Pantai Penyusuk Bangka, Senja Diantara Batuan Granit

Di bagian lain di ujung utara Pulau Bangka ada sebuah pantai yang cukup indah. Perjalanan sekitar satu jam dari dusun Pesaren. Dalam perjalanan kami melewati beberapa tambang timah inkonvensional yang terletak di sebelah kanan dan disebelah kiri jalan. Dan akhirnya tidak terasa telah sampai di Pantai Penyusuk.

Pantai Penyusuk terletak di Ujung utara pulau Bangka, tepatnya di semenanjung Penyusuk. Merupakan pantai yang landai dan terdapat banyak kumpulan batuan yang berwarna putih. Pantai ini menghadap ke utara dan ke barat sehingga sangat cocok untuk menikmati pesona sunset.

Pemandangan Pantai Penyusuk Bangka Sisi Utara

Pertama kali datang di Pantai Penyusuk, suasana pantai masih tergolong sepi. Tidak terdapat pedagang makanan ataupun penjaga obyek wisata. Saya mengira pantai ini baru akan dikembangkan sebagai obyek pariwisata baru. Pantai yang menghadap ke utara, arus lautnya cukup deras sehingga tidak terdapat kapal nelayan di pinggir pantai.

Aktivitas Nelayan Di Pantai Penyusuk Bangka

Di pantai yang menghadap ke barat ada sedikit perbedaan dimana arus laut lebih tenang. Sehingga ada beberapa kapal nelayan yang berada di pinggir pantai. Selain itu desebelah barat juga terdapat sebuah pulau kecil yang dinamakan pulau Lampu. Terdapat sebuah mercusuar di tengah-tengahnya yang menyorotkan lampu pada malam hari. Angin pantai yang sepoi-sepoi membuat suasana nyaman. Dan akhirnya detik-detik menjelang sunset sangat menakjubkan.

Baca Juga  Hening dan Khidmat Mewarnai Prosesi Melasti di Pantai Ngobaran

Kondisi Tepi Pantai Penyusuk Bangka

Matahari berangsur-angsur mengilang di ujung barat, seperti tenggelam di ujung lautan yang luas. Dan kemudian langit berubah menjadi biru kemerahan. Namun itu hanya sesaat, langit pun kembali kehilangan cahayanya dan dimakan gelapnya malam.

Perahu Dan Senja Di Pantai Penyusuk Bangka

Cukup puas menikmati sunset yang berlangsung indah ini. Akhirnya saya dan kawan-kawan kembali ke tempat tinggal kami yang berada di Desa Bintet.

Ada 36 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. arkasala:

    wuih, sampeyan pinter banget ambil gambar Mas. Saya belajar membidik objek kok ya gak mantap2 ya he he. Ada rekomen tentang kamera yang lumayan tapi murah ?
    Tks. Salam sukses selalu.

  2. zee:

    Ciee gayanya berfoto itu gak kuat :)

  3. dobleh yang malang:

    malam ang……………….
    blue senang jika abang bahagia heheh………….apalagi saat saat abang dalam moment yang sangat nice
    salam hangat selalu
    met menyambut hari kemenangan

  4. suryaden:

    tambang timah inkonvensional itu yang seperti apa ya? :D

  5. Pencerah:

    Betul, jd mupeng dgn potonya

  6. Film Anyar:

    Indonesia memang indah. Mangtaff

  7. Film Anyar:

    Pantes banyak yg mengklaim keindahan negara kita

  8. ~noe~:

    hmmm…
    ya
    diriku ketinggalan beberapa etape.
    pic itu. suasana yang syahdu untuk merenung dan menuliskan kata hati :-)

  9. mawi wijna:

    wah, sayang langitnya mendung

  10. geblek:

    sayang poto yg pertama langitnya ndak biru :)
    eh keren repiunya mas

  11. mbah gendeng:

    hmmm jadi kepengen kesana nih

  12. cerita cinta:

    sebentar lagi lebaran….
    libura ini mau kesana nggak..?

  13. Fickry:

    huaaaa.. keren bgt pantai nya no….

  14. zenteguh:

    wah keren banget mas..
    termasuk foto terakhir, konfigurasi jingga dan biru di langit pas banget dengan silut gelapnya. sip…

  15. andif:

    ini pantai yg dipakai suting laskar pelangi mas?

  16. IHSAN:

    Indah sekali

    saya jarang lihat indahnya pantai seperti begitu

    soalnya yang ada hanya hutan di kotaku, terbakar lagi :(

  17. marsudiyanto:

    Jenenge desane kok koyo ning Jowo yo
    Bintet…

  18. masoglek:

    fotonya itu lho mas, keren2 piye :D

  19. Alief:

    Wuih,gak di jawa gak di bangka,jalan2 trus lanjut.
    Lanjutkan

  20. Fonega:

    waaah, apiiiik :)
    jadi pingin..

  21. cyzko:

    wah keren bagus dua jempol buat foto2 nya…

  22. Blog Informasi:

    wah indah juga yah pantainya apalagi kalo uda sunset heheh… met lebaran yah…

  23. tuyi:

    Indah dan elok pantainya ya Mas….apalgi kalo ada sunsetnya…

  24. Wisata Riau:

    Wah.. keyeen sobt…. senja aja kayak gini.. apa lagi.. pagi… hehehe

  25. Yuda:

    jan mantep. kapan kapan aku mbok di ajak to kang

  26. addiehf:

    jari telunjuknya kok ditiupin, kena bara api yah (lmao)

  27. Ankardiansyah Pandu Pradana:

    Mas, kapan-kapan ajak aku touring dunk….
    hehehe

  28. Itik Bali:

    Hmmm ..ternyata di Indonesia begitu banyak keindahan yang bisa ditampilkan
    kapan-kapan pengin ah kesana

  29. edratna:

    Foto2 nya indah….Indonesia alamnya memang indah

  30. edylaw:

    wah……………………………. kamopung halaman nih :D
    btw, desa bintetnya di mana sob? apakah pernah 1 sekolah dengan saya di SDN256???? hahahahaha
    salam kenal dari orang bukitpesaren

    • annosmile:

      kemarin saya KKN disana nih
      di pesaren pantai, bukit, beting, dan bintet :)

  31. edylaw:

    oh KKn toh :D kirain asli orang sana :D
    pemandangan kampung gw mantap gak sob? :D

  32. novi cuk lanang:

    sayang mas jauh sekali.
    tapi kalau kesana boleh deh rasanya saya untuk coba…

  33. mbah cyber:

    indah banget coy, sayang terumbu karang banyak yang rusak

  34. cyberbangka:

    Lam kenal sob, ane blogger asal bangka, artikel yang menarik nich..izin copas sedikit ya, soalnya ane belum sempat kesana

    • annosmile:

      mohon kasih sumbernya ya bro
      thx :)

Kirim pendapat