Pantai Njanganan Gunungkidul, Antara Penasaran Dan Cuaca Mendung

Pantai Njanganan Gunungkidul, Antara Penasaran Dan Cuaca Mendung
3 (60%) 2 votes

Pantai Njanganan Saptosari mungkin lebih dikenal oleh para pemancing laut dibandingkan para wisatawan. Pantai ini memang memberikan daya tarik berupa lokasi memancing laut yang cukup strategis dan banyak dijumpai ikan-ikan besar pada laut dibawahnya. Pantai Njanganan mulai dilirik untuk dikunjungi ketika telah dibuat akses kendaraan hingga kawasan Pantai Ngeden yang berada disebelah timurnya.

Pantai Njanganan terletak di dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta. Pantai Njanganan merupakan pantai tebing yang cocok sebagai spot memancing (rock fishing).

Jalan Setapak Menuju Pantai Njanganan Saptosari

Lokasi Pantai Njanganan berada di sebelah barat dari Pantai Nglimun atau beberapa pantai dari kawasan Pantai Ngeden (ngedan). Belum ada papan informasi dan petunjuk arah mengenai keberadaan Pantai Njanganan. Sebagian besar orang menganggap wilayah pantai di sebelah barat Pantai Nglimun adalah kawasan pantai tebing yang tidak bernama.

Akses jalan menuju ke Pantai Njanganan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak. Ada dua jalan setapak menuju Pantai Njanganan yang pertama lewati jalan setapak yang ada disebelah barat Pantai Ngeden dan yang kedua melalui jalan setapak dari sisi timur Pantai Butuh (Mbutuh). Jalan terdekat menuju ke Pantai Njanganan melewati jalan setapak yang melewati Pantai Ngeden. Waktu tempuh menuju kawasan Pantai Njanganan adalah sekitar 15 hingga 20 menit.

Tebing Pantai Njanganan

Pantai Njanganan memiliki ciri utama berupa pantai tebing karang seperti pantai Nglimun yang ada disebelah timurnya. Bagian pantai Njanganan yang terdapat jalan turun ke dasar tebing konon terbentuk akibat rontoknya tebing karang akibat korosi atau gerusan air laut. Dasar tebing tersebut sering digunakan nelayan untuk memasang jaring untuk mencari lobster yang hidup di karang-karang dasar tebing.

Kondisi dasar laut di sekitar Pantai Njanganan cukup dalam dan terlihat berwarna kebiruan dari atas tebing. Ombak besar yang langsung menghembas tebing karang adalah pemandangan yang sudah biasa di kawasan pantai ini. Pemandangan ke arah lautan terlihat luas tanpa penghalang seperti pemandangan dari Pantai Nglimun.

Nelayan Sedang Memasang Jebakan Jaring

Pantai Njanganan merupakan salah satu spot memancing laut favorit di kawasan Gunungkidul. Keberadaannya menjadi pelengkap lokasi memancing dengan Pantai Nglimun yang ada disebelahnya. Pemancing biasanya menuju ke Pantai Njanganan ketika kawasan Pantai Nglimun penuh dengan orang memancing begitu juga sebaliknya. Menjelang sore hari cukup banyak orang berdatangan untuk memancing di kawasan Pantai Njanganan dan pulang saat keesokan paginya.

Cuaca mendung berpotensi hujan membuat kami tidak nyaman berlama-lama di kawasan Pantai Njanganan. Pantai Njanganan tidak dibangun fasilitas untuk berteduh atau berlindung dari cuaca hujan atau sengatan sinar matahari. Angin dari tebing Pantai Njanganan pun terasa cukup kencang ketika akan hujan dan akhirnya kami mengakhiri kunjungan di Pantai Njanganan. (text/foto: annosmile)

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Info-Menarik.NET:

    Daerah saya juga berada disekitar pantai mas. Dan memang asyik ya mas jika kita main di pantai, apalagi saat sore hari …
    Oh iya salam kenal dan salam persahabatan … :)

  2. Jarwadi MJ:

    aku malah belum pernah sampai sini. padahal seharusnya tidak terlalu jauh

Kirim pendapat