Pantai Puyangan, Sisi Lain Keindahan Pantai Wonogiri

Pantai Puyangan merupakan daya tarik tersembunyi di kabupaten Wonogiri. Keberadaannya jarang diketahui karena bukan merupakan kawasan wisata. Sebagian besar orang hanya mengenal kawasan Pantai Sembukan dan Pantai Nampu sebagai obyek wisata pantai di kabupaten Wonogiri.

Pantai Puyangan merupakan kawasan pantai yang berada di Desa Gunturharjo, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai Puyangan merupakan pantai landai berpasir putih.

Jalan Menuju Pantai Puyangan Wonogiri

Lokasi Pantai Puyangan masih dalam satu kawasan dengan Pantai Nampu. Posisinya berada di sebelah barat kawasan Pantai Pringjono. Belum ada informasi dan papan petunjuk arah menuju ke kawasan pantai ini. Pengunjung harus bertanya terlebih dahulu kepada penduduk sekitar atau petugas parkir Pantai Nampu mengenai lokasi Pantai Puyangan.

Akses jalan menuju Pantai Puyangan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak dari kawasan Pantai Nampu. Kendaraan pengunjung baik roda dua maupun roda empat dapat diparkir di kawasan Pantai Nampu. Belum ada rencana pembangunan jalan untuk akses kendaraan dari kawasan Pantai Nampu menuju Pantai Puyangan.

Hamparan Pasir Pantai Puyangan Wonogiri

Perjalanan dari area parkir Pantai Nampu menuju ke Pantai Puyangan membutuhkan waktu kurang lebih 15 menit dengan berjalan kaki. Jalan setapak yang dilewati terlihat gersang dan tidak ada rerimbunan pohon untuk berteduh dari panasnya sinar matahari. Diantara Pantai Nampu dengan Pantai Puyangan terdapat pantai kecil yang juga menarik dikunjungi dan bernama Pantai Pringjono.

Baca Juga  Melihat Kondisi Situs Kaliworo B Klaten

Setelah melewati dua bukit dan menuruni celah tebing akhirnya pengunjung tiba di kawasan Pantai Puyangan. Suasana Pantai Puyangan seperti pantai perawan yang belum pernah terjamah. Pantai ini jarang dikunjungi karena sebagian besar pengunjung Pantai Nampu malas untuk melakukan wisata jelajah ke pantai-pantai disebelah barat Pantai Nampu.

Tebing Sisi Barat Pantai Puyangan Wonogiri

Pantai Puyangan diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang cukup luas memanjang sekitar 100-200 meter. Bebatuan karang banyak ditemukan di tepi atau bawah tebing. Hamparan pasir pantai berwarna putih dengan butiran pasir yang cukup halus. Pemandangan indah Pantai Puyangan ini cukup berpotensi dikembangkan sebagai kawasan wisata dengan daya tarik yang tidak kalah dengan Pantai Nampu.

Kondisi kawasan Pantai Puyangan sangat bersih, tidak tampak sampah betebaran atau bersembunyi dibalik pasir pantai. Selain itu pasir pantainya sangat lembut dan nyaman untuk digunakan bermain pasir. Pohon pandan laut khas pantai selatan tumbuh lebat dan memanjang dari kedua ujung pantai. Deburan ombak cukup besar khas pantai selatan yang menghadap ke samudera.

Annosmile Di Pantai Puyangan Wonogiri

Bila telah berada di Pantai Puyangan, rasanya malas untuk kembali atau pulang. Suasananya yang tenang dan nyaman menjadi magnet yang tidak ingin pengunjungnya bersegera meninggalkan area pantai. Pengunjung disarankan membawa bekal makanan secukupnya karena di area pantai ini tidak ditemukan pedagang makanan. Diharapkan sisa-sisa makanan dan sampah dibawa saat meninggalkan kawasan Pantai Puyangan untuk menjaga kelestarian dan kebersihan alam.

Baca Juga  Pantai Pulau Merah, Destinasi Unggulan Banyuwangi

Pantai Puyangan Wonogiri cukup menarik untuk dikunjungi dan menjadi salah satu daya tarik lain saat berwisata di sekitar Pantai Nampu. Pantai ini cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai yang masih alami, indah, bersih, dan belum mengalami pembangunan. Dalam waktu dekat ini pemerintah setempat belum berencana untuk mengembangkan kawasan pantai ini. (text/foto: annosmile)

Ada 9 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. attayaya:

    jangan buang sampah di pantai sembarangan

  2. Yansa:

    Saya sendiri yang dari sragen (49 km dari Wonogiri) malah belum pernah main ke pantai ini. hehe

    • admin:

      Hi Yansa,
      Silakan dikunjungi pantai ini ya kalau berlibur ke pantai Wonogiri :-)

  3. Andana Paringga:

    Wah masih sepi ya…belum pernah sampai wonogiri jelajahnya…nice trip kang… :)

    • admin:

      cuma dibaratnya pantai buyutan ini mas..next time mampir lah :D

  4. binta:

    saya pernah ke pantai nampu, ketika beranjak sedikit ke sebelahnya ada pantai kecil yang diapit 2 bukit. Itu pantai pringjono to? Baru tahu. Haha dan untuk kesana hanya ada jlan setapak mlewati bukit dn bbtuan. berbekal sedikit kenekatan saya bisa turun ke sana dengan motor.

  5. wisnu:

    ini bukan Pantai Waru ya gan…
    apa sblm Pantai Waru ya…
    klo pantai waru bs di akses jlnny..motor bs di parkir di atas..

    • admin:

      Ini Pantai Puyangan mas
      Belum pernah ke Pantai Waru :-)

  6. ferry:

    dibarat pantai ini ada lg yg namanya pantai watu payung, bagus bgt dgn tebing tinggi menjulang, dijamin pengen bikin rumah disono :D

Kirim pendapat