Pantai Pidaan Pacitan, Keelokan Pantai Berbatu Kerikil Putih

Pantai Pidaan merupakan kawasan pantai landai berkarang kecil di sebelah timur kota Pacitan. Keberadaan pantai ini belum banyak dikenal oleh wisatawan karena pantai belum lama dikembangkan menjadi obyek wisata. Daya tarik utama yang ditawarkan pantai ini adalah pantai landai berbatu karang putih. Saat ombak sedang surut terlihat dasar karang yang banyak ditemui terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang terjebak diantara bebatuan.

Pantai Pidaan (Pida’an) berada di dusun Godek Kulon, desa Jetak, kecamatan Tulakan, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jalan Menuju Pantai Pidaan Pacitan

Lokasi Pantai Pidaan berada di sebelah timur pusat kota kabupaten Pacitan. Rute menuju pantai ini dari pusat kota Pacitan ke arah timur melewati Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Posisi pantai ini berada di sebelah barat dari Pantai Soge, bila kendaraan yang digunakan tiba di Pantai Soge dipersilakan berputar arah. Perhatikan sisi kanan jalan dan carilah papan petunjuk menuju ke Pantai Pidaan. Gang masuk menuju Pantai Pidaan merupakan jalan sempit yang kondisinya sudah beraspal baik. Akses jalan tersebut mampu dilewati kendaraan hingga beroda empat. Memasuki gerbang masuk kawasan Pantai Pidaan, pengunjung ditarik retribusi masuk yang dikelola masyarakat setempat.

Area Parkir Pantai Pidaan Pacitan

Jalan beraspal kecil yang dilalui langsung menuju ke tepi Pantai Pidaan Pacitan. Dari atas jalan ini pengunjung langsung disambut pemandangan kawasan Pantai Pidaan dari ujung sebelah timur hingga sebelah barat. Deburan ombak terlihat jelas bila pengunjung melihat ke arah bawah dari tepi jalan. Sebelum berkeliling kawasan pantai Pidakan, pengunjung dipersilakan memarkir kendaraan ditempat yang telah disediakan. Area parkir wisata cukup luas dan mampu menampung puluhan kendaraan beroda empat. Hanya saja lahan atau area parkir baru berupa lahan tanah yang belum dipaving. Disekeliling area parkir banyak ditemui pohon kelapa yang jarak tanamnya berdekatan dan cukup lebat. Kondisi ini membuat suasana sekitar menjadi lebih teduh dan sedikit terhindar dari sengatan sinar matahari.

Baca Juga  4 Potensi Wisata Air Terjun Di Ngawi

Pemandangan Pantai Pidaan Pacitan Sisi Timur

Pantai Pidaan Pacitan dapat digolongkan sebagai pantai perawan karena kondisinya masih sangat alami dan belum mengalami perubahan akibat campur tangan manusia. Keseluruhan pantai ini merupakan pantai landai tanpa ada tebing karang atau bukit yang membatasinya. Cirikhas yang unik dari Pantai Pidaan sendiri adalah material yang ada di tepi pantai berupa batuan alam seukuran kerikil berwarna putih. Jumlahnya cukup banyak dan hampir memenuhi seluruh garis pantai tersebut. Bentuk batu alam tersebut bermacam-macam ukuran dan bentuk mulai dari bulat, lonjong, berukir-ukiran, hingga menyerupai karang.

Papan Larangan Di Pantai Pidaan Pacitan

Bagi penyuka kawasan pantai yang memiliki pasir pantai yang melimpah, nampaknya pengunjung Pantai Pidaan Pacitan akan kecewa. Pasalnya, jumlah pasir pantai di sekitar Pantai Pidaan sangat sedikit dan sebagian tenggelam oleh tumpukan bebatuan berwarna putih tersebut. Bila pengunjung ingin merasakan atau bermain pasir pantai dipersilakan memilih pantai lain yang ada didekatnya seperti Pantai Soge dan Pantai Taman.

Batuan Di Tepi Pantai Pidaan Pacitan

Bicara mengenai fasilitas pendukung wisata di kawasan Pantai Pidaan Pacitan, kondisinya masih minim dan belum selengkap fasilitas wisata di pantai lain yang ada di dekatnya. Alasannya pantai ini dikembangkan oleh masyarakat setempat dengan dana yang terbatas. Selain itu usulan pembangunan kawasan ini yang diajukan kepada pemerintah desa setempat juga belum disetujui. Hingga saat ini fasilitas yang telah tersedia baru sebatas area parkir dan kamar mandi umum.

Baca Juga  Berpetualang Ke Pulau Mengkudu

Pemandangan Sisi Barat Pantai Pidaan Pacitan

Pantai Pidaan Pacitan sudah mulai dikunjungi wisatawan pada hari libur sedangkan pada hari-hari biasa terlihat sepi. Aktivitas yang tampak pada hari-hari biasa adalah para pemancing di tepi laut dan para pencari rumput laut disela-sela batu karang. Pengelolaan kawasan Pantai Pidaan sepertinya belum maksimal dan masih kurang promosi agar mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Pidaan (Pida'an)
Dusun Godek Kulon, Desa Jetak, Kecamatan Tulakan, kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk: Rp 3.000,-
Parkir Motor: -
Parkir Mobil: -

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Elip:

    mass jagi ngiler nih lihat keindahan pantai dan bebatuannya…keren

Kirim pendapat