Pantai Ngandong Gunungkidul, Birunya Langit Dan Putihnya Pasir Pantai

Pantai Ngandong Gunungkidul, Birunya Langit Dan Putihnya Pasir Pantai
3.8 (75.56%) 9 votes

Pantai Ngandong merupakan kawasan pantai yang letaknya sedikit tersembunyi diantara kawasan wisata pantai yang cukup terkenal di Gunungkidul seperti Pantai Indrayanti dan Pantai Sundak. Pantai ini bisa disebut sebagai surga kecil yang tersembunyi karena keindahan pantainya yang masih alami dan pemadangan batu karang dan sebuah pulau kecil yang berada di tengah laut.

Pantai Ngandong terletak di desa Sidoharjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunugkidul, DI Yogyakarta.

Pemandangan Ke Arah Timur Pantai Ngandong Gunungkidul

Lokasi Pantai Ngandong Gunungkidul berada disebelah barat kawasan Pantai Sundak dan disebelah timur kawasan Pantai Sadranan. Cukup mudah menemukan kawasan pantai ini meskipun letaknya sedikit tersembunyi diantara pantai-pantai yang ada disekitarnya. Wisatawan yang ingin ke pantai ini tinggal berpatok pada papan petunjuk ke arah Pantai Sundak kemudian ambil jalan kecil ke arah barat atau kanan sejauh 50 meter. Area parkir kecil yang berada disebelah barat area parkir Pantai Sundak merupakan area parkir kawasan Pantai Ngandong.

Batuan Karang Pantai Ngandong Gunungkidul

Kawasan Pantai Ngandong Gunungkidul cukup teduh karena pohon cemara udang yang banyak ditanam disekitar area pantai. Sebelum dikembangkan sebagai kawasan wisata, pantai ini merupakan bagian dari kawasan Pantai Sundak yang pernah digunakan sebagai kawasan konservasi pesisir pantai. Menurut informasi yang ada, kawasan Pantai Ngandong memiliki beberapa flora langka seperti tanaman Ambal yang bercirikan daun menyerupai mangkuk, berbuah  transparan di sini hanya tinggal 4 batang, tanaman Wuto yang bercirikan daun oval berujung lancip, warna hijau tua, buahnya menyerupai telur ayam, saat muda berwarna hijau dan jika tua berwarna merah oranye, satu jenis tanaman lain yakni tanaman Duras yang mempunyai ciri bunga kecil-kecil, sayang masyarakat di pantai ini belum mengetahui cara reproduksinya. Populasi tanaman Duras  di pantai Ngandong tinggal 1 batang, namun menurut informasi di pantai Wediombo masih banyak terdapat jenis tanaman ini.

Karakteristik Pantai Ngandong adalah sebagai pantai landai yang berpasir putih sama seperti pantai-pantai lain yang ada disekitarnya. Kondisi pasir pantainya masih bersih dan belum ditemukan sampah terpendam di dalam pasir. Ombak pantai sedikit lebih tenang karena terhalang oleh pulau kecil yang ada di tengah laut. Beberapa wisatawan memanfaatkannya untuk berenang hingga snorkeling di laut. Namun wisatawan perlu waspada dan harus mematuhi aturan dan larangan yang berlaku.

Hamparan Pasir Putih Pantai Ngandong Gunungkidul

Pulau kecil yang berada di tengah laut Pantai Ngandong Gunungkidul merupakan batuan kars raksasa yang menghadap ke arah samudera. Batu tersebut oleh penduduk sekitar dinamakan Batu Lawang. Alasan penamaan Batu Lawang karena pada pulau kecil tersebut terdapat goa yang menghadap ke arah Samudera Hindia dengan jalur berbentuk L. Bisa dibilang lubang atau mulut goa yang menghadap ke arah samudera seperti Lawang atau dalam bahasa Jawa berarti pintu. Nama Batu Lawang ini hampir sama dengan penamaan pantai yang berada disebelah barat Pantai Pok Tunggal yaitu Pantai Goa Watulawang. Watulawang atau Batu Lawang sebenarnya memiliki makna yang sama atau tidak berbeda.

Perahu Yang Bersandar Di Pantai Ngandong Gunungkidul

Hal yang menarik dari kawasan Pantai Ngandong Gunungkidul adalah adanya persewaan perahu untuk berwisata keliling laut pantai selatan di sekitar kawasan pantai. Daya tarik wisata semacam ini jarang ditawarkan oleh pantai-pantai lain karena rata-rata perahu tersebut digunakan nelayan untuk melaut atau mencari ikan.

Secara keseluruhan daya tarik Pantai Ngandong Gunungkidul tidak kalah dibandingkan dengan kawasan wisata pantai yang paling terkenal seperti Pantai Indrayanti (Pulang Syawal) bahkan mungkin keindahannya melebihi pesona pantai tersebut. Fasilitas pendukung wisatanya pun cukup lengkap mulai dari warung makan hingga resort dan persewaan perahu. Namun dari segi promosi wisata harus mengaku bahwa promosi wisata kawasan Pantai Ngandong masih sangat kurang dan masih banyak orang yang tidak mengenal nama pantai ini. (text/foto: annosmile)

INFORMASI
Pantai Ngandong
Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunugkidul, DI Yogyakarta

Retribusi
Parkir Motor: Rp 3.000,-
Parkir Mobil: Rp 10.000,-

PETA

Ada 2 pendapat pembaca

Dibawah ini adalah pendapat yang dikirimkan pembaca atas artikel ini. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara bebas, anda boleh menulis apa saja asal mampu mempertanggungjawabkannya. Kami menerima kritik dan saran namun tidak menerima caci maki. Hidup cuma sekali, jangan sia-siakan hanya untuk menyakiti hati orang lain.

  1. komisi rollingan:

    wah indah sekali ya

    • admin:

      Iya mas, silakan dikunjungi ya :-)

Kirim pendapat