Pantai Pesewan Gunungkidul, Pantai Yang Belum Tercatat

Pantai Pesewan merupakan salah satu pantai yang luput dari daftar kawasan pantai di Gunungkidul. Keberadaannya cukup tersebunyi diantara dua buah tebing tinggi di kawasan pantai yang terkenal di wilayah timur Gunungkidul yaitu Pantai Wediombo. Akses menuju kawasan pantai ini cukup sulit dan pantai ini dirasa kurang memiliki daya tarik wisata yang menarik dan terkesan kotor.

Pantai Pesewan berada di dalam kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul. Pantai ini secara administratif berada di desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Celah Pantai Pesewan Wediombo

Lokasi Pantai Pesewan Wediombo berada di sebelah timur kawasan Pantai Watu Lumbung. Pantai ini diapit dua tebing yang cukup tinggi yang langsung menghadap ke laut dalam. Satu-satunya akses untuk menuju pantai ini hanya dapat ditempuh dengan berjalan kaki melewati jalan setapak di timur area parkir Pantai Watu Lumbung. Tidak ada akses jalan lain seperti menyusuri tepi pantai karena kondisi tebing yang menjorok ke tengah laut. Pemandangan kawasan Pantai Pesewan mulai terlihat ketika mendekati lokasi.

Pantai Pesewan Wediombo merupakan pantai landai dengan sedikit berpasir putih dan lebih didominasi batuan kecil dan sedang di pinggir pantai. Bentuk tebing karang yang ada di sekitar Pantai Pesewan hampir sama dengan pantai-pantai yang berada di sekitar Pantai Wediombo yang terbentuk dari letusan gunung berapi purba. Beberapa patahan lapisan batuan lava yang membatu tampak di tepi tebing pantai sisi timur.

Baca Juga  Pantai Njujugan Wonogiri, Pantai Kecil Yang Tersembunyi

Hamparan Pasir Pantai Pesewan Wediombo

Pantai Pesewan juga merupakan muara sungai kecil yang dialiri air saat hujan saja. Muara sungai yang berada di kawasan pantai ini tidak langsung mengarah ke laut namun membentuk kubangan kecil di tepi pantai. Sampah yang ada disekitar kawasan pantai merupakan sampah yang hanyut oleh air dari atas bukit atau dibawa oleh arus ombak ke daratan. Sampah basah yang tertahan di area pasir pantai menimbulkan bau yang tidak sedap dan banyak dikerumuni oleh lalat. Saat musim kemarau aliran air yang mengarah ke Pantai Pesewan mengering dan tampak bekas-bekas aliran sungai pada dinding tebing dan batuan.

Beberapa informasi menyebutkan bahwa Pantai Pesewan Wediombo pernah menjadi tempat dilaksanakan Tradisi Ngalangi oleh masyarakat sekitar. Namun hal tersebut tidak diselenggarakan lagi di tempat ini dan dipindah ke kawasan Pantai Wediombo yang garis pantainya lebih luas dan mampu menampung banyak orang. Saat ini Pantai Pesewan Wediombo hanya menjadi tempat memancing dan mencari ikan dengan jebakan yang dipasang pada sore hari dan dipanen pada pagi hari berikutnya. Tidak ada aktivitas lain yang tampak ketika kami mengunjungi kawasan pantai ini. Pantai ini tidak cocok dijadikan kawasan wisata karena sulitnya akses, kondisinya yang kotor, dan pemandangannya tidak semenarik pantai lain yang ada didekatnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Pesewan
Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat