Pantai Panekan Gunungkidul, Pantai Tebing Di Samping Ladang Pertanian

Pantai Panekan merupakan nama pantai tebing yang jarang atau bahkan tidak terdengar sama sekali di wilayah Gunungkidul. Lokasi pantai ini tidak jauh dari kawasan Pantai Gesing. Hanya saja, keberadaan Pantai Panekan hanya diketahui sebagian masyarakat sekitar yang berladang di dekat pantai tersebut. Meskipun panta tebing, pantai ini kurang cocok digunakan sebagai lokasi memancing.

Pantai Panekan (Panek’an) terletak di desa Girikarto, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Ladang Pertanian Di Pantai Panekan Gunungkidul

Lokasi Pantai Panekan berada disebelah barat kawasan Pantai Gesing. Ada dua cara menuju ke Pantai Panekan, pertama melalui jalur menuju Pantai Gesing dan kedua melalui jalur menuju Pantai Kesirat dan Pantai Wohkudu. Untuk menuju ke Pantai Panekan dengan jalur Pantai Gesing, kondisi jalan beraspal namun rusak parah. Sebelum memasuki kawasan Pantai Gesing ada jalan cor semen ke arah kanan. Ikuti jalan hingga tiba di kawasan pertanian yang berada di atas tebing yang berbatasan langsung dengan laut.

Rute Pantai Panekan Gunungkidul melalui Pantai Kesirat dan Pantai Wohkudu dengan mengikuti jalan cor semen hingga tiba pertigaan jalan. Pada pertigaan tersebut terdapat jalan alternatif menuju Pantai Gesing. Ikuti jalanalternatif tersebut hingga tiba di kawasan pertanian yang berada di atas tebing yang berbatasan langsung dengan laut. Tanda kawasan Pantai Panekan tidak ada, bila masih kurang yakin silakan tanya penduduk sekitar yang sedang berladang.

Batuan Dasar Tebing Pantai Panekan Gunungkidul

Kesan pertama mengenai Pantai Panekan Gunungkidul adalah kawasan ladang pertanian penduduk sekitar yang berada di atas tebing tepi laut. Tidak nampak tanda-tanda kawasan tersebut adalah area pantai walaupun sekedar pantai tebing. Dari tepi jalan nambah birunya laut lepas yang tidak terhalang apapun. Pada sisi sebelah kiri tampak sebuah bukit yang langsung menjorok ke laut tanpa ada jalan menuju ke bagian dasarnya. Pemandangan ke sisi sebelah kanan atau barat tidak jauh berbeda. Hanya saja pada sisi sebelah barat terdapat bukit kecil didasar tebing dimana terdapat jalur setapak dari tebing yang berada disebalik pantai ini.

Bukit Sisi Timur Pantai Panekan Gunungkidul

Masyarakat sekitar memanfaatkan area lahan di dekat Pantai Panekan Gunungkidul sebagai ladang bertani. Pada musim hujan digunakan untuk sawah tadah hujan yaitu bertani padi. Memasuki musim kemarau lahan tersebut ditanami tanaman palawija seperti jagung dan ketela pohon. Ketersediaan air untuk kebutuhan ladang hanya berharap dari air hujan saja dan tidak ada pengairan dari sumber air.

Tebing Sisi Barat Pantai Panekan Gunungkidul

Kedepannya, Pantai Panekan Gunungkidul kurang cocok dikembangkan sebagai lokasi wisata. Alasannya area tebing cukup curam dan sebagian besar area pantai sudah digunakan untuk ladang pertanian. Selain itu daya tarik wisata hanya berupa pemandangan lautan lepas dari ketinggian. Untuk aktivitas memancing sepertinya tidak memungkinkan karena tebing pantai terlalu tinggi dan didasar tebing banyak terdapat batu-batu besar yang berserakan. (text/foto: annosmile)

Baca Juga  Taman Hijau Patuk, Gerbang Masuk Wilayah Gunungkidul

Kirim pendapat