Pantai Ngunggah Gunungkidul, Tingginya Tebing Dan Perjalanan Yang Melelahkan

Pantai Ngunggah Gunungkidul, Tingginya Tebing Dan Perjalanan Yang Melelahkan
4 (80%) 2 votes

Pantai Ngunggah merupakan salah satu pantai tebing yang memiliki ketinggian cukup tinggi dan pada salah satu sisinya terdapat pantai landai berpasir putih. Pantai ini masih dapat disebut pantai perawan karena masih jarang dijamah oleh manusia karena sulitnya akses dari jalan utama. Kebanyakan orang yang datang ke tempat ini bertujuan untuk memancing di laut atau mencari rumput laut di dasar karang pantai.

Pantai Ngunggah terletak di dusun Pejaten, desa Giriwungu, kecamatan Panggang, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Area Parkir Pantai Ngunggah Gunungkidul

Lokasi Pantai Ngunggah berada di wilayah kabupaten Gunungkidul bagian barat. Rute terdekat menuju ke pantai ini dari pusat kota Yogyakarta melewati Jalan Imogiri Timur hingga simpang jalan Siluk. Pilihlah jalan menuju ke Panggang Gunungkidul. Sesampai tiba di pertigaan jalan di pusat ibukota Panggang, ambil jalan ke arah kiri hingga tiba di perempatan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pulau Jawa. Untuk menuju ke Pantai Ngunggah pilihlah Jalur Lintas Selatan  ke arah barat hingga menemukan SD Pejaten di kiri jalan.

Hamparan Pantai Ngunggah Gunungkidul

Perjalanan menuju Pantai Ngunggah Gunungkidul dilanjutkan dengan menyusuri jalan cor semen yang berada samping SD Pejaten. Kondisi jalan cor semen cukup baik dan utuh hingga ujung dusun Pejaten. Dari ujung dusun Pejaten, jalan cor semen yang dilalui berubah menjadi jalan tanah berbatu yang sudah dipadatkan. Tantangan melewati jalan tanah dimulai karena kondisinya cukup licin dan terdapat beberapa turunan jalan. Namun beberapa menit berselang akhirnya pengunjung tiba di area parkir Pantai Ngunggah yang ditandai sebuah gubug kecil.

Dasar Karang Yang Terlihat Saat Surut Di Pantai Ngunggah Gunungkidul

Letak gubug parkir Pantai Ngunggah Gunungkidul berada di atas tebing perbukitan pinggir laut. Dari tempat ini pengunjung langsung disambut pemandangan laut lepas atau samudera luas yang tidak terhalang oleh apapun dari ketinggian. Pengunjung bebas menikmati pemandangan ini di gubug parkir sambil beristirahat sejenak dan melepas lelah. Pemandangan ke arah dasar Pantai Ngunggah dari gubug parkir tidak terlihat karena terhalang rerimbunan pohon di tebing perbukitan.

Sisi Barat Pantai Ngunggah Gunungkidul

Jelajah kawasan Pantai Ngunggah Gunungkidul seakan kurang lengkap apabila hanya menikmati keindahan pemandangan dari atas tebing atau dari area gubug parkir saja. Pengunjung dapat menuju ke area dasar Pantai Ngunggah yang landai dengan cara menyusuri jalan setapak yang ada disebelah area parkir. Menyusuri jalan setapak ini diperlukan keberanian karena kondisi jalan setapak yang sedikit curam dan berhimpit dengan jurang. Diperlukan kehati-hatian dalam melangkah karena beberapa tanah sedikit labil dan licin. Akhirnya setelah berjuang melewati jalan setapak mulai terlihat celah tebing yang sebelumnya terhalang oleh rerimbunan pohon. Memasuki celah diantara dua tebing yang cukup tinggi, pengunjung tiba di bagian dasar Pantai Ngunggah.

Pencari Rumput Laut Di Pantai Ngunggah Gunungkidul

Celah tebing Pantai Ngunggah Gunungkidul membentuk kawasan pantai landai yang kecil dan berpasir putih. Kondisi pasir pantai benar-benar bersih dan nyaris tidak ditemukan sampah berserakan diatas pasir. Beberapa bongkahan batuan karang tampak berserakan dibawah tebing pantai. Saat ombak pasang, gelombang air laut dapat membasahi ujung tepi pantai berpasir putih. Namun ketika ombak surut terhampar dasar karang yang memanjang ke tengah laut sejauh 100 meter. Kondisi dasar karang yang luas ini mengingatkan kami akan kawasan Pantai Nguyahan saat surut dan Pantai Sepanjang.

Aktivitas yang tampak di sekitar Pantai Ngunggah adalah penduduk sekitar yang sedang memancing di laut, memasang perangkap jaring untuk ikan, hingga mencari rumput laut untuk dijual dan dikonsumsi pribadi. Mereka datang secara bergerombol saat kondisi ombak laut sedang surut dan tidak berbahaya. Ketika ombak mulai pasang, mereka mengakhiri kegiatan dan meninggalkan area pantai. Saat ini jumlah pengunjung Pantai Ngunggah masih sedikit karena belum dibuka sebagai obyek wisata seperti Pantai Bekah yang saat ini sudah mulai ramai pengunjung. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Ngunggah
Dusun Pejaten, Desa Giriwungu, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 7 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Bagus Gowes:

    1 minggu kemarin saya ber-5 sama temen2 sepeda juga kesini mas.. tempate dibelakang tebing gitu. :D

  2. nbsusanto:

    udah lama nyimpen koordinat pantai ini tapi belum kesampaian kesana sampe sekarang.. masih sepi ya mas..

  3. Wyudarta:

    saran dan masukan, kalo kesana sebaiknya rame2,bawa bekal yg cukup,siapkan fisik yg fitt soalnya jl menuju dasar pantai sangat curam dan licin,msh semak belukar,kepleset dikit bisa glundung :) dan yg pasti tdk ada sinyal HP …. aku wis kapok … ra bakal tak baleni meneh dolan mrono :)

    • admin:

      Hi Wyudarta,
      Terima kasih atas saran dan masukkannya ya :-)

  4. Faisal Putra M:

    Lebih disarankan menggunakan kendaraan roda dua, karena akan kesulitan jika menggunakan kendaraan roda 4, kondisi jalan yg agak sempit menyulitkan kendaraan roda 4 untuk lewat dan berpapasan.

  5. Wulan:

    Sekitar 30menit menempuh perjalanan berbatu. Sampai sana masih jalan kaki yg medannya sangat curam. Tapi semua terobati setelah sampai dibawah pantai. Serasa privat beach.

  6. rofie':

    Penasaran pingin ke sana, tapi belum ada kesempatan. Fisik juga kurang mendukung

Kirim pendapat