Pesona Pantai Pasir Putih Karanggongso

Pesona Pantai Pasir Putih Karanggongso
4.5 (90%) 2 votes

Pantai Pasir Putih merupakan salah satu pemekaran wilayah pantai dalam kawasan Pantai Karanggongso Trenggalek. Pantai ini cukup mendapat respon positif dari wisatawan yang pertama kali berkunjung. Fasilitas yang lengkap, penataan kawasan yang rapi serta tertib menjadi kunci keberhasilan pengembangan tempat wisata ini.

Pantai Pasir Putih Karanggongso terletak di desa Karanggongso, kecamatan Watulimo, kabupaten Trenggalek, Jawa Timur.

Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek Dari Atas Bukit

Rute menuju Pantai Pasir Putih Karanggongso dari kota Trenggalek cukup mudah karena banyak informasi petunjuk jalan. Kondisi jalan yang dilalui cukup lebar meskipun harus naik turun bukit. Saat tiba di kawasan Watulimo, ikuti papan petunjuk arah hingga tiba di kawasan Pantai Karanggongso. Dari pintu retribusi kawasan pantai Karanggongso ikuti jalan terus hingga melewati sebuah bukit kecil, mengambil jalan memutar ke arah kanan, dan tiba di kawasan Pantai Pasir Putih.

Jembatan Kecil Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek

Pantai Pasir Putih sebenarnya merupakan bagian dari kawasan Pantai Karanggongso Trenggalek yang memekarkan diri. Pemandangan alam antara pantai Pasir Putih dengan pantai Karanggongso pun hampir sama karena hanya bersebelahan. Ombak lautan terlihat lebih tenang karena berada di dalam kawasan teluk. Bedanya posisi Pantai Pasir Putih lebih tersembunyi karena diapit dua buah tebing bukit. Kondisi alamnya pun terlihat lebih alami karena disekitar area pantai Banyak terdapat pohon-pohon besar dan semak belukar. Pada salah satu bukit banyak dihuni oleh kera-kera liar berukuran kecil.

Kondisi Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek Saat Surut

Kawasan Pantai Pasir Putih Trenggalek cukup tertata rapi dibandingkan pantai lain di dalam kawasan Pantai Karanggongso. Area parkir kendaraan pengunjung dibangun sedikit menjauh dari bibir pantai dan cukup menampung puluhan kendaraan beroda empat. Pedagang dilarang membuka warung atau berjualan disekitar area pasir pantai karena telah dibangunkan kios di sekitar area parkir. Pemandangan terlihat bersih karena tidak terlihat tenda-tenda kumuh pedagang di sekitar tepi pantai. Penataan kawasan Pantai Pasir Putih Trenggalek terbukti berhasil dan terlihat nyaman dipandang.

Perahu Bersandar Di Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek

Kondisi pasir Pantai Pasir Putih Karanggongso benar-benar berwarna putih dan terasa lembut. Tidak tampak sampah berserakan di sekitar area pasir pantai. Sepertinya setiap hari selalu dibersihkan oleh petugas kebersihan yang ditunjuk oleh pengelola kawasan pantai. Pengunjung dihimbau untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah ditempat sampah yang disediakan di setiap sudut kawasan pantai.

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Pasir Putih terbilang cukup lengkap. Sebut saja area parkir yang luas, area kuliner masakan laut, kios-kios penjual souvenir, persewaan ban karet, wisata perahu, dan berbagai macam wahana permainan air. Setiap hari wisata keliling pantai dengan perahu mesin beroperasi mulai pagi hari hingga sore hari saat kondisi air laut sedang pasang. Pengunjung dapat menikmati wisata tersebut dengan mengunjungi dermaga kecil di salah satu sudut kawasan pantai.

Pasir Pantai Dan Rerimbunan Pohon Pantai Pasir Putih Karanggongso Trenggalek

Secara keseluruhan Pantai Pasir Putih Karanggongso cocok digunakan untuk wisata bersama keluarga, sahabat, bahkan rombongan. Kondisi alam yang masih alami dan bersih menjadi salah satu daya tarik utama pantai ini. Selain itu fasilitas pendukung wisata cukup lengkap dan terawat dengan baik. Hal ini membuat pengunjung betah dan ingin kembali ke tempat ini dilain waktu. Diharapkan pengunjung yang berwisata ke pantai ini juga menjaga kebersihan dan tidak melakukan pengrusakan fasilitas yang ada. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat