Mengintip Pantai Nglambor

Mengintip Pantai Nglambor
1 (20%) 1 vote

Berawal dari perkiraan jarak antara Pantai Jogan dengan Pantai Siung yang dibatasi oleh bukit kapur, akhirnya kami mencoba menaiki bukit yang berada di sebelah timur pantai jogan untuk mengintip pemandangan pantai Siung dari atas bukit bagian barat. Ternyata perkiraan itu salah, disebelah timur pantai Jogan terdapat pantai lain sebelum Pantai Siung yang dinamakan pantai Nglambor.

Pantai Nglambor terletak di desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul. Posisi pantai Nglambor terletak diantara pantai Siung dan pantai Jogan.

Perjalanan menuju ke Pantai Nglambor kami tempuh dengan melewati tebing atau bukit yang terletak di sebelah timur Pantai Jogan. Kami menyusuri jalan setapak yang dilalui petani yang mengarah ke atas bukit. Sempat kami kehilangan jejak jalan setapak karena lebatnya tanaman ilalang pada tebing karang. Tiba di salah satu atas tebing atau bukit, kami menemui ladang penduduk yang ditanami oleh tanaman ketela.

Dari atas bukit pemandangan Pantai Nglambor cukup indah, di bagian ujung sebelah timur  berupa bukit karang terdapat dua pulau karang yang berfungsi sebagai pemecah ombak. Bentuk pantai Nglambor ini hampir sama dengan Pantai Jogan dengan bentuk cekungan namun lebih landai dan luas sehingga kita bisa turun kebawah yang terdapat sedikit pasir pantai yang berwarna putih. Dibagian ujung yang dekat dengan pulau karang, pasir pantai bercampur dengan batuan karang yang berukuran kecil yang berjajar.

Pantai Nglambor direncanakan sebagai wisata pantai pelengkap pantai Siung dan pantai Jogan. Karena walaupun lokasi pantai Siung, Nglambor, dan Jogan berdekatan, masing-masing pantai memiliki keunikan tersendiri.

Jalan untuk menuju kawasan pantai Nglambor sedang dilakukan pembangunan, terlihat jelas jalan batu yang sedang dipadatkan dari atas bukit. Dibeberapa bagian jalan masih terdapat gundukan tanah yang digunakan untuk melapisi dan membentuk jalan. Sepertinya kawasan  Pantai Nglambor baru akan dikembangkan menjadi kawasan wisata pantai baru. Dari kejauhan tidak terlihat wisatawan yang berkunjung ke Pantai Nglambor.

Kami di Pantai Nglambor

Sebetulnya kami pengen mencoba menuruni bukit dan menjelajah kawasan pantai Nglambor lebih detail. Namun karena susahnya jalan untuk menuruni tebing karang dan tidak membawa peralatan keamanan akhirnya kami mengurungkan niat menuruni tebing karang yang cukup curam ini. Dokumentasi pantai Nglambor kami lakukan dari bukit yang terletak di sebelah barat kawasan pantai dan kami kembali menuju ke Pantai Jogan.

Rute Pantai Nglambor

Dari Yogyakarta – Jalan Wonosari – Bukit Patuk – Rest Area Bunder – Bundaran Siyono – Kota Wonosari – Arah Pantai Siung – Setelah Gapura Masuk Pantai Siung – Sebelum Masuk Kawasan Pantai Siung ada jalan kecil semen ke kanan setelah pantai Jogan (Plang Pantai Nglambor) – Lurus Sampai Ujung – Tiba di Pantai Nglambor

Ada 3 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Tri Setyo Wijanarko:

    edaaaan.. blusukan di DIY dan sekitarnya nggak abis-abis :|

  2. Fajar:

    weh.. ini lagi jadi anak pantai..tenan.. jok lali golek walang sisan om..

  3. airyz:

    ini berarti gak bisa renang ya ? karangnya terjal.

Kirim pendapat