Pantai Ngusalan Gunungkidul, Pantai Kecil Nan Tersembunyi

Pantai Ngusalan Gunungkidul, Pantai Kecil Nan Tersembunyi
3.5 (70%) 4 votes

Pantai Ngusalan merupakan kawasan pantai kecil di sebelah timur Pantai Jungwok Gunungkidul yang menghilang ketika ombak laut sedang pasang. Pantai ini terkesan kurang menarik karena kondisinya kotor akibat banyak sampah yang terdampar di kawasan pantai ini. Masyarakat sekitar memanfaatkannya sebagai lokasi mencari lobster yang bersembunyi diantara celah-celah karang.

Pantai Ngusalan terletak di desa Jepitu, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Pantai Ngusalan Gunungkidul Dari Atas Tebing

Lokasi Pantai Ngusalan Gunungkidul tepat berada dibalik tebing karang sebelah timur Pantai Jungwok. Kendaraan pengunjung dapat di parkir di area parkir Pantai Jungwok. Ada dua cara menuju ke Pantai Ngusalan. Cara pertama dengan menyusuri tepian tebing karang sisi timur Pantai Jungwok saat kondisi lautan sedang surut. Cara kedua bila kondisi ombak lautan sedang pasang dapat berjalan memutar dari Pantai Jungwok melewati jalur menuju ke Pantai Greweng. Sebelum tiba di sumber mata air menuju Pantai Greweng ada pertigaan ke arah kanan menuju ke pantai tersebut.

Tangga Turun Menuju Pantai Ngusalan Gunungkidul

Sebelum memasuki kawasan Pantai Ngusalan Gunungkidul, ada sebuah tangga dari kayu untuk turun menuju ke kawasan pantai. Tangga kayu ini dibuat oleh masyarakat setempat sebagai akses menuju kawasan pantai. Ketinggian tangga yang dibuat sekitar 4 meter dengan bahan kayu dari batang pohon yang ada disekitar. Cukup aman untuk menuruni tangga tersebut namun diharapkan digunakan secara bergantian.

Pantai Ngusalan Gunungkidul memiliki cirikhas sebagai pantai landai berpasir putih yang sempit. Pasir pantai berwarna putih kecoklatan karena basah terkena hempasan air laut saat pasang. Deburan ombak di pantai ini cukup kencang meskipun air laut belum pasang. Pemandangan ombak ini berbeda jauh dengan kondisi Pantai Jungwok yang terhalang pulau kecil. Diantara pasir pantai banyak terdapat batuan karang mulai ukuran yang kecil hingga berupa bongkahan batu yang besar. Pemandangan dari pantai ini sedikit mengarah ke timur sehingga memungkinkan sebagai lokasi menikmati matahari terbit.

Baca Juga  Mie Ayam Sukowati, Cita Rasa Mie Ayam Sragen Di Kota Gudeg

Pemandangan Pantai Ngusalan Gunungkidul

Secara keseluruhan Pantai Ngusalan Gunungkidul kurang menarik untuk dijadikan sebagai tempat wisata karena sempitnya area pantai. Selain itu pantai ini kurang memiliki cirikhas yang unik dan dapat diangkat sebagai modal daya tarik. Bagi wisatawan pecinta alam yang ingin berkemah atau camping di tempat ini bersiap-siap untuk kecewa karena tidak ada tempat yang aman untuk mendirikan tenda. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Ngusalan
Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 4 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Evi:

    Untuk foto yang terakhir, menurutku, pantainya lumayan menarik, Kak :)

    • admin:

      Hi Evi, lumayan mas sebagai tempat melepas lelah saat menyusuri kawasan pantai :-)

  2. warm:

    edan, makin banyak pantai yg belum saya jelajahi, tunggu ntar pas saya ke jogja, tak datengi satu2 kalo sempet hehe

    • admin:

      Hi Warm, kabar-kabar saja mas bro sapa tau bisa ikut :-)

Kirim pendapat