Pantai Nguyahan, Pantai Berpasir Lembut Di Wilayah Saptosari Gunungkidul

Pantai Nguyahan, Pantai Berpasir Lembut Di Wilayah Saptosari Gunungkidul
3.5 (70%) 2 votes

Pantai Nguyahan Gunungkidul merupakan salah satu pantai yang letaknya berdekatan dengan Pantai Ngobaran. Pantai ini belum lama dikembangkan sebagai kawasan wisata untuk melengkapi daya tarik wisata Pantai Ngobaran. Daya tarik utama yang ditawarkan oleh Pantai Nguyahan adalah pantai landai berpasir putih yang kondisinya masih cukup alami. Pembangunan kawasan wisata Pantai Nguyahan tergolong cukup pesat karena saat ini sudah dibangun fasilitas modern seperti terminal parkir yang luas dan dikelilingi oleh kios-kios pedagang.

Pantai Nguyahan terletak di desa Kanigoro, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul. Pantai ini tergolong pantai perawan karena akses menuju kawasan ini cukup sulit dan belum tersedia fasilitas pendukung wisata.

Pemandangan Pantai Nguyahan Gunungkidul Sebelah Barat

Lokasi Pantai Nguyahan Gunungkidul tepat berada di sebelah barat kawasan Pantai Ngobaran. Rute menuju Pantai Nguyahan dari pusat kota Yogyakarta dengan berpatok pada rute menuju ke Pantai Ngobaran. Saat tiba di Pantai Ngobaran langsung lurus menaiki dan menuruni bukit di sisi barat Pantai Ngobaran hingga tiba di area Pantai Nguyahan. Akses menuju ke Pantai Nguyahan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi mulai dari kendaraan roda dua hingga kendaraan roda empat. Bisa juga berjalan kaki melewati sebuah bukit karang dari kawasan Pantai Ngobaran.

Pengunjung Pantai Nguyahan Gunungkidul diberi pilihan untuk memarkir kendaraannya di kawasan Pantai Ngobaran atau langsung di kawasan Pantai Nguyahan. Kedua pantai tersebut hanya berjarak sekitar 200 meter dan cukup singkat ditempuh dengan berjalan kaki. Beberapa tahun yang lalu sebelum dibuka menjadi obyek wisata, kondisi Pantai Nguyahan sama sekali belum terdapat fasilitas apapun. Namun saat ini fasilitas di pantai ini telah lengkap dan dapat dimanfaatkan oleh pengunjung pantai.

Dasar Laut Pantai Nguyahan Gunungkidul Saat Ombak Surut

Pemandangan Pantai Nguyahan Gunungkidul dari atas bukit sebelah barat Pantai Ngobaran tampak indah. Pengunjung atau wisatawan tidak akan menyangka bahwa dibalik tebing Pantai Ngobaran tersimpan kawasan pantai berpasir putih yang indah dan terlihat masih alami. Gubug-gubug sederhana yang dibangun secara rapi di tepi pantai menambah daya tarik kawasan pantai ini. Selain itu tampak terminal parkir yang dikelilingi oleh kios-kois yang kondisinya baru selesai dibangun. Sepertinya pemerintah daerah setempat cukup serius untuk mengembangkan potensi wisata pantai di wilayah barat Gunungkidul.

Wisatawan yang memasuki kawasan Pantai Nguyahan Gunungkidul akan terpukau akan keindahan alam pantai ini. Pantai landai berpasir putih yang memanjang hingga tebing sisi barat menjadi daya tarik utama pantai ini. Dasar karang yang tampak saat Pantai Nguyahan sedang surut menambah daya tarik pantai ini. Pada sela-sela karang tersebut sering ditemukan ikan-ikan kecil yang terjebak dan jenisnya bervariasi. Selain itu rumput laut dan ganggang laut yang berada diantara karang-karang tumbuh dengan pesat dan memberikan warna kehijau-hijauan dari kejauhan. Masyarakat setempat sering memanen rumput laut saat ombak sedang surut. Mereka berjalan ke tengah laut sambil membawa pisau dan karung untuk mengambil rumput laut. Aktivitas semacam ini sering terlihat saat hari-hari biasa dan jarang terlihat saat musim liburan.

Asal Usul nama “Nguyahan” konon pada zaman dahulu di pantai ini, air lautnya mudah diolah menjadi garam. Beberapa penduduk sekitar yang kami temui bercerita bahwa dahulu pantai tersebut pernah digunakan sebagai tempat pembuatan garam.

Tebing Bukit Di Kawasan Pantai Nguyahan Gunungkidul

Gubug-gubug yang berdiri di kawasan Pantai Nguyahan Gunungkidul cukup menarik digunakan untuk bersantai sambil menikmati panorama pantai. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan tidak selengkap yang berada di kawasan pantai yang terdapat resto atau pantai. Namun setidaknya cukup untuk mengenyangkan perut dan menyegarkan tenggorokan yang kering. pada hari-hari biasa sebagian besar gubug-gubug tersebut tutup atau tidak menggelar dagangannya. Baru pada hari besar atau libur hampir semua warung membuka dagangannya.

Makanan dan minuman yang tersedia di kawasan Pantai Nguyahan Gunungkidul diantaranya nasi goreng, mie instan (rebus/goreng), minuman kemasan, hingga kelapa muda. Untuk hidangan olahan ikan laut tidak tersedia karena kawasan pantai tersebut tidak terdapat nelayan. Pengunjung dapat memesan menu olahan ikan laut namun harus menunggu lebih lama karena pemilik warung harus membeli ikan laut lebih dahulu di Pantai Ngrenehan. Sedikit saran, bertanyalah harga terlebih dahulu untuk menghidari praktek pemalakan pada wisatawan.

Batuan Karang di Pantai Nguyahan Gunungkidul

Pengunjung Pantai Nguyahan Gunungkidul semakin hari semakin bertambah walaupun belum sebanyak pantai Ngobaran yang berada disebelah timurnya. Namun peningkatan jumlah pengunjung cukup menggembirakan setelah selesai dibangunnya fasilitas di sekitar Pantai Nguyahan. Arus terbesar pengunjung Pantai Nguyahan pada hari libur atau akhir pekan. Rata-rata pengunjung yang datang untuk berwisata dengan bermain air laut, bermain pasir pantai, hingga piknik di tepi pantai.

Beberapa larangan diberlakukan untuk menjaga kelestarian alam Pantai Nguyahan Gunungkidul. Salah satunya adalah pengunjung atau wistawan dilarang untuk mengambil atau membawa pulang pasir pantai ini. Lembutnya pasir Pantai Nguyahan membuat sebagian orang tertarik untuk membawa pulang dan menjadikannya sebagai oleh-oleh. Pengelola kawasan pantai ini cukup tegas dan melakukan penjagaan dari pagi hingga sore hari. Pengunjung yang melanggar larangan ini akan diperingatkan dan dipersilakan mengembalikan pasir pantai ke tempat semula. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Nguyahan
Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, DIY

PETA

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. jarwadi:

    pas langit te apik je :D

  2. Nahdhi:

    Airnya lebih asin dari pantai yang lain ga? Biasanya untuk di daerah tropis air laut-nya tidak seasin di daerah sub-tropis atau kutub.

  3. jensen99:

    Kelihatannya dangkal dan berkarang ya? Pasirnya dikit? 

  4. dimas suyatno:

    oh..ini masih di gunung kidul juga ya

  5. Goiq:

    mantab.. mantab…

  6. Ceritaeka:

    Gunung Kidul itu memang gudangnya pantai2 keren!
    Btw tadi hampir aja siwer bacanya pantai Nguyuh-an :D
    *ditabok* haha

  7. SlameTux:

    Wuih… keren pantainya… :)

Kirim pendapat