Beginilah Pantai Pringjono Versi Wonogiri

Nama Pantai Pringjono sebenarnya melekat dengan nama kawasan pantai di sebelah barat Pantai Nguyahan Gunungkidul. Namun di daerah Paranggupito kabupaten Wonogiri ternyata juga memiliki kawasan pantai yang memiliki nama sama dan keindahan alam yang tidak kalah menariknya. Kawasan Pantai Pringjono mulai dikenal sejak pengembangan kawasan wisata Pantai Nampu ke arah barat.

Pantai Pringjono Wonogiri merupakan kawasan pantai yang berada di Desa Gunturharjo, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pantai Pringjono Wonogiri Dari Atas

Lokasi Pantai Pringjono Wonogiri masih dalam satu kawasan dengan Pantai Nampu. Posisi pantai ini tepat berada di sebelah barat dari Pantai Nampu atau disebelah timur dari Pantai Puyangan. Sebagian besar orang menganggap bahwa pantai ini tidak terpisah dan merupakan bagian dari kawasan Pantai Nampu. Akses jalan menuju Pantai Pringjono Wonogiri sedang dalam tahap pengerjaan berupa jalan berbatu dari Pantai Nampu hingga atas bukit sebelah timur Pantai Pringjono. Jalan batu tersebut dapat dilintasi oleh kendaraan beroda dua hingga beroda empat. Namun pengunjung pantai ini disarankan memarkir kendaraan di Pantai Nampu karena tidak ada penjagaan disekitar kawasan pantai.

Air Terjun Di Pantai Pringjono Wonogiri

Perjalanan dari area parkir Pantai Nampu menuju ke Pantai Pringjono Wonogiri membutuhkan waktu kurang lebih 5-10 menit dengan berjalan kaki. Jalan setapak berbatu yang dilewati terlihat gersang dan tidak ada rerimbunan pohon untuk berteduh dari panasnya sinar matahari. Dari atas bukit disebelah barat Pantai Nampu telah terlihat kawasan Pantai Pringjono yang kecil dan tersembunyi diantara dua tebing. Jalan berbatu dari Pantai Nampu berujung pada jalan setapak kecil menuruni bukit yang mengarah ke area Pantai Pringjono Wonogiri. Ditengah-tengah perjalanan melewati jalan setapak terdapat aliran atau muara sungai kecil yang mengarah ke laut. Aliran sungai kecil tersebut membentuk jatuhan air berbentuk seperti air terjun. Pemandangan air terjun tersebut tampak dari atas bukit namun tidak terlihat ketika berada di dasar bukit karena terhalang rimbunannya pepohonan khas tepi pantai seperti pandan laut.

Baca Juga  Pantai Puyangan, Sisi Lain Keindahan Pantai Wonogiri

Pasir Pantai Pringjono Wonogiri

Pantai Pringjono Wonogiri diapit oleh dua buah tebing dengan garis pantai yang sempit memanjang kurang dari 100 meter. Pemandangan pantai kecil ini mirip seperti kawasan pantai pribadi yang tertutup dan tersembunyi. Bebatuan karang banyak ditemukan di tepi atau bawah tebing. Hamparan pasir pantai berwarna putih dengan butiran pasir yang cukup halus. Sebagian area pasir pantai tertutup oleh tanaman liar yang tumbuh merambat. Kondisi kawasan pantai ini sangat bersih, tidak tampak sampah betebaran atau tertimbun dibalik pasir pantai. Deburan ombak cukup besar ketika pasang dan menenggelamkan sebagian kawasan pantai yang dipenuhi pasir dan karang. Pengunjung diharapkan tidak berenang atau bermain air di kawasan pantai karena cukup berbahaya.

Annosmile Di Pantai Pringjono Wonogiri

Kawasan Pantai Pringjono terasa cukup teduh karena banyak ditemukan pepohonan khas tepi laut di sekitar pantai. Selain itu ditingginya bukit kedua sisi membuat suasana sedikit gelap ketika pagi hari dan menjelang sore hari karena sinar matahari tertahan oleh tingginya tebing. Hal ini membuat pengunjung betah berlama-lama ditempat ini sambil menikmati pemandangan pantai yang cukup indah.

Pantai Pringjono Wonogiri menarik dikunjungi dan memiliki jarak cukup dekat dengan Pantai Nampu. Pantai ini cocok bagi wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai kecil yang masih alami, indah, bersih, dan belum mengalami pembangunan. Lokasinya masih menarik digunakan untuk kegiatan alam seperti berkemah atu tempat outbound. Beberapa informasi menyebutkan bahwa kawasan pantai Pringjono akan dikembangkan sebagai kawasan wisata alternatif dan pelengkap setelah selesai dilakukan pembangunan jalan menuju ke area pantai. Diharapkan pembangunan kawasan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. mawi wijna:

    Klo ngeliat dari Google Map masih banyak pantai kecil2 yg nyempil di Wonogiri lho No

  2. Irfan Hanafi:

    lha.. baru tahu malahan nek itu namanya pantai Pringjono. Soale setiap pulang aku pasti ke situ, bukan ke pantai Nampu. Enak di situ dibandingkan pantai Nampu. Lebih sepi dan enak buat berkemah.

Kirim pendapat