseberang pantai Ngandong. Pemandangan ke arah barat tampak semenanjung yang menjorok ke arah laut. Pemandangan birunya laut dan putihnya pasir pantai mewarnai suasana di tepi pantai. Meskipun tidak ada cirikhas yang cukup menonjol pada pantai Sadranan, kami cukup puas menikmati suasana pantai yang sepi dan nyaman untuk bersantai.

Beberapa warung gubug semi permanen sudah menggelar dagangannya berupa makanan dan minuman. Sepertinya para pedagang dan pengelola sudah siap menerima kedatangan para wisatawan ke pantai yang baru dikembangkan ini. Kami berkesimpulan bahwa tidak lama lagi pantai ini ramai pengunjung seperti pantai-pantai lain yang ada disekitarnya. Cukup lama kami berkeliling kawasan pantai Sadranan sambil menikmati suasana sekeliling. Segelintir info yang kami dapat bahwa dalam setahun dilaksanakan beberapa kali upacara sedekah laut di kawasan pantai Sadranan. (text/foto: annosmile)

BERITA TERKAIT

17 Juni 2015. Tebing sisi barat Pantai Sadranan mengalami ambrol dan menimpa para wisatawan yang berada disekitarnya. Tercacat tiga wisatawan tewas dan belasan diantaranya luka parah. Insiden ini terjadi menjelang memasuki bulan puasa.

INFORMASI
Pantai Sadranan
Dusun Pulegundes II, Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

PETA

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Amin:

    Bersih banget pantainya mas, emang dibersihkan dulu ya sewaktu mau ambil cam?

  2. jarwadi:

    pantai ini kalau siang hari teriknya minta ampun, hehehe, tapi kalau pagi enak banget buat main main

  3. Nasirullah Sitam:

    Sudah lama aku nggak ke pantai Gunungkidul :-(
    Pengen main ke sana lagi hahahhahah

Kirim pendapat