Pantai Ngetun Gunungkidul, Lokasinya Tidak Bikin Getun (Kecewa)

Pantai Ngetun Gunungkidul, Lokasinya Tidak Bikin Getun (Kecewa)
4.3 (86.67%) 3 vote[s]

Pantai Ngetun merupakan salah satu daya tarik wisata pantai yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Keberadaan pantai ini memang jauh dari hingar bingar keramaian pantai-pantai wisata di Gunungkidul. Untuk menuju ke Pantai Ngetun ini diperlukan perjuangan karena informasinya masih cukup minim dan akses jalannya belum begitu baik. Daya tarik yang ditawarkan oleh Pantai Ngetun adalah pantai alami berpasir putih yang diapit oleh dua buah semenanjung yang menjorok ke tengah laut.

Pantai Ngetun secara administratif berada di Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Merupakan salah satu pantai yang tersembunyi dan jarang terekspose di wilayah kabupaten Gunungkidul.

Perjalanan Menuju Pantai Ngetun Gunungkidul

Lokasi Pantai Ngetun Gunungkidul berada disebelah timur Pantai Pok Tunggal dan disebelah barat Pantai Siung atau lebih tepatnya beberapa ratus meter ke arah barat dari Pantai Timang. Satu-satunya jalan menuju ke pantai ini dari jalur penghubung Tepus dengan Pantai Siung. Ikuti jalan penghubung tersebut hingga menemukan keberadaan SD Tepus 4 Gunungkidul yang berada di tepi jalan. Ambil jalan cor semen yang saat ini telah diaspal yang letaknya berada di samping sekolah dasar tersebut. Saat ini telah dilengkapi papan petunjuk arah sehingga wisatawan tidak perlu ragu dan bertanya lagi kepada penduduk sekitar.

Pemandangan Pantai Ngetun Gunungkidul

Perjalanan menuju ke Pantai Ngetun Gunungkidul belum selesai, ikuti jalan beraspal kecil tersebut hingga kondisi jalan berubah menjadi jalan cor semen. Beberapa persimpangan yang ada nampaknya sudah tidak membingungkan karena telah terpasang jelas rambu-rambu petunjuk arah. Pemukiman penduduk terakhir yang dilewati jalan cor semen adalah dusun Sureng. Pada ujung pemukiman, jalan cor semen menghilang diganti dengan jalan berbatu. Sensasi melewati jalan berbatu ini mirip seperti perjalanan menuju ke Pantai Timang. Perjalanan melewati jalan berbatu ini sedikit tersiksa karena buruknya kondisi jalan dan perjalanan rasanya melambat atau tidak sampai-sampai. Untungnya beberapa turunan jalan sudah diganti dengan jalan cor semen dan hal ini sedikit membantu dalam perjalanan melewati jalan berbatu.

Baca Juga  Asal Usul Seturan Sleman

Hamparan Pasir Putih Pantai Ngetun Gunungkidul

Saat tiba dalam suatu titik mendekati area Pantai Ngetun Gunungkidul, terdapat pemandangan lautan dari kejauhan. Hal ini membangkitkan semangat untuk berjuang menuju ke Pantai Ngetun. Akhirnya setelah beberapa menit berselang, pengunjung tiba di kawasan Pantai Ngetun. Kendaraan roda dua pengunjung dapat diparkir di area lahan yang disediakan untuk parkir. Kondisi area parkir masih seadanya dan diharapkan pengunjung mengamankan barang bawaan yang ada di kendaraan.

Terlihat pemandangan yang indah dari balik rindangnya pohon dan saya segere berjalan menuju ke tepi Pantai Ngetun. Pasir pantainya berwarna putih dan bersih tanpa terlihat adanya jejak-jejak langkah kaki disepanjang pasir pantai. Selain itu pasir pantainya cukup lembut untuk dipijak dan tidak padat seperti pasir pantai di kawasan pantai-pantai yang telah dibuka menjadi obyek wisata.

Ombak di Pantai Ngetun Gunungkidul

Pemandangan Pantai Ngetun cukup indah dengan dikurung oleh dua bukit atau tebing karang pada kedua sisi. Meskipun tidak ada keistimewaan dari Pantai Ngetun dibandingakn pantai lain yang sama-sama diapit oleh dua bukit, Pantai Ngetun terlihat lebih alami dan terlihat cukup lebat tanaman yang tumbuh di pesisir pantai. Perlahan-lahan ombak mulai surut dan terlihat batu karang bercampur pasir yang sebelumnya tertutup deburan ombak yang keras. Warna hijau ganggang laut menyala ketika diterpa pancaran sinar matahari dan memberikan keindahan yang membuat orang yang melihatnya akan berdecak kagum.

Baca Juga  Soto Pak Ismo, Sajian Soto Khas Wates Kulon Progo

Tebing Sisi Timur Pantai Ngetun Gunungkidul

Suasana Pantai Ngetun yang alami dan jarang terjamah ini membuat saya betah berlama-lama bersantai di pantai ini. Kicauan burung yang sering terdengar di rerimbunan pohon Pantai Ngetun membuat suasana terasa damai dan nyaman. Burung-burung tersebut asyik bertengger di pohon yang rimbun untuk berlindung dari panasnya sinar matahari. Saya berteduh di rerimbunan pohon untuk menunggu air laut surut dan sinar matahari tidak terlalu menyengat.

Ketika ombak surut, terpancar keindahan Pantai Ngetun yang tersembunyi. Karang-karang kecil yang sebelumnya terendam air laut terlihat muncul ke permukaan dan memberikan kesan yang indah. Beberap ikan kecil terperangkap diantara karang yang dipenuhi rumput laut dan ganggang laut. Saya sempat beberapa kali mengambil foto di karang-karang dan menemukan keindahan tersembunyi yang jarang ditemui ketika berkunjung ke pantai yang sudah dikembangkan menjadi obyek wisata.

Secara keseluruhan Pantai Ngetun merupakan pantai alami, indah, dan cocok dikunjungi oleh orang-orang yang menyukai tantangan. Medan jalan yang sulit ini menjadikan banyak orang mengurungkan niat mengunjungi Pantai Ngetun ini. Persiapan untuk menuju ke pantai ini harus matang agar tidak ada kendala dalam perjalanan menuju ke pantai. Kondisi motor harus benar-benar fit dan membawa bekal secukupnya karena tidak ada satupun penjual yang membuka dagangannya di pantai ini. (text/foto: annosmile).

INFORMASI
Pantai Ngetun (Ngitun)
Dusun Sureng, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
belum tersedia

Ada 5 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. Fajar:

    joss. ik.. pantene..

  2. giewahyudi:

    Wah Pantai Ngetun ini lebih perawan lagi, Poktunggal kayaknya udah ga perawan lagi. :)

  3. forgraph:

    ^ kalo udah masuk “internet”, mau gmn lagi bro :)

  4. Miftah Farid:

    Masih sepi yaa, harus mampir nah :D
    *sebagian dihapus admin*

  5. Yeyet:

    View nya bagus bgd…. Ssuai dg pjuangan u. sampai ke lokasi… Walo akses jalannya lom bgitu ok…. Bagusnya lagi… Tetep kyk gini aja… Srasa di private beach…. ?. Alhamdulillah u. Mandi & sarapan… Skrg sudah tsedia warung2 dg hrga yg relatif murah u. Kawasan wisata.

Kirim pendapat