Pantai Nglimun Gunungkidul, Sisi Lain Kawasan Pantai Ngeden

Pantai Nglimun Gunungkidul, Sisi Lain Kawasan Pantai Ngeden
3.3 (65%) 4 votes

Pantai Nglimun merupakan bagian pantai yang cukup favorit ketika berwisata di kawasan Pantai Ngeden. Pemandangan lautan yang luas dan tidak terhalang oleh apapun menjadi daya tarik pantai ini. Kondisi pantai ini masih cukup alami meskipun telah mengalami pembangunan jalan setakap dan sebuah gasebo pada bagian ujung semenanjungnya.

Pantai Nglimun (Ngelimun) berada satu kawasan dengan Pantai Ngeden, dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Semenanjung Pantai Nglimun Gunungkidul

Lokasi Pantai Nglimun berada satu area atau wilayah dengan pantai Ngeden (Ngedan). Posisinya berada di sebelah barat Pantai Ngeden dan Pantai Jugala atau tepatnya pada semenanjung yang tampak dari tepi Pantai Ngeden. Sebagian besar pengunjung menganggap pantai ini masih satu nama atau satu bagian dari kawasan Pantai Ngeden. Akses jalan hanya dapat dilakukan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak berpaving pada tebing sisi barat pantai Ngeden. Ujung jalan berpaving merupakan semenanjung kawasan Pantai Nglimun sebelah timur. Pada bagian barat semenanjung Pantai Nglimun terdapat area pantai yang datar atau rendah. Waktu tempuh menuju ke pantai ini dari area parkir Pantai Ngeden kurang lebih 5-10 menit.

Pemandangan Dari Gasebo Pantai Nglimun Gunungkidul

Pantai Nglimun tampil dominan dengan semenanjung pantai yang terbentuk dari batuan karang yang menjorok ke laut. Jalan setapak berpaving yang mengarah ke ujung semenanjung Pantai Nglimun tidak terasa menanjak dan pengunjung langsung tiba di bagian atas tebing semenanjung. Ujung semenanjung Pantai Nglimun ditandai dengan bangunan gasebo beratap warna biru yang sama dengan gasebo Pantai Ngeden.

Pemandangan yang terlihat dari ujung semenanjung Pantai Nglimun sangat indah. Hamparan laut lepas samudera terlihat jelas tanpa terhalang oleh tebing ataupun rerimbunan pohon. Disebelah kiri kanan tampak beberapa semenanjung kecil pada garis pantai Gunungkidul. Diantaranya beberapa semenanjung kecil yang terlihat terdapat sebuah semenanjung pantai yang diperkirakan itu Semenanjung Biting Pantai Ngrenehan. Semenanjung Biting ditandai dengan lampu suar kecil untuk sinyal nelayan. Lokasi Semenanjung Biting hanya berjarak beberapa pantai dari Pantai Nglimun atau Pantai Ngeden.

Batu Karang Berbentuk Hati Di Pantai Nglimun

Pemandangan ke arah barat terdapat beberapa batu karang di dasar tebing yang terhempas oleh ombak air laut. Diantara batu karang tersebut terdapat sebuah batu karang unik berbentuk hati (love). Posisi batu karang unik tersebut berada di sebelah bawah tebing tempat gasebo semenanjung Pantai Nglimun berada. Tidak ada jalan atau cara menuju batu karang tersebut karena berada di tengah lautan yang dalam dengan arus ombak yang cukup besar.

Informasi mengenai batu berbentuk hati berasal dari warga sekitar mengelola kawasan Pantai Ngeden. batu karang berbentuk hati (love) tersebut dinamakan sebagai Batu Cinta Pantai Ngeden karena berada dalam kawasan Pantai Ngeden. Pemberian nama tersebut dirasa cukup tepat karena wisatawan lebih mengenalnya sebagai kawasan Pantai Ngeden dibandingkan area Pantai Nglimun.

Kawasan Pantai Nglimun Gunungkidul

Sisi barat semenanjung Pantai Nglimun terdapat kawasan pantai yang landai seperti Pantai Jugala atau Pantai Ngeden. Area pantai ini cukup sempit dan diapit dua buah tebing karang yang cukup tinggi. Tebing karang yang mengeliling pantai tersebut banyak ditumbuhi tumbuhan semak dan pohon pandan laut. Beberapa bongkahan batu karang yang cukup besar tampak terlihat di sisi barat pantai. Pantai ini berciri pantai yang landai didominasi oleh batuan karang dan sedikit sekali ditemukan pasir pantai. Dasar laut yang terlihat saat ombak sedang surut berupa batu karang yang banyak ditumbuhi ganggang laut. Diantara celah batu karang dasar laut pantai banyak terjebak ikan-ikan kecil yang terbawa saat ombak sedang pasang.

Annosmile Di Pantai Nglimun Gunungkidul

Pengunjung Pantai Nglimun lebih tertarik berada di area gasebo atas semenanjung pantai daripada ke dasar pantai atau area pantai yang landai. Suasana gasebo yang teduh dengan pemandangan yang indah membuat banyak orang berlama-lama berada di tempat ini. Diharapkan pengunjung yang datang ke gasebo ini tetap menjaga kebersihkan dan membawa sampah makanan kembali ke area parkir Pantai Ngeden yang terdapat tempat pembuangan sampah. Sebenarnya kawasan Pantai Nglimun ini lebih cocok sebagai lokasi memancing dibandingkan sebagai tempat bermain dan berwisata di pantai. Bentuk kawasan pantai yang didominasi tebing karang yang tinggi dan langsung berhadapan dengan laut samudera yang dalam ini banyak ditemui berbagai jenis ikan laut berukuran besar. Menjelang sore hari banyak para pemancing yang berdatangan menuju ke arah Pantai Nglimun atau ke pantai sebelah baratnya seperti Pantai Njanganan dan Pantai Butuh. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Nglimun (Ngelimun)
Dusun Bedalo, desa Krambilsawit, kecamatan Saptosari, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Kirim pendapat