Pantai Nglegundi Wediombo, Pantai Berbatu Yang Terlihat Saat Ombak Surut

Pantai Nglegundi Wediombo, Pantai Berbatu Yang Terlihat Saat Ombak Surut
3 (60%) 1 vote

Pantai Nglegundi merupakan bagian dari kawasan wisata Pantai Wediombo yang tidak dikenal seperti Pantai Pesewan. Pantai ini cukup sempit dengan ciri khas tebing bukit berbentuk vertikal yang dikelilingi batuan. Selain itu kawasan pantai ini hanya dapat terlihat atau dapat dinimati saat air laut sedang surut. Pengunjung pantai ini rata-rata orang yang memancing atau mencari lobster di bebatuan pantai.

Pantai Nglegundi berada di dalam kawasan Pantai Wediombo Gunungkidul. Pantai ini secara administratif berada di desa Balong, kecamatan Girisubo, kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Bebatuan Di Tepi Pantai Nglegundi Wediombo

Lokasi Pantai Nglegundi berada di sebelah barat kawasan Pantai Wediombo dan di sebelah timur dari Pantai Pesewan. Untuk menuju kawasan pantai ini hanya dapat ditempuh melalui kawasan Pantai Pesewan. Akses jalan setapak menuju pantai ini dengan menaiki tebing karang yang rendah di tepi Pantai Pesewan sebelah timur. Perjalanan dilanjutkan dengan mengusuri kawasan tepi pantai yang berhimpit dengan tebing dan tidak lama kemudian pengunjung tiba di kawasan Pantai Nglegundi Wediombo.

Pantai Nglegundi Wediombo merupakan pantai yang sempit yang berhimpit dengan tebing vertikal di tepi laut. Hampir seluruh kawasan Pantai Nglegundi tenggelam ketika air laut sedang pasang. Namun ketika air laut sedang surut terhampar area pantai seluas satu lapangan sepakbola. Pantai Nglegundi merupakan pantai berbatu dan berkarang dengan sedikit pasir putih pantai. Bentuk tebing karang yang ada di sekitar Pantai Nglegundi hampir sama dengan pantai-pantai yang berada di sekitar Pantai Wediombo yang terbentuk dari letusan gunung berapi purba. Beberapa patahan lapisan batu tampak di tepi tebing pantai.

Tebing Sisi Timur Pantai Nglegundi Wediombo

Tebing vertikal yang berada di sepanjang Pantai Nglegundi terlihat jelas dari kawasan Pantai Wediombo. Namun banyak orang tidak mengenal kawasan pantai ini seperti halnya Pantai Pesewan. Aktivitas yang tampak di sekitar kawasan pantai ini adalah warga sekitar yang sedang memasang jaring di pinggir batu karang untuk menangkap lobster. Pantai ini cocok dijadikan wisata jelajah atau sisir pantai namun tidak cocok digunakan untuk wisata umum seperti wisata keluarga. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Nglegundi
Desa Balong, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Ada 1 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. kurangcermat:

    waktu ke Pacitan saya pernah kesini nih di Wediombo, kalau di gunungkidul kebanyakan pantainya langsung berbatasan dengan tebing, lagian juga banyak karangnya, kadang pingin berendam tapi dasarnya udah karang seperti di pantai Krakal,

Kirim pendapat