Pantai Ngondo Gunungkidul, Antara Lokasi Memancing Dan Mengabadikan Keindahan Alam

Pantai Ngondo merupakan daya tarik wisata pantai yang baru dibuka setelah pengembangkan wisata pantai Jogan. Pantai ini memiliki karakeristik pantai tebing seperti pantai-pantai yang ada di sekitarnya. Daya tarik utama pantai ini adalah keberadaan Pulau Ngondo yang terpisah dari tepi pantai seperti Pantai Jungwok dan Pantai Timang.

Pantai Ngondo (Ngondo beach) terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Lokasi Pantai Ngondo berada di wilayah kecamatan Tepus Gunungkidul tepatnya di sebelah barat Pantai Jogan. Rute menuju pantai ini sama seperti rute menuju ke Pantai Jogan. Ketika tiba di parkiran Pantai Jogan, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah barat atau sisi kanan dari area Pantai Jogan. Perjalanan menuju Pantai Ngondo melewati jalan setapak yang menyusuri perbukitan khas tepi pantai. Setelah melewati 2 (dua) perbukitan kecil terlihat dari kejauhan Pulau Ngondo sebagai daya tarik utama pantai Ngondo. Setelah melewati tepian tebing yang dipenuhi tanaman liar akhirnya tiba di ujung tebing yang dapat melihat secara dekat Pulau Ngondo.

Pantai Ngondo memiliki karakteristik pantai tebing dengan sebuah pulau batu karang kecil yang terpisah sejauh 50 meter dari tepi tebing atau laut. Ombaknya terlihat ganas khas pantai selatan. Deburan ombak yang ganas kadang membawa uap air hingga percikan air yang kadang mengenai tepian tebing. Kawasan pantai ini cukup sempit dengan bibir tebing perbukitan yang masih dipenuhi tanaman liar dan pohon pandan laut. Dahulu sebelum pantai ini dibuka menjadi tempat wisata, pantai dikenal oleh para pemancing karang sebagai spot Menyer Siung.

Baca Juga  6 Rekomendasi Kuliner Di Jalan Wonosari Yogyakarta

Pemandangan ke arah timur dari Pantai Ngondo, kita melihat beberapa bagian Semenanjung Pantai Jogan dan sebagian pulau karang di Pantai Nglambor. Kemudian bila memandang ke sisi barat kita bisa melihat pemandangan tebing karang yang memanjang dan diujungnya dari kejauhan terlihat Pulau Timang dengan jembatan gantungnya. Aktivitas burung-burung liar masih terlihat di sekitar Pulau Ngondo dan dapat diamati pada pagi dan sore hari.

Bila kondisi air laut Pantai Ngondo sedang surut, pengunjung dapat turun dengan melewati dinding karang dengan medan turun yang masih extreme. Jalur ini biasa dilalui oleh para pencari lobster, rumput laut, atau orang yang menjaring di tepian laut. Perlu kehati-hatian dalam memanjang dinding karang yang terjal yang tajam. Namun hal tersebut terbayar dengan pemandangan Pulau Ngondo dari dasar tebing dan dapat berjalan menyebrang ke pulau tersebut.

Saat ini pengunjung Pantai Ngondo lebih didominasi oleh fotografer foto alam atau disebut dengan landscape photography. Mereka biasanya datang mengabadikan keindahan pantai ini saat matahari terbit atau sunrise dan beberapa mengabadikannya saat matahari terbenam atau sunset. Secara keseluruhan Pantai Ngondo cukup menarik sebagai alternatif wisata pantai yang masih sepi dan jarang dikunjungi setelah ramainya Pantai Jogan yang ada disebelah timurnya dengan keindahan pantai yang tidak kalah bagusnya. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Ngondo
Desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat