Pantai Palawan Singapura Dan Daya Tarik Gardu Pandang Dari Atas Pulau

Pantai Palawan Singapura Dan Daya Tarik Gardu Pandang Dari Atas Pulau
4 (80%) 1 vote

Pantai Palawan (Palawan Beach) merupakan salah satu wisata pantai di dalam kawasan Pulau Sentosa (Sentosa Island) Singapura. Pantai ini menjadi pilihan wisata pantai kedua di Singapura setelah Pantai Siloso. Pengunjung pantai ini rata-rata merupakan wisatawan mancanegara yang sedang berwisata di Pulau Sentosa yang terkenal dengan Resort World Sentosa (RWS) dan Universal Studio Singapore (USS).

Pantai Palawan terletak di Palawan Beach Walk, Sentosa Island, Singapore.

Lokasi Pantai Palawan berada di sebelah selatan Pulau Sentosa tepatnya disebelah timur dari wahana pertunjukan Wings Of Time dan Pantai Siloso. Cara menuju ke pantai ini dapat berjalan kaki di kawasan Pulau Sentosa atau menggunakan kereta listrik layang Sentosa Express. Pantai Siloso sebenarnya merupakan kawasan wisata pantai buatan yang dibangun di kawasan Pulau Sentosa untuk melengkapi daya tarik Resort World Sentosa (RWS). Pengunjung tidak dikenakan biaya alias gratis untuk mengunjung kawasan pantai ini. Pantai ini memiliki cirikhas pantai landai dan berpasir pantai putih lembut. Pada area berpasir ditanami pepohonan kelapa yang rimbun namun tertata dengan baik. Air lautnya terlihat bersih dengan warna hijau kebiru-biruan. Seluruh kawasan pantai dijaga kebersihannya sehingga wisatawan nyaman berada di pantai buatan ini.

Daya tarik utama Pantai Palawan sebenarnya pada bangunan gardu pandang di Pulau Palawan yang cukup dekat dengan bibir pantai karena hanya berjarak kurang dari 100 meter. Akses penghubung antara tepi pantai dengan pulau tersebut adalah jembatan gantung. Pengunjung dapat menyeberang ke Pulau Palawan melalui jembatan gantung tersebut secara bergantian dan tidak dikenakan biaya alias gratis. Bila jembatan gantung tersebut ramai dilewati pengunjung, rasakan sensasi goyangan jembatan gantung yang memacu adrenalin. Sekedar informasi, harap perhatikan batasan kapasitas orang yang menaiki jembatan gantung meskipun pengelola atu pembangun jembatan sudah memperhatikan standar keselamatan dan resiko saat merancang jembatan ini.

Pemandangan dari gardu pandang di Pulau Palawan cukup menarik karena tidak terhalang seperti di kawasan Pantai Siloso. Dari puncak gardu pandang, pengunjung dapat melihat pemandangan lautan yang luas hingga batas cakrawala. Pemandangan dari kejauhan nampak kapal-kapal besar seperti kapal pesiar, kapal kargo, dan kapal tanker pengangkut bahan bakar. Selain itu terlihat beberapa pulau kecil yang menjadi batas antara wilayah Singapura dengan wilayah Indonesia. Ada yang bilang pulau Batam kelihatan dari tempat ini namun sepertinya cukup jauh dan hanya bisa diamati bila menggunakan teropong. Bagi pengunjung khususnya wisatawan asing mungkin menganggap pemandangan dari gardu pandang Pulau Palawan ini biasa dan tidak menarik. Hal tersebut memang benar karena pantai ini tidak menonjolkan daya tarik wisata alamnya melainkan daya tarik hiburan dan fasilitas lengkap di kawasan pantai.

Pengunjung atau wisatawan yang datang ke Pulau Palawan setelah melewati jembatan gantung langsung menuju ke sisi selatan pulau untuk melihat pemandangan lautan sekaligus berfoto di tepi pantai. Spot pandang ini cukup favorit karena tidak perlu berjalan menaiki tangga. Selanjutnya bagi pengunjung yang masih penasaran dipersilakan naik ke atas gardu pandang yang terdapat dua buah di samping kiri dan kanan dengan ketinggian 3 (tiga) lantai. Satu-satunya akses menuju puncak gardu pandang dengan menaiki anak tangga kayu dan tidak tersedia lift untuk naik. Udara siang hari yang panas membuat sebagian pengunjung mengurungkan niat untuk naik dan memili kembali ke area pantai setelah berfoto di tepi selatan Pulau Palawan. Sedikit saran apabila berkunjung ke area gardu pandang ini pada pagi hari atau sore hari saat udara tidak terlalu panas.

Fasilitas yang ada di kawasan Pantai Palawan antara lain KidZania Singapore, Port of Lost Wonder waterpark, 7 Eleven, Palawan Amphitheatre, Animal and Bird Encounters, Food Court, Bora Bora bar, Capella Club House, dan Palawan Beach Car Park. Aktivitas yang terlihat di Pantai Palawan pada pagi hari hingga siang hari adalah turis mancanegara khususnya dari Eropa dan Amerika berjemur di kawasan pantai ini. Menjelang sore hari, wisatawan mancanegara dan wisatawan lokal berkunjung ke pantai ini untuk menikmati suasana sore dan matahari terbenam atau sunset. Bahkan sebagian diantaranya menghabiskan malam di pantai ini karena di pantai ini tersedia restoran, bar, dan club. (text/foto: annosmile)

Stasiun Monorail Terdekat (Nearest Monorail Station)

Beach Station (Sentosa Express)

INFORMASI
Pantai Palawan
Palawan Beach Walk, Sentosa Island, Singapore

Kirim pendapat