Pantai Njujugan Wonogiri, Pantai Kecil Yang Tersembunyi

Pantai Njujugan merupakan salah satu kawasan pantai yang berada di sebelah barat wilayah Wonogiri. Sebagian besar orang menganggap kawasan pantai ini merupakan satu kesatuan dengan Pantai Nglojok. Pantai ini cukup sempit dan tersembunyi diantara dua tebing karang. Kawasan pantai landai berpasir putih dengan batuan karang akan terlihat ketika kondisi ombak sedang surut dan tenang.

Pantai Njujugan (Jujugan) berada di desa Paranggupito, kecamatan Paranggupito, kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah.

Pemandangan Pantai Njujugan Wonogiri Dari Atas Bukit

Lokasi Pantai Njujugan berada di sebelah barat Pantai Nglojok Wonogiri dan sebelah timur Pantai Dadapan (Mangetan) yang merupakan pantai tapal batas wilayah kabupaten dan propinsi antara kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta dengan kabupaten Wonogiri Jawa Tengah. Akses jalan yang dilalui sama dari desa Paranggupito melewati jalan cor semen yang berakhir dengan jalan tanah. Melihat kondisi jalan yang ada disarankan menggunakan kendaraan roda dua seperti sepeda motor.

Pantai Njujugan Wonogiri saat ini hanya bisa dinikmati dari atas bukit sebelah timur karena ombak sedang pasang tinggi. Jalan setapak menuju ke lokasi pantai sudah dibuat namun masih sempit dan sedikit tertutup oleh rerimbunan pohon. Ketika mendekati kawasan pantai, terlihat hamparan pasir pantai tenggelam oleh ombak pasang dan hanya menyisakan jalan setapak turun dari atas tebing. Disarankan untuk melihat cuaca terlebih dahulu sebelum menuju ke Pantai Njujugan dan sekitar agar tidak kecewa ketika datang. (text/foto: annosmile)

Kirim pendapat