Pantai Ngiroboyo Pacitan

Pantai Ngiroboyo merupakan daya tarik wisata pantai yang belum lama dibuka menjadi obyek wisata di daerah Donorojo atau masih satu kecamatan dengan Pantai Klayar Pacitan. Pantai ini memiliki karakteristik sebagai pantai landai berpasir abu tua kehitaman. Keberadaannya belum dikenal oleh wisatawan dan mayoritas pengunjung berasal dari wisata jelajah Sungai Maron yang berujung di sisi timur pantai ini.

Pantai Ngiroboyo terletak di dusun Sambi, desa Sendang, kecamatan Donorojo, kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Kawasan Pasir Pantai Ngiroboyo Pacitan

Lokasi Pantai Ngiroboyo berada di sebelah timur Pantai Klayar Pacitan atau tepatnya bersebelahan dengan aliran Sungai Maron yang dikembangkan menjadi wisata jelajah sungai. Ada dua rute atau akses jalan menuju kawasan pantai ini, pertama melalui jalur Pantai Klayar ke arah timurdan kedua melalui jalur Pantai Watu Karung ke arah barat. Kedua akses jalan tersebut kondisinya masih rusak dan belum diperbaiki karena bukan termasuk potensi wisata andalan kabupaten Pacitan. Kendaraan beroda empat bisa sampai ke lokasi pantai namun disarankan menggunakan kendaraan beroda dua karena kondisi jalan cukup sempit.

Gasebo Pantai Ngiroboyo Pacitan

Pantai Ngiroboyo Pacitan memiliki karakteristik pantai landai dimana di sisi barat dibatasi oleh tebing atau bukit karang sedangkan di sisi timur dibatasi muara Sungai Maron dan sebuah semenanjung. Pantai ini memiliki garis pantai yang tidak luas yaitu hanya 300 meter. Pasir pantai di tempat ini berbeda dengan pasir pantai di Pantai Klayar yang ada di sebelah baratnya dimana pasirnya berwarna abu tua kehitaman. Pasir pantai yang berwarna abu tua kehitaman ini terlihat kurang menarik walaupun teksturnya tidak jauh berbeda.

Baca Juga  Pantai Pok Tunggal Gunungkidul, Ikon Pohon Langka Yang Bikin Penasaran

Ombak Pantai Ngiroboyo Pacitan lebih besar dan lebih ganas dibandingkan ombak pantai lain di Pacitan. Hal ini dikarenakan kawasan pantai yang berdampingan dengan muara sungai sehingga menjadi lokasi pertemuan arus dari sungai (darat) dan dari lautan. Pertemuan arus ini sangat berbahaya karena membentuk arus atau putaran bawah laut. Tidak heran bila warna air laut dari kejauhan tampak sedikit keruh dan tidak menampakkan warna biru lautan yang menarik dilihat. Pengunjung dilarang berenang atau bermain air di laut karena dikhawatirnya dapat hanyut kedalam arus berbahaya tersebut.

Ombak Di Pantai Ngiroboyo Pacitan

Fasilitas pendukung wisata di Pantai Ngiroboyo Pacitan tergolong cukup minim dibandingkan wisata pantai yang lain. Selain area parkir yang terkesan asal-asalan karena belum dibangun area parkir permanen, fasilitas yang tersedia baru kamar mandi, gubug penjual makanan, dan gasebo untuk bersantai serta berteduh. Sebagian besar warung-warung penjual makanan dan minuman yang ada hanya buka pada hari minggu atau hari libur saja. Hal ini dikarenakan jumlah pengunjung masih sedikit saat hari-hari biasa. Secara keseluruhan Pantai Ngiroboyo lebih menarik digunakan sebagai wisata pelengkap jelajah Sungai Maron dibandingkan menjadi obyek wisata pantai yang berdiri sendiri. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Ngiroboyo
Dusun Sambi, Desa Sendang, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Retribusi
Tiket Masuk : -
Parkir Motor : -
Parkir Mobil : -

Kirim pendapat