Pantai Pelang, Pantai Terluas Di Ujung Barat Trenggalek

Pantai Pelang, Pantai Terluas Di Ujung Barat Trenggalek
4 (80%) 2 vote[s]

Pantai Pelang merupakan salah satu pantai di kabupaten Trenggalek yang memiliki daya tarik unik air terjun di tepi laut. Selain itu pantai ini memberikan daya tarik lain berupa pantai nan luas dan landai dan goa alami yang juga berada di tepi pantai. Potensi wisata Pantai Pelang yang cukup besar tidak membuat kawasan pantai ini terkenal karena jarak menuju pantai ini yang cukup jauh dari pusat kota dan minimnya sarana prasarana yang ada.

Pantai Pelang terletak di desa Wonocoyo, kecamatan Panggul, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur. Jarak dari pusat kota Trenggalek ke arah barat daya sejauh 57 km.

Jembatan Menuju Pantai Pelang Trenggalek

Lokasi Pantai Pelang berada di sebelah barat kabupaten Trenggalek yang dekat dengan perbatasan kabupaten Pacitan. Rute dari pusat kota Trenggalek ke arah barat daya menuju kecamatan Panggul. Lama perjalanan sekitar 2-3 jam dengan kendaraan berkecepatan sedang. Kondisi jalan sudah beraspal baik dan lebar karena digunakan sebagai jalur penghubung Jalur Lintas Selatan (JLS) dengan pusat kota Trenggalek. Perjalanan menuju ke lekasi pantai dapat menggunakan kendaraan pribadi hingga kendaraan umum. Bila menggunakan kendaraan umum dimulai dari Terminal Bus Trenggalek dengan menaiki minibus jurusan Trenggalek – Lorok (Pacitan) dan turun di kecamatan Panggul Trenggalek tepatnya di gang jalan menuju Pantai Pelang. Perjalanan dilanjutkan dengan ojek motor hingga tiba di kawasan pantai. Biaya ojek motor berkisar 10-20rb dan pintar-pintarnya dalam menawar.

Muara Sungai Dan Pohon Cemara Udang Di Pantai Pelang Trenggalek

Pengunjung diwajibkan membayar retribusi masuk Pantai Pelang yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat. Perjalanan dilanjutkan hingga tiba di kawasan parkir wisata Pantai Pelang. Kondisi area parkir Pantai Pelang cukup teduh karena banyak pohon perindang namun kondisinya kurang terawat. Setumpuk sampah dibiarkan menunpuk di pojok area parkir tanpa ada kejelasan untuk dibersihkan dan diangkut petugas kebersihan

Baca Juga  Studi Wisata BBIB Singosari Malang

Area parkir cukup dekat dengan kawasan Pantai Pelang dan hanya dibatasi oleh sungai kecil yang mengarah ke sisi paling barat pantai. Pengunjung dapat menuju Pantai Pelang dengan menggunakan jembatan kayu yang telah dibangun atau bisa juga menyebrangi sungai kecil yang dangkal. Saat ini telah dibangun dua buah jembatan kayu, yang pertama langsung dari area parkir menuju ke pantai dan yang kedua menyisir sungai ke sisi barat pantai terlebih dahulu.

Hamparan Pasir Pantai Pelang Trenggalek

Pilihan menarik adalah memilih jembatan kayu yang menyisir aliran sungai dan menuju kawasan Pantai Pelang sebelah barat atau paling barat. Dalam perjalanan menyusuri jembatan kayu pengunjung akan disuguhkan beragam pemandangan menarik dan tidak akan membuat bosan. Pemandangan menarik yang ditawarkan seperti pemandangan dinding tebing karang yang cukup tinggi dan terdapat rongga seperti goa kecil, pemandangan pohon cemara udang yang ditanam berjajar rapi di sepanjang aliran sungai, dan aliran sungai yang bersih dengan pantulan air sungai seperti cermin.

Pulau Kecil Di Pantai Pelang Trenggalek

Kawasan Pantai Pelang cukup luas dan memiliki garis pantai lebih dari dua kilometer dengan luas 10 hektar. Pantai Pelang memiliki kontur pantai landai berpasir putih sedikit kecoklatan. Kondisi ombak cukup tinggi di tengah lautan namun mendekati tepi pantai menjadi pelan karena landainya kawasan pantai dan ketiadaan karang di dasar pantai atau laut. Meskipun ombak pantai cukup tenang di tepi pantai, larangan berenang di laut tetap diberlalukan karena ombak samudera cukup berbahaya.

Saat Pantai Pelang sedang surut, pasir pantai yang sebelumnya terkena air dari ombak laut memantulkan bayangan seperti cermin. Pada bagian tengah Pantai Pelang terdapat pulau batu kecil yang banyak ditumbuhi tanaman khas pesisir pantai selatan. Namun sepertinya tidak dapat dijangkau atau kunjungi karena kedalaman air sudah cukup dalam dan tingginya gelombang ombak.

Baca Juga  Goa Sunan Mas Bantul Dan Beberapa Versi Ceritanya

Garis Pantai Pelang Trenggalek Yang Luas Dan Memanjang

Pemandangan lain di sekitar Pantai Pelang adalah keberadaan kapal besar yang terdampar di tepi pantai. Kapal terdampar ini dibiarkan saja di tepi pantai karena ukurannya yang cukup besar dan diperlukan banyak biaya untuk mengembalikannya ke laut atau dibongkar. Saat ini kondisi kapal terdapar yang ada sebagian karam atau amblas ke dalam pasir dengan kondisi miring.

Fasilitas pendukung wisata Pantai Pelang bisa dikatakan minim karena kondisinya tidak terawat dan sebagian mengalami kerusakan. Kondisi kamar mandi umum yang ada sudah tidak dapat digunakan lagi karena atap dan pintunya mengalami kerusakan. Arena bermain anak yang berada di sekitar pantai sudah dapat dipakai karena kotor oleh sampah yang berserakan dan sebagian mengalami kerusakan yang cukup parah. Pengunjung harus maklum dengan kondisi ini ketika datang di kawasan Pantai Pelang.

Annosmile Di Pantai Pelang Trenggalek

Pantai Pelang Trenggalek menyajikan kawasan pantai landai yang sangat luas bahkan paling luas se-kabupaten Trenggalek. Pantai ini memiliki potensi keindahan alam yang jarang ditemui di obyek wisata lain seperti keberadaan air terjun sekaligus goa alami di tepi pantai. Pemerintah daerah harus lebih serius mengelola daya tarik wisata di daerahnya dan memperbaiki fasilitas pendukung wisata yang ada. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Pelang
Desa Wonocoyo, Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk Hari Biasa Anak-Anak: Rp 5.000,-/orang
Tiket Masuk Hari Biasa Dewasa: Rp 7.500,-/orang
Tiket Masuk Hari Libur Anak-Anak: Rp 6.000,-/orang
Tiket Masuk Hari Libur Dewasa: Rp 8.000,-/orang
Parkir Motor: -
Parkir Mobil: -

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Arno R Sukarno:

    Nice info mas, bisa jadi referensi hunting photo berikutnya

Kirim pendapat