Pantai Pulau Merah, Destinasi Unggulan Banyuwangi

Pantai Pulau Merah, Destinasi Unggulan Banyuwangi
4 (80%) 2 votes

Pantai Pulau Merah (Red Island) merupakan daya tarik wisata utama atau unggulan di kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Keberadaan pantai ini cukup terkenal baik wisatawan domestik maupun wistawan dari mancanegara. Seseorang atau wisatawan belum dianggap menapakkan kaki di Banyuwangi kalau belum menyambangi kawasan pantai ini. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan pulau kecil berbentuk kerucut dipinggir pantai, kawasan pantai landai berpasir putih, dan lokasi olahraga surfing di Banyuwangi.

Pantai Pulau Merah terletak di dusun Pancer, desa Sumber Agung, kecamatan Pesanggaran, kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Pantai ini sebelumnya bernama Pantai Ringin Pitu karena terdapat pohon beringin berjumlah 7 (tujuh).

Persewaan Gasebo Dan Sandaran Di Pulau Merah Banyuwangi

Lokasi Pantai Pulau Merah berada di daerah Pesanggaran yang berada di sebelah barat kabupaten Banyuwangi. Jarak tempuh dari pusat kota Banyuwangi hingga lokasi pantai sekitar 70 kilometer dengan waktu perjalanan sekitar 1-1,5 jam. Kondisi jalan yang dilalui sudah cukup baik meskipun masih tergolong jalan sempit. Perjalanan menuju ke tempat ini dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Namun lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi karena bila menggunakan kendaraan umum hanya sampai tiba di Terminal Pesanggaran atau sekitar Jajag dan dilanjutkan dengan menaiki ojek motor atau menumpang truk yang mengarah ke sekitar Pantai Pulau Merah.

Rute menuju Pantai Pulau Merah dengan menggunakan kendaraan pribadi dari pusat kota Banyuwangi ke arah selatan mengikuti Jalan Raya Banyuwangi-Jember. Selama perjalanan akan melewati kawasan Rogojampi (Pasar Rogojampi), Srono, dan Jajag. Pada persimpangan lampu lalulintas Jajag pilih jalan ke arah kiri mengikuti papan petunjuk arah menuju ke Pantai Pulau Merah. Dari persimpangan ini waktu perjalanan yang tersisa tinggal 30-45 menit tergantung kepadatan lalu lintas.

Pemandangan Ikon Pulau Merah Banyuwangi

Area parkir kendaraan pengunjung Pantai Pulau Merah Banyuwangi cukup luas dan teduh karena banyak pohon yang ditanam di sekitar area parkir. Retribusi tiket masuk berikut retribusi parkir kendaraan ditarik petugas ketika pengunjung memasuki gerbang masuk atau penarikan retribusi kawasan wisata.Hal ini meminimalisasi tindak kecurangan yang dilakukan oleh oknum tukang parkir yang nakal dimana melakukan pemerasan tarif parkir kepada wisatawan. Pengelolaan kawasan wisata ini dilakukan pemerintah bekerjasama dengan masyarakat setempat dan berjalan baik hingga saat ini. Kedepannya pengelolaan retribusi pantai ini dapat menjadi salah satu percontohan bagi pengelolaan pariwisata di daerah lain di Indonesia.

Pengunjung yang keluar dari area rerimbunan pohon area parkir langsung disambut hamparan pasir pantai luas kawasan Pantai Pulau Merah Banyuwangi. Pada area ini terlihat deretan payung berukuran besar dengan tempat bersandar yang disewakan untuk kegiatan berjemur atau sekedar bersantai bagi para wisatawan. Persewaan payung tersebut cukup menarik digunakan untuk berteduh dari sengatan sinar matahari siang. Biaya sewa payung dan tempat bersandar tersebut cukup terjangkau namun pengunjung disarankan untuk menanyakan biaya sewanya terlebih dahulu.

Pasir Putih Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pengunjung yang ingin mendekati kawasan pulau karang berbentuk kerucut atau yang dinamakan Pulau Merah harus berjalan kaki sekitar beberapa ratus meter ke arah timur dari area persewaan payung dan sandaran santai. Bila kondisi ombak sedang surut, pengunjung dapat menyeberang di area di sekitar pulau kecil tersebut. Namun bila kondisi ombak sedang pasang, pengunjung hanya sampai di area bebatuan karang di seberang pulau tersebut. Tanpa harus menyebrang pun pengunjung sudah mendapatkan foto pulau kecil tersebut dengan cukup baik.

Aktivitas yang terlihat saat ombak sedang pasang di Pantai Pulau Merah Banyuwangi adalah para peselancar yang beraksi diantara ombak yang besar. Ombak pantai ini sangat digunakan untuk olahraga selancar (surfing) pagi para peselancar pemula yang sedang belajar hingga peselancar profesional. Area yang digunakan untuk berselancar jarang terdapat batuan karang dan lebih menjorok ke dalam. Kondisi semacam ini cukup aman digunakan peselancar pemula dan tidak beresiko tinggi seperti Pantai Plengkung yang terdapat banyak batu karang. Menjelang sore hari terlihat beberapa orang yang sedang belajar berselancar didampingi oleh para instruktur yang berasal dari pengelola kawasan pantai tersebut.

TeamTouring Di Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Pengunjung atau wisatawan yang ingin mencoba berselancar di Pantai Pulau Merah Banyuwangi disediakan persewaan papan selancar dengan biaya yang cukup terjangkau. Saat mencoba berselancar diantara ombak yang besar, pengunjung tetap diawasi oleh para petugas SAR atau lifeguard apabila terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Pengunjung dapat pula meminta bantuan kepada para instruktur selancar yang kebetulan berada di lokasi untuk memberikan pengarahan tentang berselancar di laut.

Daya tarik lain di sekitar Pantai Pulau Merah Banyuwangi yang menjadi minat khusus adalah olahraga memancing di laut. Salah satu spot memancing favorit berada di sebelah timur pulau karang tersebut dengan menyusuri area tebing perbukitan. Secara keseluruhan Pantai Pulau Merah Banyuwangi memberikan daya tarik wisata yang membuat wisatawan ingin kembali ke pantai ini di lain waktu. Pantai ini memiliki daya tarik ombak berselancar yang mampu disejajarkan dengan Pantai Kuta, Legian, dan Seminyak yang berada di Pulau Bali serta keunikan pulau karang yang mirip seperti pulau karang di Pantai Tanjung Papuma Jember. (text/foto: annosmile)

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Alris:

    Pantainya cakep, Gan.

  2. bersapedahan:

    keren bener pantainya
    mudah2-an tetap terjaga kebersihannya .. seperti di foto ini

  3. christina budi:

    woo..iki blogmu to om annoo….ayo ning banyuwangi manehhh..

Kirim pendapat