Pantai Parangtritis

Rate this post

Pantai Parangtritis merupakan salah satu dari sekian banyak pantai selatan di pulau Jawa yang cukup terkenal. Terletak di Kabupaten Bantul, sejauh ±30 ke arah selatan kota Yogyakarta. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah, meskipun ombak disana ada kalanya cukup besar. Angin yang bertiup kencang pada musim-musim tertentu membuat pantai Parangtritis cocok sebagai tempat pelaksanaan festival layang-layang.

Di pantai ini terdapat banyak bukit pasir yang disebut “gumuk pasir” oleh masyarakat sekitar. Oleh tiupan angin, permukaan pasir di bukit-bukit ini membentuk ‘lukisan alam‘ yang indah. Pada musim hujan, di beberapa cekungan di antara bukit-bukit pasir ini seringkali terbentuk danau semacam oase.

Terdapat mitos di pantai Parangtritis dimana adanya kerajaan Ratu Laut Selatan yang sejak dahulu memiliki hubungan dengan Sultan yang memerintah di Yogyakarta dan larangan memakai pakaian berwarna hijau ketika berada di pantai karena diyakini pakaian berwarna hijau merupakan warna kesayangan Ratu Laut Selatan.

Harga tiket masuk ke Obyek Wisata Pantai Parangtritis adalah sebesar Rp. 5.000,-/orang. Pantai Parangtritis dapat ditempuh dengan kendaraan umum seperti bus, travel, dan ojek atau kendaraan pribadi seperti mobil dan sepeda motor. Fasilitas Pantai Parangtritis tergolong lengkap dimana terdapat villa, hotel, penginapan, dan sebagainya.

-----------

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Estetika:

    Parang Tritis beach is OK

Kirim pendapat

error: Content is protected !!