Pantai Pererenan Badung, Suasana Pantai Sunyi Nan Damai

Pantai Pererenan Badung, Suasana Pantai Sunyi Nan Damai
3 (60%) 2 votes

Pantai Pererenan merupakan salah satu kawasan pantai yang berada di daerah Badung Bali yang kondisinya masih cukup alami. Keberadaan pantai ini belum banyak didengar karena belum secara maksimal dikembangkan menjadi obyek wisata seperti pantai lain yang berada di dekatnya yaitu Pantai dan Pura Tanah Lot.

Pantai Pererenan (Pererenan Beach) terletak di Jalan Pantai Pererenan, desa Pereren, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, Bali.

Lokasi Pantai Pererenan berada di daerah Mengwi Badung atau tepatnya diapit oleh dua buah pantai biasa yaitu Pantai Echo dan Pantai Munggu. Rute menuju pantai ini hampir sama seperti menuju ke Pantai dan Pura Tanah Lot. Bedanya letak pantai ini sebelum dari Pantai dan Pura Tanah Lot dengan memperhatikan petunjuk arah menuju ke Jalan Pantai Pererenan. Hanya saja nama petunjuk arah tesebut cukup kecil atau dibilang tidak ada sehingga membuat orang tersesat ketika pertama kali menuju ke pantai ini. Area parkir yang disediakan cukup luas untuk menampung kendaraan roda dua dan roda empat. Smentara ini pengelolaan pantai dilakukan oleh desa adat setempat.

Pantai Pererenan memiliki kontur pantai yang landai dimana mirip seperti pantai yang ada disekitarnya seperti Pantai Echo, Pantai Munggu, Pantai Seseh, dan sebagainya. Pasir pantai ini berwarna kecoklatan yang berbeda dengan pasir pantai di Pantai Kuta. Bila terkena air ombak warna pasir pantai akan berubah menjadi gelap atau hitam. Sekitar 50 meter dari tepi pantai dibangun tanggul penahan ombak untuk mencegah abrasi pantai. Posisi pantai ini mengarah ke selatan dan agak serong ke barat sehingga masih memungkinkan untuk menikmati matahari terbenam atau sunset.

Pengunjung yang datang ke Pantai Pererenan sebagian besar merupakan wisatawan yang menginap di resort dan hotel yang terdapat di sekitar pantai tersebut. Sebagian besar dari mereka merupakan wisawatan mancanegara dan sebagian kecil merupakan wisatawan lokal. Aktivitas pada waktu pagi dan siang hari lebih banyak digunakan sebagai tempat berjemur dan berselancar (sufing). Sedangkan pada waktu sore hari pantai ini dikunjungi sebagai tempat menikmati senja dan matahari terbenam.

Fasilitas pendukung wisata Pantai Pererenan hampir sama seperti pantai-pantai lain yang ada didekatnya. Sebut saja area parkir kendaraan, kamar mandi umum, warung makan, hingga cafe dan restoran. Beberapa informasi menyebutkan bahwa saat ini telah dibangun patung Dewa Baruna yang sedang menunggangi Gajah Mina. Patung setinggi 12 meter ini merupakan simbol penguasa lautan. Diharapkan keberadaan patung yang menjadi ikon baru ini dapat menambah daya tarik pantai ini. Secara keseluruhan Pantai Pererenan dapat menjadi alternatif wisata pantai yang dekat dengan obyek wisata Pantai Dan Pura Tanah Lot Bali. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Pererenan
Jl. Pantai Pererenan, desa Pereren, kecamatan Mengwi, kabupaten Badung, Bali.

Kirim pendapat