Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Ikon Pohon Langka Yang Bikin Penasaran

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Ikon Pohon Langka Yang Bikin Penasaran
3.8 (76%) 5 votes

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul merupakan salah kawasan pantai yang sempat menjadi perbincangan hangat beberapa tahun oleh para wisatawan. Pasalnya, pantai tersebut memiliki keunikan berupa tumbuhnya sebuah pohon langka ditengah-tengah pasir pantai. Selain itu tidak ada tumbuhan lain yang hidup di sekitar pohon langka tersebut.

Pantai Pok Tunggal (Poktunggal) terletak di desa Tepus, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Ikon Pohon Unik Di Tepi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Lokasi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul berada disebelah timur kawasan Pantai Pulang Syawal yang terkenal dengan nama Pantai Indrayanti. Jarak tempuh antara keduanya sekitar 2 kilometer atau sekitar 5-10 menit karena kondisi jalan sedikit memutar dan sebagian belum diaspal. Bila ditempuh dari kota Yogyakarta berjarak sekitar 50 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan. Perjalanan menuju kawasan pantai ini dapat menggunakan kendaraan pribadi mulai kendaraan roda dua hingga kendaraan berjenis minibus.

Sisi Barat Kawasan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pantai Pok Tunggal Gunungkidul saat ini kondisinya tidak jauh berbeda dibandingkan kawasan pantai lain di Gunungkidul yang telah dikembangkan sebagai obyek wisata. Area parkir telah ditata rapi oleh masyarakat sekitar yang mengelola kawasan pantai ini. Kendaraan pengunjung dapat diparkir di gubug-gubug yang cukup terlindung dari sengatan sinar matahari siang. Keberadaan warung-warung penjual makanan dan minuman di kawasan Pantai Pok Tunggal cukup menjamur dan memenuhi hampir setiap sisi kawasan pantai.

Warung-Warung Di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Pohon langka khas Pantai Pok Tunggal yang sempat menjadi bahan perbincangan berjenis pohon Duras. Pohon tersebut tumbuh dengan rindang dan menjadi tempat favorit untuk berteduh dari sengatan sinar matahari. Beberapa informasi menyebutkan bahwa pohon Duras cukup sulit tumbuh dan rata-rata ditemukan tumbuh sendiri secara alami atau tanpa campur tangan manusia. Namun kondisi pohon Duras tersebut saat ini tampak kurang terawat. Keberadaannya seakan tenggelam oleh adanya akses jalan menuju Bukit Pajung timur Pantai Pok Tunggal yang terlalu berhimpit. Ditambah lagi pohon langka tersebut dikelilingi oleh pagar bambu dan tumpukan batu karang.

Kondisi kawasan Pantai Pok Tunggal tidak ubahnya seperti kawasan pantai-pantai yang ada didekatnya yang landai dan berpasir putih. Kondisi pasir pantai cukup bersih dan tidak tampak sampah yang berserakan. Ombak laut khas pantai selatan yang terlihat ganas saat pasang dan tidak terlihat tenang saat sedang surut. Pengunjung dilarang berenang di laut karena cukup berbahaya karena sewaktu-waktu ombak besar dapat datang menyeret ke tengah lautan.

Persewaan Payung Di Tepi Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Persewaan payung untuk berjemur dan berteduh di tepi pantai sepertinya juga menjamur di kawasan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul. Keberadaan persewaan payung tersebut cukup membantu wisatawan yang ingin bersantai di tepi pantai, di sisi lain mengurangi keindahan pemandangan kawasan Pantai Pok Tunggal. Pada hari-hari biasa hanya terlihat satu dua payung terpasang namun pada akhir pekan keberadaan payung tersebut terlihat berderet dari ujung ke ke ujung. Harga sewa payung tersebut hampir sama dengan harga sewa payung di kawasan pantai yang lain. Pilihan lain untuk berteduh dari sengatan sinar matahari yaitu gubug-gubug warung yang banyak beterbaran di tepi pantai.

Pohon Keramat Dan Sumber Mata Air Di Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Hal menarik lainnya di kawasan Pantai Pok Tunggal Gunungkidul salah satunya adalah sumber mata air tawar di bawah pohon raksasa yang tumbuh disamping tebing karang. Sumber mata air ini dimanfaatkan untuk kebutuhan air di kawasan tersebut. Air dari sumber mata air dipompa ke atas melalui pipa pipa dan diarahkan menuju ke warung-warung dan fasilitas umum kawasan Pantai Pok Tunggal.

Kawasan Pantai Pok Tunggal tidak akan terkenal dan menarik wisatawan untuk berkunjung apabila tidak ada daya tarik unik pohon langka yang bernama pohon Duras ini. Seharusnya pohon langka tersebut dijaga dan dilindung keasriannya agar orang yang baru pertama kali datang dibuat terkesan agar kembali datang lagi di lain waktu. Namun melihat kondisi pohon tersebut saat ini membuat wisatawan cukup hanya datang sekali. Hal ini disebabkan karena pemandangan yang diharapkan tidak semenarik saat pertama kali Pantai Pok Tunggal dibuka dan dikenalkan sebagai obyek pariwisata. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Pok Tunggal
Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

PETA

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Cumilebay:

    Sepi banget yaaaa

Kirim pendapat